Advertisements

Belajar Artificial Intelligence untuk pemula

Bagaimana secara sistematik belajar Artificial Intelligence untuk pemula adalah hal yang sangat penting. AI atau kecerdasan buatan telah berumur lebih dari setengah abad. Istilah AI pertama kali dikemukakan di tahun 1956. Tepatnya, di Konferensi Darthmouth. Sejak saat itu, AI terus dikembangkan. Berbagai penelitian tentang teori dan prinsipnya juga terus diperdalami. Meskipun AI baru muncul tahun 1956, tetapi sebenarnya, teori-teori yang mengarah ke AI sudah muncul sejak tahun 1941.

Sampai saat ini telah banyak ilmuwan yang berpartisipasi dalam AI. Tetapi pengembangan masih dalam tahap primer. Masih banyak masalah yang perlu diatasi. Khususnya, talenta untuk level menengah ke atas.

Tips belajar Artificial Intelligence untuk pemula

Berikut adalah beberapa tips belajar AI secara santai dan sistematik untuk pemula. Santai bukan berarti tidak serius. Tetapi secara singkat dan sistematik. Perlu pengetahuan dasar yang kuat. Di sisi lain, AI perlu praktek khusus dan proyek nyata. Misalnya penelitian masalah. Karena banyak arah di bidang ini masih perlu ditingkatkan.

Jadi untuk pemula, memilih arah yang tepat. Dan menyelesaikan entri adalah pilihan yang lebih realistis. Misalnya pertama, bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman adalah salah satu isi dasar dari pembelaran kecerdasan buatan. Hanya dengan menguasai bahasa pemrograman baru dapat menyelesaikan serangkaian percobaan khusus. Terutama Bahasa Python.

Alasannya simpel. Karena python mudah dipelajari. Dan lingkungan eksperimental juga mudah di bangun. Di sisi lainnya, bahasa python memiliki dukungan perpustakaan yang banyak. Saat ini, bahasa python telah banyak dipraktekkan dalam berbagai aplikasi AI. Termasuk pembelajaran mesin atau Machine learning. Pemrosesan bahasa alami. Dan visi komputer.

Kedua, dasar desain algoritma. Saat ini, semua konten penelitian kecerdasan buatan terkonsentrasi dalam 6 arah. Yang utama. Misalnya, Pemrosesan bahasa alami atau natural language processing. Representasi pengetahuan. Penalaran otomatis. Pembelajaran mesin. Visi komputer. Dan robotika.

Belajar Desain Algoritma

Dasar paling penting untuk semua arah di atas, desain algoritma. Atau singkatnya, boleh dibilang kunci dari kecerdasan buatan adalah desain algoritma. Pembelajaran tentang perancangan algoritma bisa dimulai dari algoritma dasar. Diantaranya termasuk rekursi. Analisis probabilitas. Algoritma acak. Penyortiran tumpukan. Penyortiran cepat. Penyortiran waktu linear. Pencarian pohon biner. Algoritma grafik dan sebagainya.

Dan yang terakhir, dasar kecerdasan buatan. Pembelajaran konten dasar AI adalah kunci untuk membuka pintu menuju kecerdasan buatan. Dimana bahan dasar AI ini meliputi sejarah pengembangan kecerdasan buatan. Badan intelijen. Pemecahan masalah. Penalaran dan perencanaan. Pengetahuan dan penalaran yang tidak pasti. Machine learning. Persepsi dan tindakan atau komponen lainnya.

belajar Artificial Intelligence untuk pemula
Banyak jalan menuju ke Roma, demikian juga halnya bagaimana belajar Artificial Intelligence untuk pemula secara santai dan sistematik sangatlah penting

Setelah pembelajaran diatas, ada baiknya kalau memungkinkan untuk berpartisipasi dan terlibat langsung dalam tim proyek kecerdasan buatan. Seperti kelompok studi. Untuk menyelesaikan proses pembelajaran lebih lanjut dalam praktek nyata.

Just like grandma says, dengan berkembangnya big data, kecerdasan buatan juga telah memasuki era perkembangan baru. Khususnya, bagi pemula dengan fondasi yang lebih lemah. Big data merupakan pilihan terbaik untuk memasuki bidang AI.

Advertisements
Categories: Belajar artificial intelligence untuk pemula

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: