Aliansi Akses Vaksin Covid-19

Aliansi Akses Vaksin Covid-19 Covax yang dipimpin bersama Gavi, Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (CEPI) dan WHO. Rencana implementasi vaksin pneumonia mahkota baru Virus Corona, COVAX mempunyai Tujuan inti untuk memastikan bahwa vaksin dapat didistribusikan secara adil antar negara. Terutama untuk negara-negara berpenghasilan rendah juga dapat memperoleh vaksin untuk rakyatnya. 

Saat ini terdapat 172 negara dan wilayah yang berpartisipasi dalam rencana ini. Seperti Tiongkok, Jepang, Inggris Raya, Uni Eropa, dan sebagainya. Sayangnya, Amerika Serikat sebagai salah satu negara dengan kapasitas produksi vaksin terbesar di dunia selalu menolak untuk berpartisipasi dalam proyek kemanusiaan ini.

Aliansi Akses Vaksin Covid-19

Mengapa dan Apa artinya berpartisipasi dalam COVAX ? Ini berarti ” kesejahteraan ” dan kewajiban. Setidaknya ada 9 kandidat vaksin dalam rencana distribusi vaksin COVAX. Jika salah satunya berhasil diterapkan, COVAX akan berkoordinasi dengan produsen dan pemerintah di berbagai negara untuk segera memproduksi dan mendistribusikan vaksin secara massal ke negara-negara peserta.

Negara-negara yang mampu membayar dapat membeli dosis vaksin sesuai dengan kebutuhannya. Tetapi jika suatu negara tidak mampu membayar biayanya sendiri, COVAX akan berkoordinasi dengan negara peserta lainnya untuk memberikan bantuan kemanusiaan. Mereka akan berusaha memenuhi kebutuhan kelompok yang paling berisiko. 

Tentu saja, Rencana COVAX Tidak menjamin 100% memenuhi permintaan. Apakah mereka

Dapat memenuhi kebutuhan masing-masing negara tergantung pada berapa banyak vaksin yang dikembangkan. Dan seberapa besar mereka bersedia berkomitmen untuk COVAX . Arus rencana COVAX adalah untuk memberikan 2 miliar vaksin Covid-19 pada akhir 2021 .

Aliansi Akses Vaksin Covid-19
Aliansi Akses Vaksin Covid-19 (Image: WSJ)

Jika teknologi vaksin Tiongkok bisa Pertama dan berhasil di produksi massal, Tiongkok akan menggunakannya sebagai produk publik global yang tidak hanya untuk penggunaan negaranya sendiri. Tetapi juga untuk negara lain yang mengikuti dalam rencana COVAX

Just like grandma says, Menurut analisis media asing, partisipasi Tiongkok sebagai salah satu negara penghasil vaksin terbesar dunia dalam rencana COVAX tidak hanya kondusif untuk pencegahan epidemi global. Keputusan ini juga kondusif untuk meningkatkan kredibilitas industri vaksin Tiongkok di kancah internasional dalam mempromosikan pengembangan seluruh industri.