Advertisements

Afrika pabrik dunia berikutnya

Oleh: Ricky Suwarno

17 maret 2019

Menurut laporan PBB, Afrika saat ini memiliki total populasi sekitar 1,2 miliar. Mendekati jumlah total populasi China. Tetapi jumlah penduduk Afrika masih meningkat dengan cepat. Diperkirakan, populasi Afrika akan melampaui China pada tahun 2025.

Yang Lebih penting, struktur demografis Afrika sangat dinamis. Proporsi kaum muda berusia 10-24 tahun, mencapai 33%. Usia produktif yang sangat cocok untuk pembangunan ekonomi. Seperti Indonesia.

Menurut penelitian pasar yang dilakukan oleh Euromonitor International, pertumbuhan eknomi Afrika saat ini adalah yang tercepat kedua di dunia. Kedua setelah wilayah Asia-Pasifik.

Oleh karena itu, Afrika menjadi fokus perhatian para kapitalis. Dan investor global berikutnya. Majalah Economist menggunakan kalimat “perebutan kekuasaan ketiga”. Untuk menggambarkan situasi saat ini di Afrika. Dan mendeskripsikan perbedaan antara sekarang, dan dua sebelumnya.

Afrika telah mengalami dua kekuatan hegemoni di masa lalu. Yang pertama adalah penjajahan orang Barat terhadap afrika pada abad ke-19. Yang kedua adalah, jaman perang dingin. Yang terbagi atas kamp yang berbeda. Yang didominasi oleh Amerika Serikat dan Uni Soviet. Untuk mencari kesetiaan negara-negara Afrika yang baru merdeka.

Hegemoni kekuasaan, yang disebut Ekonom ketiga kalinya, berbeda dari dua perang sebelumnya.

Kali ini, kekuatan berbagai negara memasuki Afrika dari semua aspek. Dalam hal diplomasi, dari tahun 2010 hingga 2016. Lebih dari 320 kedutaan dibuka di Afrika. Sedangkan, cuma 26 kedutaan dibuka di Turki saja. Suatu perbanding yang sangat jauh.

Di bidang militer, sejak 2014, Rusia dan negara-negara Afrika telah menandatangani 19 proyek perjanjian militer. China adalah pengekspor senjata terbesar di Afrika sub-Sahara. Dan telah menjalin hubungan teknis pertahanan dengan 45 negara Afrika.

Dalam hal perdagangan, tiga mitra dagang terbesar di Afrika sejak tahun 2006. diantarannya, Adalah Amerika Serikat, Cina, dan Prancis. Tetapi sejak tahun 2018, Cina berada di peringkat pertama. India dan Amerika Serikat berada di peringkat kedua dan ketiga.

Perdagangan antara Afrika,Turki dan Indonesia meningkat lebih dari tiga kali lipat. Sedangkan, perdagangan dengan Rusia meningkat lebih dari empat kali lipat.

Sumber investasi asing terbesar di Afrika adalah perusahaan dari China, Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis. Dalam hal investasi, aliran dana telah bergeser. Dari pengembangan sumber daya alam. Dan infrastruktur ke layanan keuangan. Layanan telekomunikasi. Dan barang-barang konsumsi seperti peralatan rumah tangga. Mobil. dan aksesori mewah. Ini secara tidak langsung telah menyebabkan perubahan di pasar konsumen. Daya beli konsumen telah meningkat. Dan kelompok konsumen di afrika telah berkembang cepat.

China, telah masuk dan membangun afrika sejak tahun 1960an. Ketika para negara kapitalis barat masih sibuk dengan hegemoninya. Dan kurang memperhatikan afrika. Karena saudara-saudara dari afrikalah yang menyumbangkan semua suaranya untuk mengangkat China sebagai salah satu anggota tetap dewan PBB. Yang memiliki hak veto. Mendekati 40% suara pilih dunia dari afrika di kasih ke CHina. Sejak saat itulah, CHina mulai berterimakasih kepada saudara jauhnya ini. Dan mulai membangun afrika. Walaupun china saat itu masih sangat miskin.

Hidup ini penuh dengan keindahan. Saling berbalas budi. Kalau kamu merasa terbantu oleh seseorang. Secara etisnya, atau dari hati nurani dalam, kamu merasa perlu membantu dia juga. Demikian pula sebaliknya, saat orang lain merasa terbantu olehmu. Di kesempatan lain, dia akan merasa harus membantu dirimu. Jika siklus itu terputus, ada saja drama yang akan timbul, seperti biasanya.

Beberapa saat yang lalu, ketika presiden perancis Emmanuel Macron, mengunjungi afrika. Dia terkejut dengan pembangunan di sana. Hatinya bercampur aduk dengan berbagai macam perasaan. Karena pasaran disana, pada dasarnya telah di dominasi CHina. Sampai beberapa negara afrika seperti Algeria, nigeria, kenya, mesir,burundi dsb telah terlihat metro atau subway kereta cepat buatan CHina.

Seperti kutipan dari salah satu presiden di afrika, orang barat seperti Inggris. Datang ke afrika dan menjajah ratusan tahun. Dan membawa pergi semua kekayaan alam miliknya afrika. Tanpa melakukan pembangunan nyata yang berguna bagi rakyat afrika. Tetapi, ketika china datang. Dalam beberapa tahun kemudian, terlihat pembangunan infrastruktur jalan, tol, pabrik dan perumahan di mana-mana. Itulah, sebabnya investor China sangat di sambut baik di sana.

Investasi di tingkat komersial jelas membantu perkembangan Afrika. Karena keterbukaan yang lebih besar. Terhadap perdagangan dan investasi. PDB per kapita Afrika sub-Sahara adalah 40% lebih tinggi dibanding tahun 2000.

The Economist percaya bahwa Afrika dapat berbuat lebih banyak. Dan meningkatkan manfaat gelombang kekuatan ini. Di satu sisi, meskipun Afrika memiliki populasi yang besar, tetapi mereka tersebar lebih dari 50 negara.

Just like grandma says, para pemimpin Afrika harus mempertimbangkan bagaimana menyatukan dan mencapai kesepakatan yang lebih baik. Dengan negara-negara lain. Di sisi lain, Afrika tidak harus memilih posisi seperti di masa lalu. Dimana mereka hanya jadi budak jajahan barat. Sekarang, mereka dapat melakukan bisnis dengan negara mana pun. Ketika ada lebih banyak pilihan. Sehingga, daya bargain power mereka menjadi lebih kuat.

Advertisements
Categories: Afrika, artificial intelligence indonesia, Pabrik dunia berikutnyaTags: , , , , , , , , ,

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: