Galaxy Marvelnya China


Oleh: Ricky Suwarno

7 February 2019

Ini adalah kisah saya. Sebuah cerita dari dunia nyata. Dengan startup yang layu sebelum berkembang. Yang saya tujukan untuk para pemula di bidang startup. Sebuah kisah yang gagal. Yang saya harapkan bisa dihindari. Tulisan ini saya buat sesederhana mungkin. Sefasih mungkin. Dengan bahasa saya yang agak kaku. Karena puluhan tahun tidak pernah menulis dalam bahasa.

Di banyak Negara, Marvel adalah pembuat film yang terkenal dengan pahlawan-pahlawannya. Yang sangat populer tiada tanding. Anak perusahaan Walt Disney. Dari Hollywood.

Namun di China, pada tahun 2013 muncullah perusahaan entertainment sejenis. Yang mempunyai misi menciptakan pahlawan dari alam semesta. Dari Asia. Tepatnya dari China. Dengan menciptakan 10 Original Intellectual Property (IP). Namanya, Shanghai Galaxy Digital Group. Perusahaan startup saya, sebagai co-founder dan VP.

Galaxy Digital memasuki bidang ini pada timing yang sangat tepat. Waktu yang sangat mendukung buat gaming dan entertainment startup. Saat Dimana business model yang bagus bisa mendapat suntikan dana investment. Tentu saja, dengan team yang hebat juga.

Galaxy digital berhasil memperoleh investment yang besar. RMB300juta. Atau sekitar USD45juta. Dari salah satu VC sangat terkenal di China. Green Pine Capital Partners. Yang telah berhasil menginvest banyak startup yang sukses.

Dana yang sangat besar untuk suatu startup seperti kita. Sehingga menjadikan Galaxy sebagai startup terbesar di China. Khusus Gaming developer. Dengan fondasi gaming. Yang nantinya akan dikembangkan untuk pembuatan film pahlawan seperti Marvel. Iron Man. Captain America. Avengers.

Dengan suntikan dana yang gede, membuat kita semakin percaya diri. Banyak talenta terhebat kalangan gaming, dan animasi yang berhasil kita rekrut dalam team kita. Diantaranya, pembuat animasi film terhebat top 3 di China. Maupun Art Director dari Final Fantasy. Dan game production dari Konami yang berpengalaman lebih dari 10 tahun.

Dengan talenta domestik (China) dan Jepang, saya merasa kurang cukup. Sehingga saya membujuk partner saya untuk terbang ke Silicon Valley dan Hollywood. Merekrut pembuat animasi terhebat kelas dunia. Dan akhirnya kita berhasil. Membawa pulang dua talenta dari Pixar dan Marvel ke China. Yang telah bekerja puluhan tahun di sana. Apa yang menarik buat mereka? China’s Opportunity. China Dream.

Namun, masa romantis tidak berlangsung lama. 3 tahun kemudian kita bangkrut. Karena perbedaan strategi saya dengan partner. Perbedaan pandangan Co-founder dengan Founder.

Dimana saya berharap, walaupun slogan kita untuk menciptakan 10 New Original IP. Atau 10 New Original pahlawan. Tapi harus diluncurkan satu persatu. Fokus dan Sukseskan satu pahlawan dulu. Baru di susul dengan pahlawan berikutnya. Seperti Marvel.

Dimana setiap pahlawan yang diluncurkan perlu 2 tahun. Paling tidak. Jangan lose focus. Tetapi, pandangan partner saya menginginkan peluncuran 10 pahlawan dalam waktu yang sama. Dimana semua talenta terhebat ini harus dipisahkan untuk menciptakan pahlawan tersendiri. Dan akhirnya, kita jatuh. Pengalaman yang pahit. Dan menyakitkan.

Ketika 700 orang karyawan yang hampir bisa melihat harapan. Yang penuh perjuangan. Energetic. Optimistic. Harus jatuh dan gagal. Hanya karena perbedaan pandangan dan strategi. Dan inilah hikmah terdalam yang saya petik dalam startup saya.

Pandangan dan strategi. Pilihlah orang yang punya misi dan pandangan atau nilai values yang sama. Belajarlah dari Nomor Satu. Selalu. Kalau ingin menjadi Nomor Satu.

Saya memilih cara Marvel menciptakan pahlawannya. Satu persatu. Secara bertahap. Perlu waktu dan kesabaran. Seperti dari Iron Man 1, Iron Man 2, 3…atau Avengers 1, 2, 3 dan seterusnya. Karena Rome is not built in one day.

Sukses perlu waktu. Dan tidak bisa di bangun dalam sehari.

Semoga pengalaman ini bisa menjadi pelajaran berat bagi partner saya. Yang bisa berguna untuk pembangunan startupnya yang lain.

Walaupun kerjasama yang tidak sukses, yang menghabiskan waktu kita tiga tahun. Kita masih saja berteman. Bahkan lebih baik lagi. Mungkin Karena kita masing-masing sudah memetik kegagalan. Dan menyadari apa yang harus dilakukan untuk menjadi Nomor Satu.

Dari pengalaman pahit di atas, kita masih berhasil menciptakan satu IP Pahlawan yang termasuk sukses. The Infernal Hell. Yang mendapat penghargaan Award dari Unity 3D Engine. The best visual Effects 2014 Worldwide. Penghargaan yang patut dibanggakan. Karena persaingan berat dari 2000 games developers di seluruh dunia.

Walaupun, keberhasilan Infernal Hell belum bisa diluncurkan lewat gaming, tetapi telah berhasil menarik film investor. Kontrak kerjasama pembuatan film layar besar telah di sign. Dengan total RMB20 juta untuk penjualan IP Infernal Hell. Dan telah menunjuk salah satu bintang film terkenal dari Hongkong, Simon Yam. Sebagai pemeran utama film IP kita ini.

Simon Yam, seorang veteran actor dan produser film. Yang pernah meraih sambutan internasional untuk penampilannya dalam Box Office. Dan hits festival film internasional seperti Lara Croft Tomb Raider. The Craddle of Life dan lain-lain.

Unity 3D Engine, adalah mesin permainan lintas platform. Yang dikembangkan oleh Unity Technologies. Pertama kali diumumkan dan dirilis pada tahun 2005. Di Apple Worldwide developers conference. Sebagai mesin permainan OS X-eksklusif.

Ricky adalah Indonesian Chinese. Keturunan Tionghoa ketiga di Indonesia. Dalam hati kecil saya, saya mempunyai mimpi. Yang tidak pernah saya ungkapkan dengan partner Founder saya. Yang orang China.

Apabila suatu hari, Dengan suksesnya Galaxy sebagai Marvelnya China. Saya akan membangun dan mencontoh kesuksesan ini ke Indonesia. Membangun Marvelnya dari Indonesia. Marvelnya Asia Tenggara. Dengan pahlawan-pahlawan dari Indonesia. Membangun soft powernya Indonesia.

Karena saya sangat mengerti betapa pentingnya soft power suatu Negara. Yaitu kekuatan budaya. Yang mudah di terima oleh semua umat manusia di seluruh pelosok dunia. Yang tidak bisa dipaksakan. Seperti cara militer atau politik. Softpower adalah salah satu cara membangun Indonesia menuju Negara maju. Negara yang dihargai. Dan dijadikan teladan.

So, just like grandma says, never give up. There is a will. There is a way. And I’m on the other way to make it come true.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.