Advertisements

AI mengalahkan manusia

Berita terbaru dari The New York Times belum lama ini, kecerdasan buatan atau AI telah mengalahkan pemain professional kartu Texas Holdem poker.

Facebook boleh berbangga diri karena teknologi kecerdasan buatan mereka telah mencapai tonggak sejarah baru. Terobosan ini dicapai dua tahun yang lalu setelah algoritma kecerdasan buatan atau AI yang dikembangkan oleh DeepMind milik Google membantu komputer mengalahkan juara dunia di permainan Catur Go yang terkenal rumit.

Sistem kecerdasan buatan Facebook namanya Pluribus, telah berhasil mengalahkan enam pemain poker profesional dalam pertandingan tanpa batas, kartu Texas Holdem Poker.

Salah satu prasyarat utama permainan kartu Texas Hold’em poker adalah saling menyembunyikan informasi. Setiap pemain perlu berspekulasi informasi apa yang disembunyikan oleh lawan didepannya. Ini merupakan tantangan besar bagi kecerdasan buatan.  

Pluribus Facebook

Pluribus kecerdasan buatan adalah hasil kerjasama antara Carnegie Mellon University dan Facebook Lab. Program cerdas ini dapat membedakan apakah lawan pemain lagi bluffing, dan sebaliknya, bahkan dapat mengubah perilakunya untuk membingungkan lawan secara tepat waktu.  

Ini adalah kemajuan besar manusia dalam perangkat lunak. Demikian juga telah ada terobosan kecil dalam perangkat keras yang pantas mendapatkan perhatian kita.  

Just like grandma says, Profesor di Carnegie Mellon School of Computer Science Tuomas Sandholm yang turut membantu pengembangan sistem AI Google mengatakan, Pluribus mencapai performa manusia super di pertandingan poker multipemain.

Advertisements
Categories: artificial intelligence indonesia, Kartu texas holdem poker, Pluribus facebookTags: , , , , , ,

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: