Bagaimana menciptakan desa Taobao

Bagaimana menciptakan desa Taobao adalah study tour World Bank Indonesia, Kementerian Desa, Bappenas dan tim bersangkutan di Hebei-China beberapa hari ini. Bu Zhou Yongmei, Team Leader dari World Bank Jakarta menginisiatif kunjungan ini. Semoga pembelajaran perjalanan ini bisa menjadi referensi Indonesia dalam membangun usaha UMKM di desa-desa kita.

Dengan perkembangan e-commerce di China, sejumlah desa Taobao profesional telah muncul di daerah pedesaan propinsi Zhejiang, Guangdong, Jiangsu dan tempat-tempat lain.

Desa Taobao mengacu pada desa di mana jumlah toko online aktif lebih dari 10% dari jumlah rumah tangga desa setempat. Nilai transaksi tahunan e-commerce mencapai lebih dari 10 juta yuan atau sekitar 1.5 juta dolar. Pada tahun 2013, Alibaba merilis 20 desa Taobao Tiongkok. Hanya satu tahun kemudian, jumlah ini menjadi 211 desa.

Mulai tahun 2009, hanya dalam 5 tahun Desa Taobao telah melalui beberapa tahap seperti kecambah, pertumbuhan, dan replikasi skala besar. Pada tahun 2014, Desa Taobao memasuki periode perkembangan terpesat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Berdasarkan Data Alibaba Research Institute, perkembangan Desa Taobao telah mencapai 211 desa Taobao di seluruh negeri.

Desa-desa Taobao ini terletak di 10 provinsi dan kota seperti Fujian, Guangdong dan Hebei. Diantaranya, 62 di Zhejiang, 54 di Guangdong, 28 di Fujian, 25 di Hebei, dan 25 di Jiangsu. Jumlah desa Taobao ini menyumbang lebih dari 90% seluruh Tiongkok.  Desa Taobao muncul pertama kalinya di bagian Barat Tengah Tiongkok. Dua Desa Taobao dari Kabupaten Yi-Provinsi Sichuan, dan satu Desa Taobao masing-masing dari Henan dan Hubei.

Bagaimana menciptakan desa Taobao

Pada tahun 2014, 211 desa Taobao di seluruh Tiongkok, ada 70.000 penjual aktif online. Mempekerjakan Lebih dari 280.000 orang secara langsung. Desa Taobao sedang memasuki “era kemakmuran besar.” Dari tiga desa Taobao pertama, hingga 20 desa yang memasuki cakrawala statistik pada 2013, dan lebih dari 200 desa di 2014, Desa Taobao telah menjadi kepompong dan kupu-kupu. Menjadi ekonomi baru yang berpengaruh pada pembangunan ekonomi pedesaan China.  

Pada 2017, Alibaba telah membentuk total 2118 desa Taobao (Taobao Village) dan 243 kota Taobao (Taobao Town). Penjualan desa-desa Taobao ini pada platform ritel Alibaba melampaui 120 miliar yuan atau sekitar 18 miliar dolar. Memecahkan rekor tertinggi.  

Pada tahun 2018, 3202 desa Taobao terbentuk di seluruh Tiongkok. Meningkat 51% dari tahun ke tahun. Penjualan tahunan desa-desa Taobao ini pada platform ritel Alibaba melebihi 220 miliar yuan atau sekitar 32 miliar dolar. Pada tahun yang sama, jumlah kota Taobao secara nasional mencapai 363. Peningkatan hampir 50%.

Kriteria “Desa Taobao”: (1)lokasi bisnis: di daerah pedesaan. Desa administratif sebagai satu unit (2)skala penjualan: penjualan e-commerce tahunan mencapai 10 juta yuan atau sekitar 1.5 juta dolar (3)skala bisnis online: jumlah toko online aktif di desa mencapai 100 toko. Atau jumlah toko online aktif mencapai 10% dari jumlah rumah tangga desa setempat.

Sedangkan, untuk bisa masuk kriteria “Kota Taobao”: Ada 3 atau lebih Desa Taobao di dalam sebuah kota.

Desa dan kota adalah unit administrasi dasar. Dan merupakan unit dasar pembangunan sosial dan ekonomi suatu negara. Mereka adalah sel ekonomi. Bagaimana menciptakan desa Taobao sehingga membuat desa dan kota mengerahkan potensi besar mereka dibutuhkan keberanian dan kegigihan pemerintah. Desa Taobao bisa menarik orang muda untuk tidak kekota lagi. Sehingga, bisa menjaga orangtua, istri dan anak.

Dengan adanya Desa Taobao telah drastis menurunkan tingkat perceraian dan anak terlantar. Karena, ketika orang muda harus ke kota bekerja mencari nafkah, mereka harus meninggalkan anak dan istri. Ketika waktu senggang terlalu banyak bagi istri untuk berhadapan dengan mertua, jelas akan menyebabkan pertengkaran menantu dan mertua. Akibatnya, terjadilah perceraian.

Sekarang, Alibaba telah Menciptakan desa Taobao yang membantu meningkatkan pendapatan penduduk desa setempat. Desa bertumbuh cepat tidak hanya penting secara ekonomi, tetapi juga penting secara sosial.

Pengembangan Desa Taobao di seluruh jaringan, dukungan pemerintah adalah prasyarat Mutlak. Tanpa dukungan dan dorongan pemerintah, membangun Desa Taobao hanyalah impian. Hanyalah kata-kata kosong. Pemerintah harus memberikan dukungan menyeluruh. Misalnya semua aspek pelatihan personel, layanan berkualitas, perencanaan industri, bimbingan budaya, dan jaminan kelembagaan.

Pelatihan talenta berkualitas tinggi dalam industri e-commerce

Pertama, luncurkan pelatihan pengantar e-commerce. Bagi Setiap penduduk lokal yang tertarik untuk berpartisipasi dalam pelatihan dapat mendaftar secara gratis. Pelatihan utama adalah bagaimana membuka toko online Taobao, cara menghias, cara menempatkan produk di rak dan operasi dasar lainnya. Waktu pelatihan e-commerce harus fleksibel. Dibagi menjadi kelas pagi, siang, malam, dan akhir pekan. Konten pengajaran harus jelas dan spesifik. Dan harus benar-benar dapat dioperasikan. Bukannya sekedar slogan.

Kedua, pelatihan kelas peningkatan e-commerce. Kelas ini diperuntukkan bagi penjual Taobao dengan fondasi tertentu. Tujuannya untuk memecahkan masalah bagaimana membuka toko yang bagus. Konten pengajaran meliputi bagaimana menggunakan Taobao Store. Bagaimana melakukan seni dan desain yang baik. Dan memperkenalkan universitas serta perusahaan e-commerce untuk memberikan kesempatan berlatih bagi siswa.

Ketiga, melakukan pelatihan e-commerce dengan dunia luar. Saat ini, Taobao telah membuka jalur untuk melakukan bisnis dengan negara lain secara online. Oleh karena itu, desa Taobao harus meningkatkan kualitas bisnis dengan pembeli di luar negeri. Desa Taobao dapat bekerja sama dengan perguruan tinggi dan universitas-universitas untuk melakukan pelatihan pembukaan toko bagi orang luar negeri. Sehingga, produk spesialisasi lokal dapat dijual ke luar negeri.

Pengembangan layanan berkualitas tinggi dan dukungan kebijakan pemerintah.  

Misalnya, pembentukan asosiasi e-commerce. Bertugas mengoordinasikan hubungan antara pemilik. Pembentukan sistem dukungan keuangan dimaksudkan supaya penjual bebas dari kekhawatiran. Penciptaan logistik dan pusat ekspres untuk memudahkan barang orderan mengalir tanpa hambatan. Penyediaan layanan jaringan cepat untuk mempermudah aktivitas penjual dalam memasukkan stok barang lewat Internet tanpa khawatir. Meningkatkan Fasilitas perumahan terkait dll.

Pertama, Karena kecilnya wilayah Desa Taobao dan terbatasnya produk khusus lokal, menyebabkan penyediaan produk yang homogen. Sehingga, mudah terjadi persaingan internal sendiri. Tidak kondusif untuk pengembangan desa bersama. Dalam hal ini, Asosiasi E-commerce akan berperan penting.  

Dengan adanya asosiasi e-commerce dan komunikasi rutin, bisa mengoordinasikan kategori produk dari tiap-tiap toko untuk menghindari bentrokan. Sebagai contoh, asosiasi dan perusahaan kurir. Karena banyaknya toko dan pengiriman harian berskala besar, biaya kurir dapat diturunkan. Asosiasi E-commere dapat berkomunikasi dengan penjual dan departemen pemerintah terkait kepentingan penjual, mengumpulkan informasi pasar, menyediakan layanan pengikatan untuk pengembangan Desa Taobao. Sehingga, penjual dapat lebih berfokus pada pengoperasian toko dengan baik.

Di samping itu, Dukungan Moneter dari berbagai lembaga keuangan untuk mendukung pengembangan Desa Taobao sangatlah penting. Memberikan pinjaman kepada pemilik toko Taobao dengan serangkaian kebijakan pendanaan.

Setiap tahun, Alibaba mengadakan kompetisi kewirausahaan Taobao untuk mencari tim dan proyek berpotensi besar. Taobao akan memberikan bonus tinggi bagi para pemenang dan peluang untuk meningkatkan pelatihan diluar. Pada tahap awal Bagaimana menciptakan desa Taobao, pemerintah harus memainkan peran sebagai perawat, menyediakan susu dan gizi yang cukup supaya pemilik toko dapat berkembang cepat.

Bagaimana menciptakan desa Taobao
Bagaimana menciptakan desa Taobao

Membina pusat kurir sebagai pedagang daring. Kurir adalah inti dan nyawa. Dan waktu adalah uang. Kecepatan pengiriman ekspres terkait dengan kualitas layanan toko-toko Taobao. Membangun pusat kurir, menambah jumlah perusahaan kurir, dan mengatur pusat kurir harus berpusat pada area transportasi yang nyaman. Nyaman bagi operator toko Taobao untuk mengirim dan mengambil barang. Oleh karena itu, pembentukan Desa Taobao yang terbaik adalah memilih Area di samping atau di pinggir jalan tol. Memudahkan untuk memfasilitasi sirkulasi orang, properti, dan barang dengan waktu singkat.

Pesatnya pembangunan Desa Taobao dengan fasilitas pendukung yang lengkap akan mengubah desa menjadi kota. Jadi nantinya tidak hanya menyelesaikan masalah ketenagakerjaan penduduk lokal, tetapi juga menarik lebih banyak orang luar untuk bergabung.  

Pemerintah harus mempertimbangkan kebutuhan orang-orang ini. Seperti makan, tinggal, transportasi dan belanja. Membangun komunitas persewaan umum di Desa Taobao, menyediakan rumah sewa murah, fasilitas tempat tinggal yang lengkap, mendirikan bank, taman kanak-kanak, sekolah dasar, supermarket, taman dll.

Perkembangan pesat Desa Taobao tidak dapat terlepas dari perencanaan dan kepemimpinan pemerintah. Misalnya perencanaan produk, perencanaan jalan desa Taobao, perencanaan fasilitas pendukung, perencanaan arah pengembangan industri masa depan, perencanaan rantai industri dll harus dilakukan oleh pemerintah dengan cepat dan efisien.

Terakhir, promosi budaya dengan menggunakan media tradisional seperti televisi, radio, iklan dan internet. Taobao Avenue harus mengadopsi tanda-tanda iklan terpadu untuk meningkatkan penampilan desa. Kesan sebagai Desa e-commerce.

Mengadakan acara berskala besar-besaran di alun-alun terutama Pada Setiap hari raya besar seperti Hari Perempuan, Hari Buruh, Hari Anak, Hari Nasional, Hari Jomblo Double 11, Hari Tahun Baru, Festival Imlek Musim Semi dan sebagainya. Sehingga, konsep e-commerce berakar dalam pikiran masyarakat. Pada akhirnya budaya akan memimpin masa depan.

Just like grandma says, bagaimana menciptakan desa Taobao adalah suatu proyek besar yang tidak mudah. Namum, Pengembangan Desa Taobao akan mendorong kota-kota dan desa-desa sekitarnya menjadi kaya bersama.

Advertisements
Categories: Bagaimana menciptakan desa taobao

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: