Ada Indonesia dulu baru ada keluargamu

Ada Indonesia dulu baru ada keluargamu. Negara Indonesia terbentuk dari ribuan bahkan jutaan kumpulan keluarga. Ada negara dulu baru bisa ada keluarga. Karena keharmonisan suatu keluarga tidak mungkin di bangun dalam negara yang tidak aman. Negara yang selalu dalam peperangan. Seperti Suriah, dan Afganistan. Adalah tujuan, tanggung jawab dan harapan kita bersama menjaga kestabilitasan negara Indonesia. Harus ada Indonesia dulu baru ada keluargamu.

Peradaban adalah angin, yang dapat bertiup kedalam hati setiap orang. Dan keharmonisan adalah atmosfer yang diciptakan oleh peradaban. Kemakmuran suatu negara tergantung pada kerja keras seluruh rakyat. Keberhasilan suatu perusahaan tergantung pada kerja keras masing-masing karyawan. Kehangatan dan keharmonisan sebuah keluarga terletak pada kerukunan setiap anggota keluarga. Keharmonisan suatu masyarakat membutuhkan kepatuhan dan kesadaran semua orang. Itulah cara membangun keluarga harmonis Indonesia. Ada Indonesia dulu baru ada keluargamu. Keluarga besar NKRI.

Ada Indonesia dulu baru ada keluargamu

Lautan Pasifik terbentuk dari tetesan air yang tak terhitung jumlahnya. Kumpulan dari berbagai kali dan sungai besar atau kecil. Demikian pula, Tubuh manusia sendiri terbentuk dari berbagai jenis molekul dan milyaran DNA . Tetapi pernahkah Anda berpikir apa yang terjadi bila salah satu sel kecil di tubuh kita tidak dapat berintegrasi ke dalam kelompok besar tubuh ini? Sel tubuh ini akan menjadi sel kanker. Dan melumpuhkan hidup Anda. Demikian juga kehidupan kita di dalam masyarakat.

Kita harus senantiasa berterima kasih kepada Tuhan, dan kepada setiap orang. Karena bersyukur adalah cahaya yang cemerlang, yang bisa menyapu kegelapan di depan Anda. Bersyukur adalah kekayaan tak berwujud yang dapat memperkaya hati orang yang semakin acuh tak acuh, terutama dalam kehidupan di kota metropolis.

“Selalu beringat kepada orang yang pernah membantu kita, dan belajarlah untuk membantu orang lain juga.” Inilah kata seorang gadis penderita leukemia yang saya baca di media kemarin. Dalam kehidupan kita, kita sering mendapatkan bantuan dari orang lain. Mungkin karena suatu penampilan atau tingkah laku, atau perkataan yang kecil dan sederhana, bisa membuat hati kita yang sedang jatuh kebawah lembah, secara perlahan menjadi ceria.

Indonesia dikenal sebagai salah satu Negara “peradaban paling tua” dengan sejarah ribuan tahun di dunia. Negara dengan etiket dan sopan santun. Negara yang ramah dengan penekanan pada kinerja kerja. Dan itu harus kita pertahankan sebagai individu.

Karena Subjek dari suatu negara adalah individu. Hal terpenting dari individu adalah memiliki kualitas peradaban. Hanya dengan kualitas peradaban, kualitas dan peradaban Indonesia secara keseluruhan baru dapat ditingkatkan. Indonesia baru bisa maju dan tidak dipandang rendah oleh negara lain.

Misalnya Sekarang, kita sekarang memasuki Era Digital teknologi dan Artificial Intelligence. Suatu Periode pertumbuhan yang sangat cepat. Periode kunci pembentukan pandangan dunia, pandangan hidup dan nilai-nilai individu. Apa yang kita lakukan dalam periode ini secara tidak langsung akan mempengaruhi kehidupan dan kualitas hidup bangsa kita sendiri.

Tentang Moralitas

Bila sesuatu barang rusak, mungkin masih bisa diperbaiki. Namun, jika moralitas seseorang telah rusak, apakah masih bisa diperbaiki?

Pakar Pendidikan Rusia yang terkenal Ushinsky mengatakan: “Kebiasaan berperilaku baik adalah suatu modal.” Pembentukan kebiasaan etiket yang baik dapat diubah menjadi karakter seseorang. Etiket citra seseorang tidak hanya melibatkan citra individu itu sendiri, tetapi juga terkait dengan citra keseluruhan masyarakat dan bahkan negara.

Filsuf dan negarawan dari Inggris, Francis Bacon memiliki pepatah yang sangat terkenal: “Gabungkan citra kecantikan Anda dengan Moralitas Anda!” Hanya dengan cara ini akan memancarkan kecemerlangan sejatimu.

Dalam Era baru ini, membangun masyarakat yang harmonis adalah harapan kita semua. Masyarakat yang harmonis membutuhkan cinta dan kasih sayang. Kehidupan yang harmonis butuh saling membantu. Demikian pula, kebutuhan interpersonal yang baik butuh saling pemahaman.  

Keharmonisan antara manusia adalah fondasi untuk membangun masyarakat sejahtera. Cinta adalah emosi manusia yang paling sederhana dan paling berharga. Dan merupakan  pelumas yang harus dimiliki oleh masyarakat harmonis. Karena cinta, orang-orang yang merana dan bertualang baru dapat kembali ke tanah airnya. Dan Karena cinta, jiwa yang kelelahan dapat berenergi lagi seperti sebelumnya.  

Pepatah Tiongkok mengatakan “Memberikan bunga mawar kepada orang lain, tangan kita juga akan tercelup harum aromanya.” Artinya, Kita sendiri bertanggungjawab atas kehidupan kita sendiri. Hidup ini seperti menyebarkan suatu benih. Benih apa yang kita tanam dalam hidup ini, tentu saja, buah itulah yang akan kita panen di masa depan. Itulah sebabnya, kita harus berhati-hati memeriksa benih yang akan kita tabur. Karena Tuhan selalu adil. Tuhan selalu melihat dan mencatat segala tingkah laku kita. Dan suatu saat, Tuhan akan mengembalikannya untukmu.

Ada Indonesia dulu baru ada keluargamu-NKRI Harga Mati
Ada Indonesia dulu baru ada keluargamu-NKRI Harga Mati

Saat ini, negara kita dihadapkan dengan masalah-masalah yang sangat serius. Ada Sebagian orang atau kelompok dimana kepentingannya telah terganggu. Dan mereka berjuang menggunakan segala cara untuk mencapai tujuannya. Demi mempertahankan kepentingannya mereka mungkin bersedia berbuat apa saja. Termasuk mengorbankan negaranya misalnya.

Pada dasarnya, setiap orang ingin hidup bahagia dan berkecukupan. Termasuk sekelompok orang yang kejunya telah tersentuh oleh pemerintah. Sebenarnya, baik pemerintah maupun sekelompok orang tertentu ini mempunyai goal yang sama. Yakni memakmurkan rakyatnya atau anggotanya.

Just like grandma says, seandainya saja sekelompok orang yang kejunya tersentuh bisa peduli dan punya hati nurani sedikit saja terhadap negaranya. Terhadap lingkungannya. Terhadap orang disekitarnya. Menggeserkan sedikit saja Ego-nya untuk Saudara-saudaranya setanah air. Mungkin Indonesia akan jauh lebih indah dan berarti. Karena inti hidup manusia adalah saling berbagi. Berbagi suka dan duka.

Advertisements
Categories: Ada Indonesia dulu baru ada keluargamu-NKRI harga mati

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: