Apa keunggulan teknologi China

Apa keunggulan teknologi China adalah pertanyaan yang sering kali dibahas kalangan media Barat. Terutama dalam perang dagang AS-China yang kian memanas satu dua tahun ini. Pada 15 Januari, China dan Amerika Serikat menandatangani fase pertama perjanjian ekonomi dan perdagangan. Sebelumnya, banyak orang khawatir jika friksi perdagangan Tiongkok-AS terus meningkat, ekonomi global akan memasuki resesi pada 2020. Hasil awal pencapaian dalam putaran negosiasi ini, memberi dunia kepercayaan yang lebih besar pada situasi ekonomi tahun 2020.

Gesekan perdagangan tahun lalu telah mendorong banyak orang untuk melihat kembali ekonomi Tiongkok, dan berpikir lebih dalam tentang keunggulan dan kelemahan ekonomi Tiongkok. Hanya dengan pemahaman yang jelas, kita baru dapat menilai kemampuan suatu ekonomi negara dalam menahan guncangan.

Apa keunggulan teknologi China

Majalah Inggris, The Economist Edisi bulan Januari 2020 menerbitkan seluruh halaman tentang kekuatan ilmiah dan teknologi China. Editor The Economist menyajikan beberapa segi pertanyaan lebih berharga, bagaimana China memperoleh kemampuan teknologi ini, bagaimana China melahirkan kapasitas teknologi baru dan Apa yang terjadi dibelakangnya.

Dengan kata lain, yang patut diperhatikan adalah kemampuan sistemik dari seluruh perekonomian China.

Secara umum, ketika berbicara tentang kekuatan sains dan teknologi, orang-orang sering menekankan kemampuan litbang dan inovasi suatu negara. Tetapi The Economist mengatakan kekuatan ilmu pengetahuan dan teknologi bukan hanya tentang inovasi. Melainkan, bagaimana teknologi itu berguna dan dapat digunakan. Ini adalah Fakta yang diungkapkan oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di China.

Memang benar, banyak teknologi China berasal dari luar negeri. China sangat pandai melokalisasi teknologi asing dan meningkatkannya dalam skala besar.

Sebagai contohnya, Kereta cepat dan energi nuklir. Ketika Beijing memutuskan untuk mengambil jalan inovasi teknologi dan membangun Kereta cepat Maglev pada akhir abad 20 di tahun 90-an, diakhiri dengan kegagalan.

Setelah memasuki tahun 2000, China mulai mengimpor kereta cepat dari luar negeri.  Secara bertahap mulai melokalisasi teknologinya.

Hingga saat ini, China telah membangun lebih banyak jalur kereta cepat dibanding semua negara lain di dunia. Melampaui dua pertiga dari total jarak tempuh kereta cepat di dunia. 25% dari kereta cepat yang beroperasi di China seluruhnya buatan lokal.

Dari perspektif lalu lintas penumpang, China menduduki urutan kedua setelah Jepang. Jepang memiliki 11 miliar perjalanan penumpang. Sedangkan, Tiongkok memiliki 7 miliar perjalanan penumpang. Akan Tetapi, total data Jepang adalah aliran penumpang Shinkansen selama 50 tahun. Sedangkan, total perjalanan penumpang China berasal dari 10 tahun terakhir.

Menurut data Bank Dunia, biaya pengendalian China sangatlah menakjubkan.Bila dibandingkan dengan kereta cepat Eropa, biaya China hanya 40% dari mereka. Ini adalah skala kemampuan untuk kereta cepat.

Di samping itu, Pembangkit listrik tenaga nuklir China sebenarnya mengambil jalur yang sama. Pembangkit listrik tenaga nuklir pertama yang dibangun di Tiongkok di tahun 1996 bersumber dari bantuan Perancis. Mitra Perancis mengajarkan pengalaman teknisnya. Atas fondasi ini, China telah menjadi negara nomor tiga di dunia dalam energi nuklir di 20 tahun terakhir.  

The Economist menyebutkan secara rinci, Ada dua jenis teknologi tenaga nuklir yang digunakan di China. Satu, didasarkan pada EPR yang dirancang Perancis. Yang kedua, berdasarkan pada AP1000 yang dirancang Amerika. Sekarang, China adalah satu-satunya negara yang dapat memproduksi kedua reaktor nuklir tersebut. Termasuk, teknologi tenaga nuklir buatan domestik. Namanya, Hualong One.

“Jadi, Apa keunggulan teknologi China dan mengapa kemampuan China untuk produksi berskala besar begitu kuat?”  

Jawabannya hanya satu, dukungan pemerintah Pusat Beijing. Begitu suatu teknologi diidentifikasi sebagai kebutuhan pembangunan nasional, pemerintah Pusat tidak akan ragu-ragu untuk mengimplementasikan proyek tersebut dengan investasi besar-besaran.

Dengan adanya dukungan pemerintah, para mitra akan merilis langkah-langkah untuk berinvestasi dalam R & D, peningkatan peralatan sehingga efisiensi produksi akan ikut meningkat. Faktor-faktor ini mendorong meluasnya penggunaan teknologi baru di China dengan efisiensi skala besar.

Ini adalah tingkat pertama tentang apa keunggulan teknologi China, dan kemampuannya untuk berkembang dengan pesat. Keunggulan teknologi China lainnya terletak pada rantai pasokan.

Sistem rantai pasokan komprehensif Tiongkok tidak tertandingi oleh negara mana pun di dunia. Di wilayah Delta Sungai Mutiara China propinsi Guangdong, Manufaktur mereka dapat memproduksi hampir semua jenis produk. Sebagai contohnya, Tesla yang mendapat manfaat dari rantai industri otomotif China yang mampu membangun pabrik di Shanghai dalam 10 bulan.

Misalnya lagi, DJI-perusahaan drone terbesar di dunia yang berbasis di Shenzhen. Selain konsep desain canggih, rantai pasokan terlengkap di Shenzhen adalah faktor pendukung terpenting.

Bahan utama pembuatan drone adalah serat karbon. Shenzhen adalah rajanya Manufaktur Alat pancing, raket tenis, dan raket bulutangkis. Bahan baku dari produk ini adalah serat karbon.

Seperti yang kita ketahui, Alat sensor sangatlah penting bagi drone. Alat-alat Sensor tersebut sangat mahal. Tetapi kemudian harganya turun drastis. Karena produksi smartphone mencapai klimaksnya. Dan semua ponsel Dunia di produksi di sini. Shenzhen.

Dengan Mengandalkan sistem rantai pasokan Shenzhen, DJI dapat mencapai produksi massal secara murah dan iterasi cepat. Pada akhirnya, DJI mengalahkan semua branding rival asing dan, menguasai lebih dari 70% pasar global.

Apa keunggulan teknologi China yang ketiga?

Karakteristik China dan skala besar China.

E-payment atau pembayaran seluler China bisa berkembang pesat, harus berterima kasih kepada kartu kredit. Karena kartu kredit di China kurang bisa diterima di China. Contoh lain, Teknologi pengenalan wajah atau facial recognition China dapat berjalan sangat cepat, berkat dukungan pemerintah China yang mementingkan keamanan publik dan jaminan sosial. Ini adalah ciri-ciri permintaan pasar dengan “karakteristik China”.

“Apa itu skala besar Tiongkok?”  

Pasar yang besar, dan ukuran pasar tenaga kerja China.

Ada satu perusahaan China bernama MBH. Nama yang mungkin agak asing bagi teman-teman di tanah air. MBH adalah perusahaan pelabelan data. Pekerjaan mereka khusus memberi label data yang perlu diproses oleh algoritma AI. Seperti pelabelan lanskap perkotaan untuk perusahaan Mobil otonom, dan perusahaan pengenal wajah untuk pembuatan tag wajah dll.

MBH sangat efisien dalam memproses tag data. Semua pemrosesannya hampir real-time. Misalnya, Tik Tok bekerja sama dengan MBH untuk mengidentifikasi gambar yang dianggap sebagai foto Porno. MBH akan membantu membedakannya secara akurat. Dari pengiriman gambar oleh Tik Tok ke MBH hingga umpan balik ke Tik Tok tidak sampai 1 detik.

“Bagaimana ini bisa terjadi?”  

MBH mempekerjakan lebih dari 300.000 karyawan penanda data di seluruh China. Setiap penanda data karyawan hanya bekerja 6 jam sehari. Mereka rata-rata mendapat 3.000 yuan sebulan. Atau sekitar 435 Dolar.

Apa keunggulan teknologi China
DJI bisa menguasai pasaran drone global berkat Rantai Pasokan China (Image: DPReview)

Namun, efisiensi MBH tidak sepenuhnya mengandalkan jumlah pekerja data. Sebaliknya, Mereka benar-benar menggunakan algoritma kecerdasan buatan untuk mengelola karyawan mereka. Melacak kinerja mereka. Dengan menggunakan algoritma menganalisis karyawan mana yang efektif dalam pekerjaannya.  

Banyak media Barat  mengatakan Bonus pasar tenaga kerja China telah menghilang karena populasi yang menua dan meningkatnya biaya tenaga kerja. Tapi contoh diatas menunjukkan ketika teknologi + algoritma muncul di pasar tenaga kerja, masih ada banyak peluang untuk peningkatan efisiensi produksi.

Selain tiga keunggulan China, apa kelemahannya?

Dukungan pemerintah Pusat, yang bersifat jangka panjang dan jangka pendek. Karena investasi pemerintah seringkali tidak murni berdasarkan nilai komersial. Pemerintah terkadang memiliki kecenderungan untuk “membiasakan diri dengan reputasi dan keuntungan”. Sehingga, cendrung mengarah pada pembuangan dana yang berlebihan ke perusahaan besar daripada ke perusahaan inovatif yang paling membutuhkan dana.

Selain itu, The Economist juga membahas perlindungan paten yang tidak memadai di Tiongkok. Namun, The Economist bukan berfokus pada sengketa paten antara perusahaan China dan asing. Mereka menunjukkan bahwa perlindungan paten yang tidak memadai sebenarnya tidak menguntungkan untuk startup kecil.  

Just like grandma says, analisis keunggulan teknis tidak hanya berfokus pada bidang teknis tertentu, tetapi harus fokus pada keunggulan suatu sistem. Keunggulan sistem China terletak pada teknologi baru dapat ditingkatkan dengan cepat, sistem rantai pasokan terlengkap dan komprehensif, ditambah dengan permintaan pasar dengan karakteristik China dan volume Raksasa. Faktor-faktor sistem ini menciptakan “kapasitas” yang sangat besar untuk teknologi baru di China.

Singkatnya, “Kemampuan koneksi jaringan” adalah keunggulan kompetitif. Apakah itu skala, rantai pasokan atau volume, pada dasarnya adalah daya saing yang terbentuk setelah koneksi jaringan.

“Sekarang pertanyaannya, apa koneksi jaringan negara kita?”

Advertisements

1 thought on “Apa keunggulan teknologi China

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: