Bagaimana ekosistem memenangkan persaingan bisnis dimasa depan

Bagaimana ekosistem memenangkan persaingan bisnis dimasa depan telah menjadi perhatian para perusahaan Digital. Misalnya, perusahaan Raksasa E-commerce China Alibaba mengakuisisi perusahaan takeaway Eleme dengan nilai 9,5 Dolar miliar ditahun 2018.

Dengan adanya ekosistem, pelaku pasar memiliki kemampuan untuk mendominasi dan memenuhi kebutuhan utama para pelanggan. Baik perusahaan Digital maupun perusahaan tradisional mulai sadar untuk mengubah bisnis model mereka agar bisa menang bersaing dalam pasar global yang semakin ketat.

Data dari pihak pertama dan pihak kedua merupakan kunci keberhasilan dalam membangun ekosistem Digital.

Bagaimana ekosistem memenangkan persaingan bisnis dimasa depan

Dalam sebuah wawancara dengan Majalah Caijing, CEO baru Wang Lei mengatakan alasan Alibaba mengakuisisi Eleme.

Pertama, kehidupan setempat merupakan pintu masuk yang sangat penting bagi Alibaba. Dari E-commerce fisik, E-commerce digital konten hingga E-commerce layanan lokal semuanya harus diintegrasikan.

Kedua, sistem pengiriman instan yang dikembangkan oleh perusahaan takeaway adalah infrastruktur inti untuk ritel baru Alibaba.  Ketiga, Bisnis Takeaway dan kehidupan setempat mendominasi Skenario E-Payment dengan frekuensi tinggi. Tiga poin ini sebenarnya merupakan alasan mengapa raksasa internet lain seperti Tencent segera berinvestasi di lawannya Eleme, Meituan.

Ketika ditanya tentang kompetisi dengan Meituan, Wang Lei mengatakan bahwa sebelum diakuisisi, kompetisi dengan Meituan ibaratnya mereka harus berdiri di lantai Dasar melawan kompetitor di lantai Dua. Namun, setelah bergabung dengan Alibaba, mereka sekarang bisa langsung naik sampai ke lantai enam untuk bersaing dengan Meituan.

Misalnya lagi, persaingan Utama di kota-kota tingkat ketiga dan keempat, seorang pelanggan Eleme paling tidak adalah pengguna Alipay atau pengguna ponsel Taobao. Ini adalah efek sinergi Win-Win pengguna Alibaba dan Eleme setelah menjadi satu.

Sebagai contoh lainnya, pada saat Piala Dunia yang lalu, Youku (youtube nya China yang di akuisisi Alibaba) memiliki hak untuk menyiarkan Piala Dunia di China. Para pengguna Eleme dapat menonton Piala Dunia di Youku channel secara gratis.

Bagaimana ekosistem memenangkan persaingan bisnis dimasa depan
Ekosistem adalah persaingan utama antara perusahaan di masa depan (Image: Pandaily)

Wang Lei mempunyai tujuan untuk menguasai 50% pangsa pasar takeaway seluruh China. Namun, Bagaimana ekosistem memenangkan persaingan bisnis dimasa depan atau kompetisi sistem ekologis bukan lagi bisnis sederhana membakar uang. Mereka perlu secara nyata merebut pangsa pasar dan membangun logistik mereka sendiri.

Wang Lei memasukkan konsep ekosistem Alibaba kedalam Eleme. Di dalam ekosistem Alibaba banyak perusahaan raksasa juga. Seperti perusahaan yang beroperasi atas nama E-commerce, perusahaan yang melakukan logistik gudang, dan perusahaan yang menerapkan solusi pemasaran atau Marketing.  

Namun, sistem ekologis serupa di sekitar industri katering belum muncul.  Karena Keduanya sibuk berkelahi sebelumnya. Mereka jarang memikirkan tentang keseluruhan ekologi.  

Just like grandma says, Hal penting yang harus dia pertimbangkan sekarang adalah, “hal mana saja yang perlu dilakukannya sendiri dan hal mana bisa diserahkan kepada orang lain”. Ini adalah persaingan antara bisnis platform. Perlombaan Antara Ekosistem perusahaan Raksasa. Bagaimana ekosistem memenangkan persaingan bisnis dimasa depan atau di mana batasannya adalah hal yang patut dipikirkannya. Karena tidak ada orang yang bisa melakukan segalanya.

Advertisements
Categories: Bagaimana ekosistem memenangkan persaingan bisnis dimasa depan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: