AI sektor pendidikan

AI sektor pendidikan atau Artificial Intelligence dalam pendidikan adalah kemajuan zaman. Kadang terasa rindu saat di sekolah. SD. SMP. Atau SMA. Walau kadang pernah di hukum berdiri. Karena nakal. Atau nilai matematika yang kurang baik. Sehingga orangtua dipanggil ke sekolah. Tetapi, semuanya terasa indah di waktu kecil. Ada manis dan pahitnya. Namun, Artificial Intelligence sektor pendidikan akan mengubah segalanya.

Setelah memahami kelebihan Artificial Intelligence dalam pendidikan selama ini, saya merasa beruntung. Untung di masa kecil tidak ada AI. Atau Kecerdasan buatan. Mengapa beruntung? Karena AI itu serba bisa. Kalau boleh memakai kata, maha kuasa. Kira-kira begitulah.

Pada saat ini, AI sektor pendidikan bisa dibagi atas beberapa bagian. AI untuk guru. AI untuk anak siswa atau pelajar. AI untuk orangtua dan, AI untuk sekolah. AI di sektor pendidikan sangatlah trendy di Amerika. Dan perlahan di Tiongkok.

Coba lihat pekerjaan seorang guru. Selain mengajar di depan kelas. Juga harus membimbing murid. Tugas yang tidak kalah pentingnya, adalah penilaian dan koreksi PR. Serta pengembangan rencana pengajaran dan persiapan. Dan sekarang, telah ada beberapa startup AI yang bisa meringankan semua pekerjaan guru. Yang lebih efisien dan hemat waktu. Sehingga pengajaran lebih efektif dan fleksibel. Sehingga para guru memiliki lebih banyak waktu untuk kopi. Atau memikirkan hal yang lebih kreatif untuk pendidikan.

AI sektor pendidikan

Dari sudut pandang teknis, tugas AI membantu guru dalam ujian. Adalah standardisasi jawaban yang lebih tinggi, yes or no. Pertanyaan pilihan ganda. Atau isi bagian yang kosong. Yang lebih mudah dinilai oleh mesin. Sementara, pengakuan semantik alami atau NLP. Pertanyaan kuis. Dan bahkan penangkapan dinamis. Atau area penguatan di bidang analisis perilaku. Sedang dalam tahap eksplorasi lebih lanjut. Startup Gradescope sangat menonjol dalam bidang ini. Sehingga, murid tidak perlu lagi dimarahi guru karena kurang menghafal grammar yang baik. Dalam mata pelajaran bahasa inggris, misalnya.

Tetapi ada juga kelemahan dari gradescope AI. Terutama mengenai pertanyaan bebas. Disaat ujian, ketika ada pertanyaan yang tidak bisa diisi. Guru selalu mengingatkan untuk tidak kasih kosong. Paling tidak harus menulis apalah. Jadi, kadang guru bisa toleransi. Tetapi, di bawah kristal mata apinya AI atau kecerdasan buatan, mungkin tidak ada istilah toleransi.

AI dapat memberikan dukungan informasi dan data untuk guru. Termasuk lembaga pendidikan dengan mengidentifikasi dan menganalisasi data perilaku pelajar. Dan emosi suara. Laporan tersebut bisa berfungsi sebagai referensi untuk penilaian guru. Serta membantu guru mengembangkan rencana. Dan memandu desain kurikulum berikutnya.

Ketika AI menemukan banyak siswa melakukan kesalahan yang sama. Pada satu pertanyaan yang sama pula. AI akan meminta untuk memberikan lebih banyak bimbingan kepada siswa pada titik pengetahuan tersebut. Atau menjelaskan lebih banyak latihan terkait. Representatif menonjol dalam bidang ini adalah startup affectiva. Dan Acrobatiq.

Affectiva, adalah AI startup yang didasarkan pada pengenalan emosi. Mereka telah mengamati sejumlah besar ekspresi manusia. Dari berbagai ras. Usia. Jenis kelamin. Hobbi. Dan melalui deep learning atau pembelajaran mendalam, menganalisa apakah mereka benar-benar tertawa atau sebaliknya, pura-pura. Dalam mengamati seorang pelajar.

Mengajar murid sesuai dengan bakatnya. Mungkin adalah suatu tantangan bagi para guru. Tetapi, hal ini bisa teratasi dengan bantuan AI. Sistem pembelajaran adaptif dapat menangkap dan merespons kebutuhan. Dan feedback siswa yang berbeda. Dengan memilih. Menekankan. Atau mengulang. Atau melewatkan. Atau menambah poin pengetahuan. Setiap pelajar dapat memiliki kecepatan belajar. Lewat jalur yang paling sesuai untuk mereka. Startup Knewton dan Kidaptive adalah perwakilan dalam bidang ini.

Selanjutnya, AI untuk para orangtua murid. Dalam sektor ini, perwakilan paling utama adalah startup roboterra. Wonder workshop. Yang mempunyai misi membuat alat-alat seperti virtual AI. Dan robot sebagai bagian dari fakultas manusia. Atau alat bantu pengajaran. Terutama dalam pendidikan anak usia dini. Membaca bahasa. Dan di bidang STEM.

Dan yang terakhir, AI untuk sekolah. Area aplikasi terutama, manajemen perpustakaan. Konsultansi pendaftaran. Manajemen keuangan. Kehadiran siswa atau absensi. Dan sekuriti.

Secara khusus, perpustakaan cerdas dapat mencocokkan latar belakang yang dipersonalisasi. Sesuai dengan latar belakang siswa. Dan layanan pelanggan AI dapat memberikan siswa dan orangtua yang tertarik dengan pengenalan sekolah. Konsultansi pendaftaran. Bagaimana menentukan prioritas investasi pendidikan ketika anggaran terbatas.

Dengan kekuatan AI, menganalisa data siswa, guru dan peralatan di sekolah. Yang dapat mempengaruhi keputusan investasi sekolah. Disamping itu, citra dan pengenalan wajah dapat merekor catatan kehadiran siswa. Atau pencegahan kemungkinan kebakaran sekolah. Kejahatan. Dan pemantauan keamanan lainnya. Jenzabar. BrightBytes. Adalah startup di sektor ini.

Selain startups diatas, masih ada beberapa startups dengan prestasi sangat menyakinkan. Perwakilan authentic di sektor pendidikan ini, Volley labs. Mungkin kita masih ingat teman sekelas dulu. Yang sangat pintar membikin catatan apapun. Semua pengetahuan atau perkataan yang keluar dari mulut sang guru. Selalu tercatat dengan baik. Dan selalu kelihatan enak. Menyegarkan. Dan sangat komprehensif. Volley labs adalah versi AI nya.

Volley labs didirikan di silicon valley. Volley adalah mesin pengetahuan untuk perusahaan yang menggunakan pembelajaran mesin. Dan jaringan saraf dalam. Yang secara otomatis mengumpulkan teks ke dalam materi pembelajaran seluler. Seperti kursus mikro. Presentasi. Dan tes.

Ketika pengguna memfoto materi pembelajaran tradisional, seperti halaman buku teks dengan ponsel. Volley dapat secara otomatis mengidentifikasikan kata kunci. Mendeteksi konsep yang relevan. Dan kemudian mendapatkan informasi yang relevan juga. Langsung dari internet. Dan akhirnya, menghasilkan materi pembelajaran seputar pengetahuan.

Berdasarkan data yang tersedia saat ini, AI di sektor pendidikan terutama di Tiongkok, India, Amerika dan Indonesia. Adalah suatu bisnis potensi yang sangat besar. Yang masih sangat muda. Dan baru. Suatu bisnis lamban. Yang Perlu lebih banyak waktu untuk membuktikannya. Dimana cara pendidikan masing-masing negara sangatlah berbeda.

Kebanyakan Top 30 AI startup di bidang pendidikan amerika, bergerak dalam pendidikan tinggi. Dan konseling K12. Yang bersama-sama menyumbang setengah dari total pendidikan di amerika. Dimana 20% diantaranya mengenai pendidikan moral. Disamping itu, orang amerika kurang antusias belajar bahasa asing. Jadi les bahasa asingnya tidak tinggi.

AI sektor pendidikan
Startup Unicorn dalam Artificial Intelligence sektor pendidikan di China dan AS berkembang pesat

Kebanyakan top30 startup AI ini berdiri antara tahun 2012-2014. yang terbanyak di tahun 2012. Ada sekitar 7 startups. Masih sangat muda.

Just like grandma says, saat ini, arah umum pendidikan AI semakin bias terhadap cara memahami pengguna secara lebih akurat. Menganalisis pengguna. Dan membantu pengguna. Baik itu pelajar. Guru. Orangtua. Atau lembaga pendidikan.

Jadi, masalah apa yang paling anda harapkan dari AI untuk menyelesaikan pendidikan anakmu. Atau bangsa kita.

Advertisements

1 thought on “AI sektor pendidikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: