Advertisements

Boston Dynamics

Oleh: Ricky Suwarno

19 april 2019

Robot Google telah dapat menavigasi, dan bergerak otomatis. Robot Amazon telah sibuk bekerja tiap hari di dalam gudang yang tanpa manusia. Warung kopi Briggo di Austin-Texas, robot telah menggantikan barista, dan membuat kopi khusus untuk para tamu.

Dunia sedang mengalami gelombang perkembangan robot. Namun, ketika kita berbicara tentang robot, selalu tidak terlepas dari Boston Dynamics. Perusahaaan robot pintar yang berawal dari akademik Massachusetts Institute of technology (MIT) pada tahun 1992. Yang paling dikenal dengan Bigdog. Robot berkaki empat. Dirancang khusus untuk militer AS. Dan di investasi oleh Defense advanced research projects agency(DARPA). Dan DI-Guy, yang terkenal dengan perangkat lunak untuk simulasi manusia elastis. Sehingga, setiap gerakan dan tindakan dari Boston Dynamics selalu menarik perhatian dunia.

Bigdog, pertama kali dirilis pada tahun 2008. Dan sekarang, di ganti namanya menjadi SpotMini. Generasi pertama dari BigDog memiliki empat kaki. Digerakkan oleh mesin bahan bakar. Pada saat berjalan, selalu disertai dengan suara mesin yang sangat menyekak telinga. Ditahun 2016, BigDog akhirnya diubah menjadi anjing kecil, dan diganti nama menjadi SpotMini.

Baru-baru ini, SpotMini telah memperoleh keterampilan baru. Seperti menari dan menarik kereta. Memberikan kita lebih banyak kejutan dan kesenangan. Selain menciptakan robot “binatang”, Boston Dynamics juga menciptakan robot humanoid, namanya PetMan, Atlas Proto dan Atlas.

Petman, adalah pemimpin dalam robot bionik. Dia bisa menjaga keseimbangan, tindakan fleksibel, berjalan, membungkuk, merangkak, dan membedakan objek beracun dan sebagainya. Selain itu, kecepatan berjalan Petman sekitar 5.1km perjam. Di samping kecepatan, fleksibilitas yang tinggi, Petman juga bisa menyesuaikan suhu tubuh, keringat dan kelembaban untuk mensimulasikan fungsi perlindungan diri seperti layaknya fisiologi manusia.

Perjalanan hidup Boston Dynamics sangatlah berliku-liku. Mulai dari MIT, mengembangkan robot untuk keperluan militer AS. Lalu diakuisisi oleh Google. Google kemudian menjualnya ke raksasa investor Jepang, Softbank sampai sekarang.

Pada tahun 2013, Boston Dynamics diakuisisi oleh Google, membuat Boston Dynamics memasuki masa paling berjaya. Beda halnya, dengan robot yang bekerja dipabrik. Kesulitan membuat robot bionik sangat menelan banyak dana. Yang belum bisa menghasilkan keuntungan secara komersial, sehingga akhirnya di jual oleh Google.

Sebelumnya, boston Dynamics dimasukkan ke dalam project Google X dengan visi misi “Moonshot” seperti misi terbang kebulan. Yang berkomitmen menemukan solusi untuk terobosan teknologi terbaru. Itulah alasan dan potensi Google mengakuisisi Boston.

Pembakaran uang Google di bidang kecerdasan buatan telah berlanjut lama. Seperti Akuisisi DeepMind, dengan produk yang sangat terkenal Alpha Go di tahun 2015 dan 2016 mengalahkan pecatur manusia nomor satu di dunia. Tetapi Deepmind telah membuat Google membakar lebih dari 2,7 miliar yuan pada tahun 2017. Tetapi prospek Internet dan kecerdasan buatan sangat menarik, sehingga selalu saja ada investor yang bersedia membelinya. Walaupun mereka masih kurang jelas kapan bisa berkomersialisasi.

CEO Boston Dynamics Marc Raibert, sedang mengembangkan robot berdasarkan konsep “platform”. Dimana pengguna dapat menambahkan perangkat keras seperti tangan robot dan komponen lain sesuai kebutuhan. Di masa depan, SpotMini akan digunakan sebagai platform dasar untuk pengembangan robot lain, seperti halnya platform iOS atau sistem operasi Android.

Baru-baru ini, Boston Dynamics mengakuisisi perusahaan pencetakan 3D, Kinema Systems yang berbasis di California. Yang didasarkan pada pembelajaran teknologi visual 3D. Yang dapat digunakan untuk kebutuhan memindahkan barang.

Perjalanan evolusi Robot telah melebihi satu dekade. Mungkin sudah saatnya, Boston Dynamics mengeksplorasi komersialisasi.

Just like grandma says, Dengan kemajuan teknologi, robot akan berlaku sebagai Mr. Postman yang mengirim paket di jalan. Di masa depan yang lebih jauh, bahkan dapat menggantikan manusia untuk pertambangan, dan mendarat di bulan.

Boston Dynamics adalah perusahaan yang sangat ajaib. Anda juga dapat memanggilnya lab penelitian. Laboratorium penelitian, yang dibuang oleh Google. Dan, tetap bersikeras mengembangkan robot bionik. Diabaikan oleh para investor, dan dioptimalkan kembali. Boston Dynamics sering dipertanyakan sebagai penelitian yang tidak berguna. Tetapi memberikan imajinasi besar tentang potensinya. Semoga, dalam waktu yang tidak lama lagi kita bisa melihat Boston Dynamics berkomersialisasi. Good Luck.

Advertisements
Categories: artificial intelligence indonesia, Boston DynamicsTags: , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: