Ant Financial IPO terbesar dunia

Ant Financial IPO terbesar dunia melampaui Saudi Aramco dengan nilai sebesar 34,5 Miliar Dolar. Ant Financial, perusahaan keuangan dan teknologi dari anak perusahaan Alibaba milik Jack Ma akan melakukan pencatatan saham Perdana secara paralel di pasar saham STAR Shanghai dan Hongkong sekaligus, pada tanggal 5 November mendatang.

Pada tanggal 26 Oktober, Ant Group mengungkapkan harga penerbitan ditetapkan menjadi 68,8 yuan per saham. Berdasarkan perhitungan tersebut, Ant Group Dengan valuasi 2,1 Triliun Yuan akan melampaui Moutai, Merek alkohol ‘Elit’ perusahaan paling berharga di Tiongkok di pasar saham Shanghai atau lebih dikenal sebagai pasar saham A.

Kode saham A untuk Ant Grup adalah 688688. Kode saham H (Hongkong) adalah 6688. Menurut orang-orang yang mengetahui masalah ini, pesanan dari investor internasional seperti Goldman Sachs, JP Morgan Chase, Citigroup dan lain-lain membanjir setelah harga per saham Ant Financial diumumkan.

Ant Financial IPO terbesar dunia

Keputusan Ant Financial memilih pasar Saham STAR Shanghai dan pasar Modal Hongkong akan mendorong kapitalisasi pasar Bursa EFEK Shanghai dalam legitimasi dan nilai. Pasar Saham STAR Shanghai alias “Science and Technology Innovation Board merupakan papan baru untuk perusahaan rintisan teknologi yang ingin Go Publik atau IPO di pasar bursa Tiongkok. Pasar Saham ini sangat mirip dengan papan perdagangan teknologi di Bursa Nasdaq AS.

Berhubung perang dagang dan Perang Teknologi terutama dalam situasi seperti sekarang ini. Dimana AS dibawah pemerintahan Trump mengancam melakukan pembatasan ruang gerak bagi semua perusahaan Teknologi asal Negeri Tirai Bambu. Misalnya, Huawei, ZTE, Tik Tok dan WeChat.

IPO Ant Financial memiliki arti yang sangat mendalam bagi Beijing. Aksi Raja Fintech Dunia Ant Financial ini menjawab keinginan Beijing dalam menarik lebih banyak perusahaan Teknologi mendaftarkan sahamnya di pasar Modal Tiongkok.

Saat ini, Ant Group yang telah dipisahkan dari Alibaba mencakup perusahaan bisnis seperti Alipay, Zhima Credit, Ant Fortune, My Bank, Ant Xiaodai, Ant Financial Cloud, Yu’e Bao, Zhao cai bao dan Ant Hua Bei. Diantara semua bisnis merek di atas, layanan Ant Financial yang terkuat adalah pinjaman, manajemen keuangan dan Asuransi. Ini juga merupakan bisnis utama industri keuangan tradisional.

Namun, bisnis model Ant Financial sangat berbeda dengan bank tradisional. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman, Anda memerlukan bukti pendapatan, Hipotek mobil dan rumah Anda. Sebaliknya, Ant Financial hanya perlu mengecek dan menghitung peringkat kredit pengguna melalui Big Data internet. Kemudian memberikan pinjaman kecil yang ditargetkan dengan jaminan kredit.

Bila dibandingkan dengan bank tradisional, pinjaman Ant Financial memiliki beberapa ciri khas. Pertama, jumlahnya kecil. Pinjamannya cepat. Anda bisa mendapatkan pinjaman sepuluh sampai dua puluh ribu Yuan hanya dalam beberapa menit klik di ponsel Anda.

Kedua, suku bunga yang tinggi. Suku bunga tahunan melebihi 10%, dua kali lipat dari bank biasa. Ketiga, kemudahan bertransaksi. Hanya dengan satu Aplikasi. Semuanya selesai. Sehingga, hampir semua orang tertarik untuk menggunakannya.

Jadi, bagaimana dan mengapa Ant bisa menghasilkan keuntungan begitu besar?

Alasan utama terletak pada Alipay. Lebih dari 1 Miliar orang Tiongkok menggunakan Aplikasi ini. Alipay memiliki posisi unik di dalam industri. Kedua, Alipay mempunyai Mayorits Data besar para pengguna. Misalnya, berapa banyak pengeluaran Anda dalam sebulan. Apa yang Anda beli. Algoritma Back-End Alipay dapat menghitung tingkat pendapatan Anda. Daya Beli Anda. Alipay mengetahui dengan jelas.

Perusahaan pinjaman atau P2P platform lainnya tidak memiliki data selengkap Alipay. Sehingga, risiko pinjaman mereka jauh besar dari Ant Financial.

Dalam hal berbisnis, kebijaksanaan terbesar Jack Ma adalah menangani hubungan baik dengan pemerintah Beijing. Setoran Bank di ambil oleh Alipay. Pinjaman Bank telah direbut oleh HuaBei. Semua bisnis bank tradisional secara perlahan beralih ke Ant Financial .

Pada tahun 2020, setelah Ant Financial Go Publik, Raksasa Internet Tiongkok yang dulunya di dominasi oleh BAT (Baidu, Alibaba dan Tencent), akan berubah menjadi Tencent, Alibaba dan Ant Financial.

Pada KTT Keuangan Bund ke-2 atau 2020 Bund Summit di Shanghai 5 hari yang lalu, Jack Ma mengatakan: “Kami telah menetapkan harga Ant Financial di Shanghai. Ini adalah harga pembiayaan terbesar dalam sejarah manusia yang terjadi di luar pasar AS. Ini juga pertama kalinya terjadi dalam lima tahun di luar Kota New York. Untuk menyelesaikan penetapan harga yang begitu besar, Lima tahun lalu, atau bahkan tiga tahun lalu, kami bahkan tidak dapat membayangkannya. “

Ada 6 perusahaan Internet dan teknologi Raksasa dengan lebih dari 1 miliar pengguna di dunia. Mereka adalah Apple, Microsoft, Google, Facebook, Tencent, dan Ant Financial. Dengan patokan Nilai evaluasi pasar kapitalisasi tertinggi Apple US 2 Triliun Dolar. Para pakar keuangan internasional memprediksi, dibandingkan dengan perusahaan Teknologi “Klub 1 miliar Pengguna” diatas, nilai pasar Ant Financial masih memiliki ruang besar untuk berkembang.

Ant Financial sebagai perusahaan benchmark dengan raksasa internet AS “FANNG”, fluktuasi nilai pasar di masa depan mungkin lebih terkait erat dengan saham teknologi AS.

Raja Fintech Dunia Ant Group

Menurut Prospektus Ant Financial IPO terbesar Dunia menunjukkan bahwa dana yang terkumpul akan diinvestasikan dalam empat arah utama. Seperti peningkatan ekonomi digitalisasi (30%), memperkuat kerja sama perusahaan global dan membantu pembangunan berkelanjutan global (10%), mendukung inovasi yang berkelanjutan, dan berinvestasi dalam teknologi baru seperti Artificial Intelligence atau Kecerdasan Artifisial (40%), dan modal kerja tambahan (20%).

Dari dana yang diinvestasikan, kita bisa melihat bahwa Investasi Teknologi memiliki proporsi tertinggi. Dalam prospektus sebelumnya, Ant Financial telah berulang kali menekankan “Gen teknologinya” sendiri. 40% dari dana yang terkumpul akan digunakan untuk inovasi serta penelitian dan pengembangan teknologi terkini. 

Ant Financial IPO terbesar dunia
Ant Financial IPO terbesar dunia (Image: Sohu)

Belum lama ini, CEO Ant Group Hu Xiaoming mengatakan dalam sebuah wawancara dengan wartawan bahwa hal terpenting setelah listing adalah berinvestasi besar-besaran dalam teknologi. 

Just like grandma says, Ant Financial IPO terbesar dunia dalam menghadapi masa depan, strategi teknis Ant Group bukanlah pertandingan sprint 100 meter. Melainkan, persaingan Maraton berkelanjutan.”

Hu Xiaoming menambahkan bahwa setelah IPO, Ant Group akan terus meningkatkan investasi di bidang blockchain, Internet of Things, kecerdasan buatan, keamanan dan pengendalian risiko, 5G, Komputasi Awan, Big Data, Mata Uang Digital dan bidang lainnya. Artinya, meletakkan casis teknologi untuk strategi jangka panjang.

Apa Pendapat Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.