Apa Prioritas CEO Startups

Apa Prioritas CEO Startups dalam menghadapi tantangan Teknologi dan Globalisasi. Secara global, dunia telah memasuki Era Revolusi Industri 4.0. Yang ditandai dengan integrasi fisika, digital dan bioteknologi. Banyak CEO yang memimpin perusahaan global besar percaya seiring dengan kemajuan teknologi, mereka juga menghadapi tantangan yang lebih besar.

Bill thomas, Presiden Global KPMG Internasional memberikan sarannya setelah berkomunikasi dengan lebih dari 1300 CEO di dunia. Dia percaya bahwa di masa depan, para CEO harus memberikan perhatian dan prioritas pada tiga hal berikut terhadap tantangan teknologi dan globalisasi.

Pertama, menerapkan digitalisasi menjadi gerakan reformasi dari level atas sampai ke bawah. Seluruh awak perusahaan. Para CEO perlu merangkul transformasi digital. Baik disukai atau tidak. Dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya. Saat ini, setiap perusahaan perlu mengembangkan strategi digital baru. Untuk memimpin transformasi di dunia persaingan digital.

Apa Prioritas CEO Startups

Tanpa latar belakang dan keahlian digital, sebagian besar CEO akan mengalami kesulitan memainkan peran kepemimpinan mereka.

Diantara 70% CEO dunia, percaya mereka perlu memimpin transformasi model bisnis yang berorientasi digital. Ini mengharuskan secara tidak langsung, para CEO untuk fokus pada kemampuan digital mereka. Mempelajari ketrampilan baru dan mengenali batasan pengetahuan mereka. Serta mencari penasehat terpercaya. Untuk membantu mereka membuat keputusan.

Saat ini, memahami dampak teknologi cloud, dan pengaruh kecerdasan buatan pada tim karyawan. Dan fondasi cybersecurity semakin menjadi bargain power bagi para CEO. Mereka menyadari tanggungjawab pribadi yang begitu besar.

Perlunya melindungi data pelanggan dan karyawan mereka. 60% diantara mereka sangat setuju tentang perlindungan data. Karena mereka tahu, apa yang bakal terjadi pada diri mereka begitu data-data hilang.

Hal kedua yang perlu diprioritaskan, menerobos hambatan geopolitik. Saat ini, salah satu masalah yang banyak dikhawatirkan oleh CEO global adalah perdagangan dan investasi internasional yang terancam oleh kerusuhan politik. Sehingga resiko geopolitik meningkat.

Mereka sangat jelas, betapa pentingnya mengasah pengetahuan politik global mereka. Ketrampilan. Atau lebih banyak kontak dengan politikus dan pemimpin masyarakat sipil. Dan yang tidak kalah pentingnya, adalah menjaga netralitas politik mereka.

Mereka semua sangat sensitif. Dan menyadari kebutuhan untuk membangun dan mempertahankan kepercayaan. Termasuk perlunya, memperkuat kepercayaan dengan para pemegang saham perusahaan. Hanya dengan cara-cara inilah dapat mengurangi ancaman yang ditimbulkan oleh hilangnya kepercayaan pada perusahaan yang dipimpinnya.

Ketiga, menemukan keseimbangan antara data dan intuisi. Thomas dan timnya menemukan paradoks digital yang aneh. Para CEO dan perusahaan yang dipimpinnya berinvestasi dalam jumlah besar. Yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam analisa data.

Apa Prioritas CEO Startups
Apa Prioritas CEO Startups (Image: Forbes)

Namun, 70% CEO mengakui bahwa dalam tiga tahun terakhir, mereka cuma mengandalkan intuisi mereka sendiri. Daripada wawasan berbasis data ketika membuat keputusan strategis. Lebih dari separuh CEO ini kurang percaya diri dalam keakuratan analisis prediksi data. Sebaliknya, mereka memiliki tingkat kepercayaan tertinggi terhadap sumber daya media sosial.

Just like grandma says, Apa Prioritas CEO Startups dalam menyeimbangkan Data dan Intuisi mereka. Para CEO Startups harus mengetahui bagaimana menggunakan analisis dan wawasan berbasis data dengan lebih baik. Demi membuat keputusan strategis dan operasional perusahaan mereka. Demi keberlangsungan perusahaan yang dipimpinnya.