Badai telah tiba Revolusi Industri 4.0

Badai telah tiba Revolusi Industri 4.0 perlu adaptasi dari industri keuangan dan pertanian kita. Karakteristik Utama Revolusi Industri keempat adalah, ia tidak mengubah apa yang kita lakukan, melainkan “mengubah diri kita sendiri.” 

Pertanyaannya, “Apakah konsep sifat manusia benar-benar harus berubah sekarang?” 

Pada tahun 1998, Kodak memiliki 170.000 karyawan, mendominasi 85% penjualan semua kertas foto di Dunia. Namun, beberapa tahun kemudian, Bisnis model  mereka menghilang dan akhirnya, bangkrut bisnisnya.

Badai telah tiba Revolusi Industri 4.0

Kamera Digital pertama lahir di tahun 1975. Batch pertama kamera digital saat itu hanya 10.000 pixel, dan Hukum Moore terus berkembang. Di banding salah satu Kamera Digital terbaik Dunia saat ini, Huawei P40 yang baru dirilis belum lama ini memiliki 52 Juta Pixel. Perkembangan teknologi secara eksponensial telah menjadi sangat baik dan mainstream. 

Dalam 10 tahun ke depan, banyak industri akan mengalami seperti apa yang terjadi pada Kodak. Sayangnya, kebanyakan orang masih belum menyadarinya. Badai telah tiba Revolusi Industri 4.0 dengan Teknologi seperti Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan buatan, perawatan Medis kesehatan, Mobil Otonom dan Mobil Listrik, Pendidikan, pencetakan 3D, pertanian, dan lain sebagainya. Semuanya ini telah memasuki kehidupan kita secara perlahan.

AI atau Kecerdasan buatan

Pemahaman komputer tentang dunia ini telah meningkat secara Eksponensial. Empat Tahun yang lalu, Mesin komputer Alpha Go dari DeepMind berhasil mengalahkan pemain catur GO terbaik dunia, Ke Jie dan Lee Sedol dari China dan Korea. Mesin Komputer dengan kemampuan tinggi Hadir 10 tahun lebih awal dari yang diperkirakan. Di Amerika Serikat, pengacara muda, Manajer Dana Reksa atau transaksi bursa saham sulit untuk menemukan pekerjaan lagi. Mereka mulai digantikan oleh Robot AI.

Terima kasih kepada Robot AI dari IBM, namanya “Watson.” Dengan kehadiran Watson, kita dapat memperoleh nasihat hukum dalam beberapa detik. Meskipun sejauh ini, masih berupa layanan hukum dasar. Tetapi tingkat akurasinya telah melampaui 90%, dibandingkan dengan kebenaran Layanan Manual sekitar 70%. 

Jadi, jika Anda atau anak Anda sedang belajar di Fakultas Hukum, mungkin sudah saatnya Anda berpikir dua kali. Di masa depan, sekitar 90% orang akan menjadi pengacara Generalis atau pengacara Biasa saja. Mereka akan mudah “Drop Out” dari pasaran. Karena  masyarakat hanya membutuhkan Pakar atau Ahli, bukannya pengacara Biasa. 

“Watson” juga telah membantu perawat Rumah Sakit mendiagnosis penderita kanker, dengan akurasi empat kali lebih tinggi daripada dokter manusia.

Smart Kamera CCTV di China dapat mengenali Wajah dan Nomor Plat Mobil Anda dalam 3 detik. Demikian pula halnya, Jejaring Sosial Facebook dapat mengenali wajah Pengguna yang jauh lebih baik daripada Mata Manusia.

Menurut Prediksi di tahun 2030, komputer akan menjadi lebih pintar daripada manusia. 

Mobil Otonom dan Mobil Listrik

Mobil Otonom atau Mobil Tanpa Pengemudi pertama kalinya dirilis pada tahun 2018. Sekitar tahun 2020 dan beberapa tahun kedepan, seluruh industri Mobil akan mulai mencuci kartu. Anda tidak perlu membeli mobil lagi pada saat itu. Anda hanya menggunakan Ponsel dan meng-klik Aplikasi, Mobil Otonom telah hadir dihadapan Anda. Secara otomatis akan mengantar Anda ke Bandara Soekarno-Hatta Terminal Tiga.

Anda tidak perlu memarkir mobil, Anda hanya perlu membayar biaya perjalanan lewat pembayaran eletronik atau Mata Uang Digital. Anda dapat mengerjakan banyak hal dalam mobil di saat Mobil Otonom mengantar Anak ke kantor. Atau, Anak-anak kita tidak perlu lagi menguji tes SIM atau memiliki mobil. Mobil Otonom akan mengubah setiap kota, karena di masa depan kita hanya perlu 5%-10 % jumlah mobil sekarang ini. Banyak Tempat parkir akan diubah menjadi taman rekreasi atau tempat bermain anak-anak. 

Disamping itu, Setiap tahunnya, total jumlah orang yang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas mencapai 1.2 juta. Atau, setiap 100 ribu km pasti ada satu kecelakaan. Namun Dengan munculnya Mobil Otonom, akan mengurangi kecelakaan lalu lintas menjadi satu kecelakaan per 10 juta km. Sehingga, setiap tahunnya dapat menyelematkan nyawa lebih dari satu juta orang.

Mobil Listrik perlahan menjadi arus utama sekitar tahun 2020 di China. Sehingga nantinya, Kota-kota akan menjadi lebih bersih, dan tidak berisik. Sebagian perusahaan mobil tradisional mungkin akan bangkrut. Perusahaan teknologi Raksasa seperti Tesla, Apple, Google maupun Baidu  menggunakan metode revolusioner dengan membangun smart komputer di atas roda sebagai kendaraan yang lebih aman.

Ada beberapa teman Saya di perusahaan Mobil tradisional, mereka sangat takut pada Mobil Listrik dan Mobil Otonom Tesla. Perusahaan asuransi akan terjebak dalam masalah besar. Karena jarangnya kecelakaan, menyebabkan premi asuransi mungkin akan jatuh sampai 1% dikemudian hari. Bahkan, sangat berkemungkinan bisnis model asuransi mobil mereka akan lenyap. 

Harga Nilai real estate akan berubah berdasarkan faktor-faktor seperti kedekatan dengan tempat kerja atau sekolah. Karena jika nantinya kita dapat bekerja secara efektif di mana saja, atau bahkan jika kita juga bisa produktif dalam perjalanan ke kantor, Maka orang-orang akan pindah keluar kota, dan memilih tinggal di daerah pedesaan dengan udara segar.

Pengembangan produksi energi surya telah berjalan 30 tahun. Tetapi baru mulai menampilkan Efisiensinya dalam beberapa tahun terakhir. Semakin banyak Energi Surya mulai dipasang dalam satu dekade ini. Jauh melebihi energi minyak bumi. Alhasilnya, Harga energi matahari akan turun cepat. Hingga pada tahun 2025, mungkin hampir semua perusahaan tambang batubara akan ditutup.

Rantai Pasokan air

Dengan listrik yang semakin murah, air juga menjadi murah dan berlimpah. Setiap meter kubik desalinasi air laut sekarang hanya membutuhkan 2 kilowatt jam.

Kita mungkin tidak kekurangan sumber daya air di banyak tempat, tetapi kita akan  kekurangan air minum. Jika setiap orang dapat memiliki air bersih sebanyak mungkin dengan hampir tanpa biaya, bayangkan apa yang mungkin terjadi!

Bidang Medis kesehatan

Qualcomm Tricorder X, perangkat medis yang bekerja dengan ponsel untuk merekam pemindaian retina, sampel darah dan napas Anda. Qualcomm Tricorder X dapat menganalisis 54 biomarker Anda, sehingga dapat mendeteksi hampir semua penyakit dalam diri Anda. Pemindai Medis ini akan menjadi semakin murah. Jadi dalam beberapa tahun ke depan, sebagian besar orang di planet ini akan memiliki akses ke obat-obatan kelas dunia dengan harga ekonomis.

Pencetakan 3D 

Dalam 10 tahun mendatang, peralatan 3D Printing termurah akan jatuh dari harga USD18.000 sampai nantinya USD400 per unit. Pada saat yang sama, kecepatan pencetakan 3D diperkirakan akan meningkat 100 kali. Semua perusahaan besar sepatu mulai beralih menggunakan produk-produk percetakan 3D Sepatu. 

Pada akhir tahun ini, smartphone baru mungkin akan memiliki Fitur pemindaian 3D. Anda kemudian dapat memindai kaki Anda dalam bentuk tiga dimensi, dan mencetak sepatu Anda sendiri di rumah. Menurut prediksi memasuki tahun 2027, 10 % dari semua produk Dunia akan diproduksi oleh pencetakan 3D .

Konten pekerjaan

Dalam 20 tahun ke depan, mungkin sekitar 70%-80 % dari posisi pekerjaan akan menghilang. Namun, sebaliknya juga Akan muncul banyak jenis pekerjaan baru terutama dalam bidang layanan jasa dan sektor Kreatif.

Bidang Pertanian

Di masa depan, Akan ada banyak robot petani seharga USD100. Pada saat itu, petani di negara-negara dunia ketiga dapat menjadi manajer dalam produk pertanian mereka sendiri. Mereka tidak perlu bekerja sepanjang hari di lahan sawah.

Sistem Aeroponik, budidaya tanaman sayur atau cara bercocok tanam di udara tanpa mengunakan tanah, membutuhkan lebih sedikit air. Sehingga, harga daging akan lebih murah daripada daging sapi yang diproduksi oleh sapi perah pada tahun 2018. 

Sampai Saat ini, 30 % dari semua produk pertanian yang diproduksi di tanah digunakan untuk peternakan.

Aplikasi Ponsel

Sekarang ini Sudah ada aplikasi bernama “Moodies”, yang dapat memberi tahu Anda perasaan Anda saat ini. Bahkan mulai ada aplikasi dengan melalui ekspresi wajah dapat  menentukan apakah seseorang lagi berbohong. Bayangkan kalau digunakan dalam perdebatan calon presiden AS tahun ini, kita bisa tahu apakah Donald Trump berkata sejujurnya atau sebaliknya.

Badai telah tiba Revolusi Industri 4.0
Badai telah tiba Revolusi Industri 4.0 (Image: Forbes)

Hidup yang lebih panjang

Saat ini, rata-rata Hidup seseorang bertambah 3 bulan per tahun. Empat tahun lalu orang dengan usia 84 tahun, sekarang menjadi 85 tahun. Panjangnya kehidupan manusia terus meningkat. Sampai pada tahun 2036, kepanjangan hidup manusia akan bertambah satu tahun ke atas setiap tahunnya. Jadi, kemungkinan untuk hidup lebih dari 100 tahun bukan lagi impian.

Sektor Pendidikan

Smartphone termurah yang dijual di Afrika atau Asia telah mencapai sekitar USD30 per unit. Pada tahun 2020, 70% manusia di dunia akan memiliki smartphone. Ini berarti setiap orang memiliki banyak cara yang sama untuk memperoleh pendidikan kelas dunia. 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.