Bagaimana Tencent membangun Kekaisarannya

Bagaimana Tencent membangun Kekaisarannya terutama industri Gaming. Baru-baru ini, Tencent mulai menonjolkan konsep “Neo-Culture Creativity atau penciptaan budaya baru Kreatif”, strategi yang mulai difokuskan Tencent pada 2018. Setiap kali Tencent membuat laporan keuangan Tahunan, banyak orang selalu ingin tahu bagaimana prestasi sektor baru Strategi Budaya dan Kreatif ini.

Konsep Budaya Baru Kreatif, memiliki arti “Di era baru, metode produksi budaya dengan konstruksi IP sebagai inti.” Artinya, Memberikan ” konten + jejaring sosial ” untuk bermain peranan penuh meningkatkan nilai pertumbuhan Intellectual Property (IP).

“Apa maksudnya?”

Bagi yang memahami jalur pengembangan Game Tencent, mungkin lebih mudah mendapatkan pemahaman. Sebenarnya, Parit atau perisai pelindung Game Tencent bukanlah “Traffic atau lalu lintas internet”, melainkan Game Online Gratis sebagai model bisnis yang lebih maju”. 

Bagaimana Tencent membangun Kekaisarannya

Banyak orang yang kurang mengerti Tencent akan mengatakan bahwa Tencent pada dasarnya adalah ” perusahaan Game “. Ambil contoh laporan keuangan terbaru Tencent.  Pada kuartal Pertama 2020, pendapatan Gaming Tencent menyumbang 35% dari seluruh pendapatan perusahaan .            

Banyak orang percaya alasan utama di balik kesuksesan Game Tencent adalah karena lalu lintas Tencent yang sangat besar, memberikan titik awal alami ketika bersaing dengan produsen game lainnya. Itulah sebabnya, sekarang ada sebagian orang tidak begitu optimis tentang game Tencent. 

Karena, perusahaan seperti Toutiao dari Bytedance (pemilik Tik Tok) sebuah Startup dengan nilai Valuasi terbesar di Dunia, atau Kuaishou mengejar cepat dibelakang Tencent. Jika Toutiao berencana melakukan Bisnis Game di masa depan, apakah status Tencent akan tertantang? 

Dengan kata lain, pandangan ini menyatakan bahwa lalu lintas internet adalah Perisai Pelindung untuk Game Tencent.     

Sebenarnya, ada banyak perusahaan Raksasa internet di China yang memiliki banyak Lalu Lintas internet dibanding Tencent. Baidu, Mesin pencari (Google nya China) misalnya, adalah pintu masuk bagi orang China untuk mencari online. Contoh lain adalah Weibo (Twitter nya China), yang pernah menjadi platform sosial terbesar di China. Bahkan situs video iQiyi (Netflix nya China) dan Youku, juga memiliki Lalu lintas internet yang sangat besar.

Game adalah industri dengan margin kotor sangat tinggi di China, sehingga semua platform dengan lalu lintas tinggi selalu berusaha mencoba Bisnis Game. Namun, Penghasilan mereka jauh dari memuaskan. Alasan spesifik di balik ini mungkin berbeda untuk masing-masing perusahaan. Tetapi setidaknya satu hal yang sama adalah memiliki Traffic lalu lintas yang tinggi tidak menjamin keberhasilan dalam Bisnis Game.

Jadi, mengapa Tencent dapat berhasil melakukannya? Apa Rahasia kesuksesan mereka?

Alasan pertama adalah jejaring sosial Tencent. Misalnya, Banyak orang selesai makan siang atau ingin istirahat sebentar, mereka kebanyakan akan bermain “Strike of Kings” Tencent atau “PUBG Mobile”. Ini karena Game seluler Tencent dan perangkat sosial seperti WeChat dan QQ saling terhubungkan, menjadikan bermain Game dengan teman dekat adalah cara sosial yang modis. Atribut sosial ini meningkatkan Viskositas Game Tencent.       

Alasan kedua terkait dengan Genre Game Tencent. Game Tencent memiliki satu kesamaan, yaitu mereka adalah jenis Game dengan DAU tinggi sehari-hari. Mereka akan bermain setiap hari, sehingga penggunanya sangat lengket. Pada dasarnya, pengguna hanya memainkan satu Genre Game. Mereka tidak akan memainkan Game genre lain. Oleh karena itu, jenis Game yang dipilih oleh Tencent pada dasarnya bersifat melekat. 

Dalam lintasan Game dengan DAU tinggi, Tencent pasti akan menang dan dapat bersaing. Seperti game MOBA, Tencent memiliki “Strike of Kings” dan “League of Legends”; PUBG Mobile dan “Fortress Night”, ataupun First Person Shooter (FPS) Game, Tencent memiliki “Cross Fire” dan “Mission Call”.    

Yang mengerikan adalah bahwa dalam kategori Game diatas, pangsa pasar Tencent telah mencapai lebih dari 95% seluruh China. Developer Game lainnya yang berharap berbagi semangkuk sup di pasar-pasar ini, ibarat mengambil daging dari mulut harimau.    

Alasan penting mengapa bisnis Game Tencent begitu kuat adalah bahwa Tencent mengadopsi strategi Game live + sosialisasi. Begitu Tencent memastikan trek balapannya, Mereka akan berinvestasi besar-besaran dalam sumber daya bersangkutan.    

Namun, Tencent tidak puas dengan langkah ini. Dalam beberapa tahun terakhir, bisnis Game Tencent memiliki beberapa tren baru yang menarik. Ketika melihat Bisnis Game Tencent, kita tidak boleh memperlakukannya sebagai Game biasa, tetapi harus menggunakan “Disney” sebagai patokan. .    

Game Tencent dan Disney memiliki arah strategis yang sama, mereka semua harus mulai dari hulu produksi konten, dan menggenggam seluruh rantai di tangan mereka.  

Bisnis model Disney berbentuk “IP” dari film animasi aslinya, seperti Mickey Mouse, Donald Duck, Winnie the Pooh. Beberapa IP lainnya berasal dari penambangan cerita klasik, seperti Snow White, Mulan. IP lainnya berasal dari hasil Akuisisi, seperti Akuisisi IP yang telah sangat matang misalnya Marvel .                

Disney terus mengoperasikan IP ini dan senantiasa meningkatkan nilainya. Misalnya, membuat ulang IP lama dengan teknologi terbaru, atau mengoperasikan Disneyland untuk melakukan hal-hal ini. Sehingga, terus memperkuat kesan audiens tentang Disney IP.         

Disney juga telah melakukan satu hal penting dalam beberapa tahun terakhir, yaitu menguasai saluran yang dapat mempromosikan IP nya. Misalnya, Disney mengakuisisi banyak saluran TV, mendirikan platform streaming Disney + sendiri, termasuk mengendalikan situs web video Amerika “Hulu”. 

Tindakan ini untuk mengendalikan semua saluran yang dapat menjangkau para pengguna di tangan mereka sendiri.  Jika bukan karena UU anti-monopoli Amerika Serikat, Disney mungkin akan membangun jalur sinemanya sendiri, sehingga bisa mencapai cakupan penuh dari produksi IP hingga menonton offline di Bioskop.                  

Gaya permainan ini, pada kenyataannya disebut “Rantai Pertumbuhan nilai IP secara keseluruhan. ”    

Bila Melihat bisnis Game Tencent dari perspektif ini, kita akan menemukan bahwa Tencent juga telah melakukan hal yang sama dalam beberapa tahun terakhir. Mereka tidak hanya melakukan pengembangan game, tetapi industri Game dari IP hulu ke distribusi paling hilir, seluruh Rantai IP. 

Berkaitan dengan IP paling hulu, Pertama, Tencent mengendalikan China Literature Group, dan memonopoli sebagian besar IP novel. Tencent juga berinvestasi di sebagian besar perusahaan Komik lini pertama, sehingga menggenggam sebagian besar IP Komik berkualitas tinggi .       

Seperti yang kita ketahui, komik dan novel adalah sumber atau tempat kelahiran IP terkenal. Karena ambang biaya penciptaan yang relatif rendah. Sebaliknya, Game yang dikembangkan dari Novel atau Komik terkenal yang telah memiliki banyak penggemar, menjadikan garis start akan lebih tinggi.      

Dalam hal pengembangan Game, Tencent tidak hanya memiliki studio sendiri, seperti Tianmei-Developer Game “Strike of the kings” yang telah tercatat dalam “Guinness World Record sebagai Game seluler pendapatan terbesar Dunia. Tencent juga mengakuisisi atau berinvestasi di perusahaan pengembangan Game asing yang berkualitas tinggi. Misalnya, Supercell, Activision Blizzard, Ubisoft, dll.   

Dalam konsumsi dan distribusi Game hilir, Tencent adalah pemegang saham utama perusahaan Huya, Kuaishou, dan Bilibili (Youtube nya China). Ini setara dengan semua layanan Game telah di Monopoli oleh Tencent.  

“Lalu, Apa manfaat yang di dapat Tencent untuk Rantai yang sangat panjang seperti ini?”

Sebagai Analogi, sebuah perusahaan penambang minyak. Jika seluruh proses dari ekstraksi minyak ke kilang dan pompa bensin di mana minyak diproses dan digunakan, maupun dikendalikan oleh satu perusahaan ini, tentu saja perusahaan ini dapat memperoleh keuntungan minyak paling maksimal.

Atau Jika Anda menggunakan Disney sebagai analogi, apa yang dilakukan Tencent Games sekarang sebenarnya adalah ibarat Disney Online. Tencent memegang banyak IP terbaik di tangannya, dan kemudian mengembangkan IP ini dengan berbagai cara untuk mendapatkan manfaat paling maksimal. 

Sebenarnya, Tencent memiliki keunggulan lebih banyak dibandingkan Disney. Biaya pengoperasian Game Tencent jauh lebih rendah. Seandainya, Tencent dapat membangun Disney Online sendiri, Tencent akan lebih mengesankan Para investor daripada Disney dalam hal pengembalian investasi atau ROI.        

Bagaimana Tencent membangun Kekaisarannya
Bagaimana Tencent membangun Kekaisarannya dengan “Neo-Cultural Creativity” (Image: Sohu)

Jadi, kalau kita melihat ” budaya baru kreatif Tencent” , kita akan segera mengerti Bagaimana Tencent membangun Kekaisarannya. Bisnis Game Tencent setara dengan membuat Disney Online yang lebih kecil. Sedangkan, berdasarkan Fondasi “Budaya baru Kreatif” ini, Tencent mempunyai ambisi yang lebih besar untuk menciptakan Disney Online yang jauh lebih besar.                          

Just like grandma says, Bagaimana Tencent membangun Kekaisarannya, kita selalu berasosiasi dengan Parit atau perisai pelindung. Perisai pelindung yang lebar memang sangat penting. Akan tetapi yang lebih penting adalah bisakah kita berdiri di atas Hulu perisai pelindung. Jika tidak, begitu orang lain memotong sumber air Anda, maka perisai pelindung Anda akan mengering segera, tidak peduli selebar apapun perisai pelindung yang telah Anda bangun.