10 perubahan tercepat China setelah virus corona

10 perubahan tercepat China setelah virus corona akan membawa masa transisi lebih cepat dari yang direncanakan. Virus Corona telah menjadi angsa hitam yang muncul mendadak pada tahun 2020. Munculnya Angsa hitam ini membuat banyak perusahaan kelabakan?

10 perubahan tercepat China setelah virus corona

Pepatah mengatakan, semakin berbahaya atau berisiko, justru tersedia semakin banyak peluang. Sebagai contoh, SARS yang terjadi di Guangzhou di tahun 2003 atau H1N1 di Amerika Serikat. Akibatnya, semua orang takut keluar rumah. Boss JD.com, Liu Qiangdong memindahkan toko fisik offline ke online. Jack Ma melihat permintaan besar belanja dari pihak End-user, sehingga berdirilah Taobao. Taobao adalah situs belanja online terbesar dan paling sukses di Tiongkok.

Munculnya virus Corona menyebabkan banyak toko atau bisnis offline tutup dan bangkrut. Semua orang berdiam dan mengurung diri di rumah. Sebaliknya, banyak kurir yang mengantar online order seperti Fresh Hema, Ding Dong, dan platform yang menjual sayuran segar sehari-hari. Termasuk Ricky yang telah mengisolasi diri sendiri di rumah selama hampir 2 minggu harus mengandalkan Ding Dong untuk kehidupan sehari-hari.

Untunglah, sistem belanja online, infrastruktur dan logistik Tiongkok sangatlah maju dan modern. Sehingga, walau di serang wabah besar seperti virus Corona ini kehidupan masyarakat Tiongkok masih terjamin dan berjalan tertib.

Singkatnya, setiap kali ada pukulan besar seperti wabah atau peperangan, pasti akan berjatuhan sekelompok orang atau perusahaan. Sebaliknya, juga akan bermunculan sekelompok perusahaan baru dengan bisnis model yang lebih cocok. Ini adalah hukum  sejarah.

Pada masa SARS di tahun 2003, tingkat PDB Tiongkok hanya sekitar 12 triliun yuan. Tetapi hari ini, 17 tahun kemudian, tingkat PDB total Tiongkok telah mencapai 100 triliun yuan. Artinya, kemampuan melawan risiko keseluruhan Tiongkok kini Hampir 10 kali lipat dibanding tahun 2003.

Berdasarkan hal ini, seberapa parah virus Corona terhadap ekonomi China hanya akan membawa dampak parsial. Justru, sebaliknya akan membawa 10 perubahan tercepat China setelah virus corona.

Diantaranya:

  • “Belanja Online” adalah pengganti “Belanja Offline” yang dipercepat.

Meskipun orang Tiongkok telah lama membentuk kebiasaan belanja online, namun munculnya epidemi ini, berbelanja sayur-sayuran Online khususnya akan menjadi kebiasaan baru.

  • “Adegan Eksperimental” menggantikan “toko fisik tradisional”

Di masa depan, toko fisik tradisional tidak lagi berpusat pada “menjual produk”, melainkan “tempat untuk merasakan atau menikmati adegan eksperimental produk baru”.

Permintaan konsumen telah meningkat dari kepuasan produk menjadi kepuasan spiritual. Pebisnis perlu menciptakan skenario konsumsi yang nyaman. Pebisnis perlu mengarang cerita yang dapat membawa konsumen ke semacam skenario fantasi! Selama toko fisik dapat merealisasikan hal ini, pasti akan mendatangkan bisnis yang tiada hentinya.

  • Metode “akuisisi pelanggan lewat online” mempercepat penggantian terhadap metode “akuisisi pelanggan dengan cara tradisional”.

Setelah epidemi ini, banyak perusahaan semakin menyadari pentingnya kemampuan “memperoleh pelanggan online”.

Inti dari akuisisi pelanggan online adalah mengandalkan konten atau harga nilai tinggi. Sehingga, Di masa depan, berbagai platform online akan semakin terbuka. Sebagai pebisnis, Anda harus membuat konten yang bernilai tinggi untuk menarik pelanggan seperti grafik, video pendek, dan audio yang menarik.  

  • “Pendidikan online” mempercepat penggantian “pendidikan tradisional”. 

Akibat epidemi ini, banyak orang mulai terbiasa belajar di rumah. Lembaga pembelajaran / pelatihan tradisional harus mempercepat transformasi.

Di masa lalu, transmisi pengetahuan hanya terjadi di sekolah. Setiap guru hanya bisa memberikan pengajaran kepada puluhan atau paling banyak ratusan orang. Namun, sekarang seorang guru dapat mengajari puluhan ribu atau bahkan ratusan ribu orang online. Para siswa ini datang dari seluruh penjuru negeri. Termasuk daerah pegunungan yang terpencil asalkan memiliki jaringan internet.

  • “Kerja kantor online” mempercepat proses penggantian cara kerja “kantor konvensional”

Jika epidemi berlangsung 2 hingga 3 bulan kemudian, Banyak orang akan terbiasa bekerja dari rumah atau Work from home. Di masa depan, akan menjadi Era peningkatan individu atau the Rising of Individual business. Banyak individu akan berkembang mandiri seperti selebritas internet / freelance / self-media. Mereka Tidak lagi perlu kantor tradisional.

Dapat diprediksi bahwa pasar penyewaan kantor pada tahun 2020 di China akan semakin menderita. Pada saat yang sama, berbagai perangkat lunak perkantoran online akan meningkat permintaannya, terutama perangkat lunak perkantoran yang dapat mencapai kolaborasi individu. Selain itu, perkantoran untuk individu maupun  Furnitur juga akan populer. Kita tidak akan lagi dibatasi dengan kendala geospasial di masa depan.

Semakin berkembangnya suatu masyarakat, semakin kuat kemandirian seorang individu. Orang-orang yang berkemampuan akan menjadi ekonomi mandiri di masa depan. Kerja sama antara individu akan semakin kuat. Berkolaborasi online adalah Tren utama masa depan.

  • “Proses gratis” akan mempercepat penggantian terhadap “Bisnis berbayar”

Dalam situasi epidemi ini, “囧妈 atau Jiong Ma atau Lost In Russia” film baru yang awalnya diandalkan menjadi Box office Bioskop selama Liburan Imlek, akhirnya beralih ke tontonan online gratis. Menjadi contoh pertama bagi industri film Cina. Film ini benar-benar menjungkirbalikkan model laba industri film tradisional. Ini mungkin akan menjadi kebiasaan. Karena online gratis bakalan menjadi tren!

Dengan kemajuan masyarakat, semakin banyak hal akan mulai menjadi gratis dimasa depan. Keuntungan dari banyak produk mendekati nol. Mereka mengandalkan keuntungan “berbayar dibelakang”. Misalnya, Film Gratis Jiong Ma tadi. Semakin banyak orang yang menontonnya, sehingga iklan dapat dikenakan biaya lebih banyak. Ataupun, produk-produk deriatif dari Film bisa mendatangkan keuntungan yang lebih tinggi.

  • Mempercepat proses transisi cara “medis baru”

Wabah ini telah menunjukkan kepada kita pentingnya sistem medis ilmiah. Setidaknya pada hari-hari awal, berita terbanyak tentang Wuhan adalah kelangkaan sumber daya medis.

Inti dari masalah medis terletak pada alokasi sumber daya medis yang lebih masuk akal, kemampuan penjadwalan sumber daya medis pada saat-saat kritis, maupun koordinasi dan pembagian sumber daya medis. Setelah epidemi ini, reformasi sistem medis China akan dipercepat. Misalnya, Beijing akan mengumumkan pengobatan gratis bagi pasien yang terdiagnosis dengan virus.

  • Percepatan penggantian kota tradisional menjadi kota pintar atau smart city

Kota-kota adalah pembawa penting peradaban manusia. Wabah kali ini, menunjukkan Wuhan sebuah kota dengan populasi 11 juta, ditutup selama Imlek. Ini memang peristiwa sangat langka dalam sejarah manusia.

Jika pada awalnya, situasi setiap warga di Wuhan bisa diketahui, atau dilacak secara akurat, atau setiap populasi arus keluar masuk dapat ditracking, maka pemerintah akan bisa mengendalikannya jauh lebih tertib dibanding kali ini. Ini adalah nilai-nilai surplus dari Smart City.

Kota pintar meliputi manajemen lalu lintas, rantai pasokan logistik, pemulihan bencana darurat, keterlacakan informasi dll. Semuanya berbasis data yang komprehensif, dan bahkan dilengkapi dengan prediksi bencana lewat AI atau kecerdasan buatan dan sebagainya. Setelah epidemi ini, Cina akan melangkah lebih jauh dan mempercepat proses kota-kota pintar.

  • Mempercepat proses “Pemerintahan modern”

Kota adalah bagian dari masyarakat. Dengan kota pintar, akan ada metode tata kelola yang lebih ilmiah. Misalnya, setelah epidemi ini, metode tata kelola Cina akan direformasi secara terbalik.

Pengungkapan Wabah situasi epidemi kali ini memang ada sedikit lambat. Tentu saja, banyak faktor rumit dibelakangnya. Namun, dengan mempercepat cara Pemerintahan modern yang didasarkan pada fakta-fakta, segala berkaitan dengan Kehidupan dan properti milik rakyat adalah pertimbangan Utama. Setelah epidemi ini, Beijing akan belajar dari pengalaman, merangkum dan mengimplementasikannya secara nyata.

10 perubahan tercepat China setelah virus corona
10 perubahan tercepat China setelah virus corona (image:yahoo finance)
  • Mempercepat proses Gaya hidup baru

Dari dulu sampai sekarang, orang China hanya peduli bekerja dan mengejar kekayaan. Demi uang, mereka mengorbankan segalanya termasuk kesehatan. Bahkan, banyak perusahaan Cina yang mengadopsi cara kerja “996”. Artinya, bekerja 6 hari seminggu mulai dari jam 9am sampai jam 9pm. Total paling tidak 12 jam bagi semua orang. Namun, setelah virus ini, kognisi orang Cina akan mulai berubah.

Hanya dalam menghadapi dua masalah rumit, manusia baru tidak menganggap serius pentingnya uang atau kekayaan. Pertama, kehilangan kesehatan. Kedua, kehilangan kebebasan. Sekarang kedua tantangan ini datang pada saat yang bersamaan. Semua orang baru menyadari bahwa kekebalan adalah daya saing terbesar seseorang di saat menghadapi wabah penyakit.

Kesehatan fisik dan mental akan menjadi indikator kunci dari nilai seseorang di masa depan. Pengalaman yang dapat kita petik dari wabah ini adalah bagaimana seharusnya kita harus hidup mulai sekarang.

Sejak zaman kuno 5000 tahun yang lalu, bangsa Cina telah menghadapi banyak bencana dan kesulitan. Setiap kali mereka mengalami kesulitan, mereka selalu memetik dan mempelajari dari pengalaman. Sehingga, bangsa Cina bertumbuh menjadi bangsa yang pantang menyerah. Bahkan, justru semakin menjadi bangsa besar yang kuat dan gigih.

Dari perspektif perusahaan, semua perusahaan besar dan bersejarah lama di dunia adalah perusahaan yang telah mengalami dua kali perang dunia. Dan sekarang, perusahaan-perusahaan Cina telah mengalami dua kali perlawanan terhadap virus paling berbahaya. Saya yakin Cina akan melahirkan perusahaan-perusahaan besar yang bisa melangkah ke panggung dunia yang lebih tinggi. What does not kill you, will make you stronger!

Sebenarnya, Yang menentukan ketinggian dan kesuksesan seseorang seringkali bukanlah titik awal. Melainkan, titik belok! Dan peluang terbesar biasanya berada di titik belok!

Just like grandma, 10 perubahan tercepat China setelah virus corona diatas akan mempercepat modernisasi dan proses reformasinya. Tahun 2020 adalah tahun tikus. Shio Tikus menempati urutan pertama dalam 12 tanda zodiak Cina. Artinya, tahun 2020 adalah titik awal yang baru bagi bangsa Cina. Setelah epidemi ini, Cina pasti akan mampu berdiri di atas titik awal sejarah baru Dunia.

1 thought on “10 perubahan tercepat China setelah virus corona

  1. Tq dan amin🙏🏻🙏🏻 semoga tulisan Ricky bermanfaat utk memperluas wawasanmu dalam memahami apa yg terjadi didunia ini. Ricky mau minta umpan balik bagaimana tulisan Ricky bisa menjangkau lebih banyak anak-anak ditanah air (Mereka yg haus belajar)? Tq sekali lagi. Salam sehat selalu

Apa Pendapat Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: