Cambricon

Oleh: Ricky Suwarno

21 Mei 2019

Cambricon, nama yang mungkin sangat asing bagi anak-anak ditanah air. Tetapi, bagi mereka yang ulet mengikuti perkembangan kecerdasan buatan dunia pasti akan mengenal Cambricon. Cambricon, adalah perusahaan chip AI pertama di dunia. Yang berhasil melakukan streaming dengan produk yang matang, terminal dan server.

Cambricon didirikan oleh Chen bersaudara, namanya Chen Tianshi pada tahun 2016 di Beijing. Chen bersaudara adalah dua teknisi yang sangat genius. Dia memperoleh gelar PhD bidang teknik dari School of Computer science pada tahun 2010 di Cina. Tidak seperti kebanyakan ilmuwan Cina lainnya yang kebanyakan lulusan AS. Beliau dianugerahi oleh penghargaan “You Qing”, suatu penghargaan paling tinggi di kalangan sains nasional di China.

Cambricon, mendapat dukungan berat dari Institute of computing technology Chinese Academy of Sciences. Cambricon, dinamakan sesuai dengan nama geologis “Cambrian” pada saat ledakan kehidupan. Yang menandakan peledakan Era kecerdasan buatan atau AI.

Tidak seperti startup Cina lainnya, Cambricon adalah hasil penelitian dan pengembangan puluhan tahun oleh Institute of Computing Technology dari Chinese Academy of Sciences. Bahkan, sebelum tahun 2000, Institut ini telah memulai jalan penelitian desain chip. Dan meluncurkan chip perdananya di tahun 2002, namanya Loongson 1.

Chip prosesor seri Loongson menjadikan Intel, AMD, IBM dan raksasa top internasional lainnya sebagai tolok ukur. Meskipun ada pencapaian Sukses, tetapi karena chip adalah inti dari sistem komputer yang sangat besar dan kompleks, bila tidak ada tindak lanjut dari peralatan periferal, akan sangat sulit dikomersialisasikan.

Sejak tahun 2008, Institut ini telah mengembangkan prosesor jaringan saraf dalam. Dan telah mengakumulasi teknologi chip dan superkomputer. Cambricon memiliki keunggulan unik.

Pada bulan Agustus 2017, Cambricon telah menyelesaikan pendanaan Seri A senilai 100 juta dolar. Investasi bersama oleh SDIC Ventures, Alibaba Venture Capital, Lenovo Venture Capital, dan CAS investment. Menjadikannya, sebagai unicorn manufaktur chip AI terbesar di dunia.

Saat ini, baik chip Cambricon dan Google TPU telah memiliki berbagai aplikasi di bidang drone, kendaraan otonom dan teknologi pengenalan wajah. Cambricon merupakan salah satu produsen chip AI khusus buat Huawei.

Beberapa tahun ini, saya telah menyaksikan banyak teknologi mutakhir terutama kecerdasan buatan antara AS dan China. Beberapa penelitian di China seperti Cambricon memang telah mencapai garis terdepan di dunia. Tetapi di sebagian besar bidang teknologi lain masih jauh ketinggalan.

Just like grandma says, saat ini prestasi chip Cambricon telah diakui kalangan industri AI. Apalagi ditambah dengan kerja sama yang kuat dengan aplikasi Huawei, pasti akan membuat lebih banyak di Era kecerdasan buatan.

Fungsi dan manfaat Chip mungkin melampaui imajinasi semua orang. Apabila diterapkan dalam sistem pertahanan militer, atau dimasukkan kedalam rudal dan radar dapat meningkatkan akurasi pemindaian radar mengidentifikasi pesawat musuh. Segala Operasi terfokus pada chip kecil ini. Dan chip kecil ini bisa menentukan nasib suatu bangsa.

Advertisements
Categories: Cambricon, Cambricon huaweiTags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: