Aliansi lima mata dunia

Oleh: Ricky Suwarno

23 february 2019

5G.5G.5G. salah satu topik terpanas di dunia. Yang membuat Trump tiap hari harus gelisah. Berusaha dengan cara apapun untuk mempertahankan amerika sebagai pusat teknologi dunia. Kenyataannya, mungkin akan membuatnya kecewa.

Pada tanggal 18 februari yang baru lalu. Shanghai, salah satu kota termaju China. Dengan GDP sebesar 3triliun yuan di tahun 2017. kalau diibaratkan sebagai suatu negara, setara dengan GDPnya Thailand. Berada di urutan ke 26 Top rank GDP dunia. Mengumumkan penggunaan teknologi 5G di shanghai Hongqiao Railway station. Menjadi Stasiun pertama di dunia dengan 5G.

Bekerjasama dengan Huawei dan China Mobile.

Ibaratnya, pada saat kita mendownload satu film dengan kapasitas 2GB. Melalui 4G mungkin perlu waktu paling lama 2menit. Tetapi kalau pakai 5G, cuma memerlukan 5-10 detik.

Tidak heran kalau dibelahan samudera pasifik sana, Trump sangat gelisah. Dan serba salah. Melihat perkembangan pesat 5G China. Trump telah berusaha dengan berbagai macam cara. Baik bersih dan kotor. Semuanya telah diusahakan untuk menghambat 5G Huawei. Melalui adik-adiknya, yang lebih dikenal sebagai Aliansi lima mata dunia. Yang terdiri dari Amerika serikat, inggris, kanada, Australia dan selandia baru. Untuk memonitor dan mengawasi dunia.

Yang lebih membuat trump tidak bisa gembira dan penasaran, adalah dua adiknya Inggris dan selandia baru. Mulai berontak dan tidak mengikuti abang besarnya lagi. Inggris dan selandia baru tiba-tiba mengumumkan untuk menggunakan teknologi 5G Huawei dua hari yang lalu. Ini jelas membuat trump sangat marah. Karena lima hari lagi, perundingan perang dagang AS-China akan berlangsung lagi. Tepatnya di tanggal 1 maret nanti. Setelah gencatan senjata selama 90 hari oleh trump. Tampaknya, kartu yang bisa dimainkan trump bukannya semakin bertambah. Melainkan sebaliknya.

Persaingan 5G terus berlangsung. Dan semakin keras. Antara Huawei vs Ericson. Diantara 49 perusahaan telekom di dunia, huawei dan ericson masing-masing menyumbang lebih dari 80% jaringan komunikasi. Yang dibangun di 29 negara. Diantara mereka, ada 23 perusahaan menggunakan teknologi 5G huawei. Termasuk indonesia. Dan 21 perusahaan di ericson.

Huawei terus memperluas kehadiran globalnya. Dengan menyediakan peralatan telekomnya, yang konon kabarnya, teknologi 5G huawei jauh memimpin paling tidak satu tahun dibanding pesaingnya.

Mengapa adik-adiknya trump, inggris dan selandia baru tiba-tiba broke up dengan big brothernya. Pasaran huawei didunia telah terbentuk. Dan terus berkembang. Kalau aliansi lima mata dunia ingin menghambat pengembangan huawei, mereka harus membayar. Dengan harga yang sangat tinggi. Meskipun ericson, adalah perusahaan dari Swedia. Yang dapat dianggap sebagai garis depan yang mendukung amerika. Namun, pangsa bisnis terbesar didunia (China), mungkin adalah pasar dan bangsa yang tidak bisa sembarangan tersinggung.

Disamping itu, inggris dan selandia baru tidak mungkin membiarkan negaranya ketinggalan. Di banding negara maju lainnya di dunia. Setahun adalah waktu yang cukup banyak untuk menyalip dipersimpangan. Terutama di dunia teknologi yang berkembang cepat.

Seperti kutipan dari perdana menteri inggris yang berkata, bila harus memisahkan 5G huawei. Itu ibarat memotong sebelah lengan industri telekom inggris. Karena dari 3G sampai 4G, inggris telah menggunakan semua peralatan huawei. Pengguna pasti tidak bersedia membayar biaya yang lebih besar bila harus mengganti supplier baru.

Demikian juga jerman, yang pengembangan internet maupun infrastrukturnya jauh ketinggalan dibanding negara eropa lainnya.

Pengembangan 5G akan meningkatkan pengembangan kendaraan otonom mereka sebagai negara produsen mobil jerman.

Seperti kutipan dari Angelina Merkel, perdana menterinya. Jerman telah melewatkan kesempatan di internet broadband. Mereka tidak boleh ketinggalan lagi dalam 5G. mereka butuh jaringan yang cepat. Yang tidak hanya cepat. Tapi juga murah. Dan huawei 5G adalah pilihan paling tepat.

Di mata dunia, jerman adalah negara yang dipercayai dengan semangat keahlian pengrajin. Yang sangat rasional. Yang melakukan hal berdasarkan kebenaran dari fakta. Semangat ini layak dipelajari oleh negara lain didunia.

Iphone, salah satu andalan trump dalam 5G. mungkin harus mengecewakan trump lagi. Apple sekarang masih terbelit sengketa hak paten dengan produsen chip kedua terbesar Qualcomn.

Dan TIm Cook juga telah mengumumkan dalam press releasenya tidak akan meluncurkan seluler 5G di tahun ini. Bayangkan, iphone adalah satu-satunya seluler yang tidak ada 5Gnya di tahun ini.

Itulah sebabnya, apple harus mengandalkan chipnya intel. Apple tidak memiliki baseband tersendiri. Dan produk-produknya sendiri selalu merupakan baseband plug-in. Harus mengandalkan bisnis partner. Basebandnya Intel.

Namun, sayangnya teknologi dan sinyal intel kurang bagus dalam 5G. sehingga, sangat mempengaruhi mutu dan penjualan iphone. Dan akhirnya, apple harus mencari mitra baru. Berusaha bernegosiasi dengan huawei untuk kerjasama menggunakan baseband 5G huawei.

Just like grandma says, trump sangat tidak berdaya. Harus melihat lawannya merampas semua kesempatan ini. Tapi dia sendiri kurang strategi lagi. Kartu yang dipegang semakin berkurang.

Sekali lagi, dalam masyarakat dimana kepentingan adalah segalanya. Big brother atau boss kayak amerika tidak berarti apa-apa. Hanya dengan setulus hati membantu dan membawa manfaat atau kepentingan bagi sekutunya, adik-adiknya ini baru akan bersatu.

Jika tidak, lihatlah apa yang terjadi dengan inggris dan selandia baru. Yang mungkin nantinya, kanada atau australia juga akan berpaling dari trump dan menggunakan huawei 5G.

Advertisements
Categories: aliansi lima mata, Five eyes, Huawei 5GTags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: