Blockchain Catatan transaksi yang tidak pernah hilang

Blockchain Catatan transaksi yang tidak pernah hilang. Apa itu blockchain? Di mana kriptografi muncul di blockchain? Apakah nilai blockchain? Ini adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan kebanyakan orang.

Blockchain adalah catatan transaksi yang dilindungi oleh kriptografi modern dan dihubungkan secara bersamaan. Kita juga dapat memahaminya sebagai banyaknya catatan pembukuan “N”. Setiap pengguna memiliki salinan. Konten diperbarui setiap saat. Tetapi pengguna hanya dapat menambahkan informasi. Tidak dapat mengubah informasi.

Blockchain Catatan transaksi yang tidak pernah hilang

Cara terbaik untuk memahami blockchain adalah bitcoin. Dalam Bitcoin, semua catatan transfer tersedia dalam setiap komputer. Masalahnya, bagaimana catatan buku di semua komputer dapat disinkronkan?

Karena ada komputer yang menyimpan versi terbaru dari pembukuan, Ada komputer yang tidak menggunakan perangkat lunak klien, bahkan ada komputer yang tidak dihidupkan sama sekali. Jadi bagaimana menyinkronkan pembukuan di masing-masing komputer yang berbeda adalah masalah pertama.

Kedua, bagaimana mencegah agar catatan transaksi tidak diubah?

Ketiga, bagaimana mencegah suatu pendapatan tidak digunakan berulang kali?

Misalnya, setelah Budi menerima bayaran 100 ribu dari Wati, lalu detik pertama dibayarkan untuk biaya medis Ahmad. Kemudian di detik kedua dibayarkan untuk makan siang si Hamdan. Dalam jaringan, karena perbedaan garis fisik, ada komputer yang akan menerima informasi pembayaran pertama terlebih dahulu. Atau ada komputer yang akan menerima informasi pembayaran kedua terlebih dahulu. Jadi menyebabkan kemungkinan, ada yang menganggap pembayaran pertama valid, atau sebagian lainnya berpikir bahwa pembayaran kedua valid. Bukankah ini menjadi berantakan? Bagaimana mengatasinya adalah masalah ketiga.

Solusi untuk ketiga masalah ini adalah – blockchain.

Blockchain disebut “rantai” karena struktur antara blok dan blok. ini adalah koneksi seri. Ini bukan koneksi bintang, koneksi dering, atau koneksi paralel. Melainkan, koneksi seri yang terhubung ujung ke ujung.

Dalam blockchain, setiap blok berisi ratusan ribu transaksi. Begitu lulus inspeksi, transaksi tersebut akan ditulis setelah blok terakhir. Blockchain Catatan transaksi yang tidak pernah hilang. Yang di inspeksi adalah tanda tangan dari catatan transaksi benar atau tidak. Apakah bitcoin digunakan berulang kali dan sebagainya.

Inspeksi ini dilakukan oleh penambang bitcoin. Setelah lulus inspeksi, mereka akan dikirim ke penambang lain. Penambang lainnya juga akan memeriksa blok baru ini. Jika centangnya memenuhi syarat, dia akan menambahkan blok baru ini ke akhir rantai yang tersimpan di komputer mereka.

Untuk mengatasi banyaknya blok baru yang muncul secara bersamaan, Solusi untuk jaringan Bitcoin adalah membatasi jumlah blok baru yang dihasilkan per unit waktu. Misalnya,  hanya satu blok baru yang diizinkan untuk dibuat dalam 10 menit. Barang siapa yang terlebih dahulu menyelesaikan inspeksi dan mengunggah blok baru, dialah yang menang.

Munculnya ide blockchain tidak hanya tumbuh dari rincian teknis, melainkan kombinasi dari konsep teknologi dan budaya. Konsep budayanya adalah desentralisasi. Gagasan desentralisasi telah ada sejak zaman Yunani kuno. Di mata bangsa Yunani kuno, sentralisasi adalah simbol dari barbarisme. Ini adalah landasan budaya Barat. Gagasan desentralisasi berakar dalam pikiran semua orang.

Para Cryptologist telah mengambil ide ini hingga batasnya. Mereka bahkan adalah pendukung anarkisme. Jadi, walaupun mereka tahu bahwa peran The Fed adalah positif, namun mereka menolak untuk menyerahkan kekuasaan merilis mata uang ke tangan satu departemen. Karena secara teori, negara mana pun dapat berkemungkinan jatuh seperti Zimbabwe. Dimana kemudian bank sentral negara akan mencetak banyak uang sehingga menyebabkan keruntuhan ekonomi seluruh negara.

Padahal sebenarnya, bitcoin sangatlah sulit untuk menggantikan bank sentral suatu negara. Karena keberadaan bank sentral telah lama menjadi konsensus semua orang. Dan konsensus untuk mengubah pikiran orang banyak adalah yang paling sulit.

Tetapi blockchain masih dapat mengubah beberapa konsensus dan hal-hal lain .

Misalnya, dalam kerja sama bilateral antara kedua negara. Tidak ada lembaga manapun yang berkualifikasi menjadi pihak ketiga untuk meninjau perjanjian kerjasama sebelumnya. Pada saat ini, blockchain lebih kredibel karena konten tidak dapat dirubah.

Ada lagi misalnya, koleksi peninggalan budaya ribuan tahun yang lalu. Tidak ada lembaga manapun yang memiliki bukti kuat untuk menjelaskan pengalaman transaksi masa lalunya. Namun, sekarang tetap ada lembaga yang berani mencap dan menanggung keaslian latar belakangnya. Sentralisasi sertifikasi semacam ini sebenarnya tidak masuk akal.

Untungnya, kemunculan blockchain membuat kita dapat menulis catatan transaksi sebelumnya kedalam blockchain supaya bisa ditinjau di kemudian hari. Itulah keuntungan Blockchain Catatan transaksi yang tidak pernah hilang.

Blockchain Catatan transaksi yang tidak pernah hilang
Blockchain Catatan transaksi yang tidak pernah hilang (Sumber: hackernoon)

Aplikasi kriptografi ditambah keinginan untuk mendesentralisasi, sehingga lahirlah blockchain. Blockchain mungkin tidak akan menantang sistem yang telah ada. Tetapi, akan memberikan pilihan yang terdesentralisasi untuk banyak masalah yang ada.

Just like grandma says, Jika semakin banyak kerja sama desentralisasi menjadi semakin populer dan menjadi arus utama, ada sebagian besar model kerja sama di masa depan  yang terlahir dan dipertahankan oleh blockchain. Blockchain adalah jenis baru hubungan antar manusia diluar hubungan darah, bangsa, dan hukum.

Apakah kata sandi atau password di dalam blockchain benar-benar bisa diandalkan?

Satu-satunya alasan yang dapat dikatakan, pokoknya sebelum kelahiran komputer kuantum, peranan dan fungsi blockchain akan sangat stabil. Namun, setelah lahirnya komputer kuantum, keamanan blockchain akan semakin berkurang.

Advertisements
Categories: Blockchain Catatan transaksi yang tidak pernah hilang

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: