Cara menghindari virus Corona

Cara menghindari virus Corona bukan hanya mengandalkan masker atau cuci tangan saja. Kunci utama terletak pada kekebalan tubuh atau imunisasi diri sendiri, kata Dokter Zhong Nanshan. Zhong Nanshan adalah seorang ahli paru-paru Tiongkok yang sangat terkemuka. Beliau adalah presiden Asosiasi Medis Tiongkok dari tahun 2005 hingga 2009. Saat ini, Beliau menjabat sebagai pemimpin redaksi Journal of Thoracic Disease.

Dokter Zhong Nanshan mendapatkan ketenaran internasional dalam mengendalikan wabah SARS di tahun 2002. Beliau terpilih sebagai salah satu dari 10 ilmuwan top China pada tahun 2010. Karena keahliannya Selama masa COVID-19, Zhong Nanshan berjasa besar sebagai salah satu penasihat Utama dalam menanggulangi wabah virus Corona di Tiongkok.

Cara menghindari virus Corona

Infeksi dikalangan komunitas pasti akan terjadi. Hanya masalah waktu saja. Ada begitu banyak orang terinfeksi tanpa diketahui. Masa inkubasi yang agak lama tanpa gejala. Ini adalah hal yang tidak bisa dihindari.

Kesimpulannya, Kunci yang paling menentukan terletak pada kekebalan tubuh kita sendiri. Dokter Zhong Nanshan menganjurkan 5 cara menghindari virus Corona atau Covid-19. Beliau menekankan, kita tidak bisa selalu mengandalkan langkah-langkah pencegahan seperti masker dan mencuci tangan. Kita harus membangun imunisasi kita dengan cepat.

Bagaimana membangun kekebalan tubuh dalam waktu singkat seperti kondisi saat ini?

Pertama, tidur yang cukup. Kita perlu mempertahankan tidur 7 jam sehari. Jika seseorang tidur kurang dari 7 jam sehari, kekebalan tubuh mereka akan melemah.

Kedua, kita perlu makan yang sehat dan bergizi. Artinya, bukannya harus makan besar seperti seafood setiap hari. Melainkan, makanan berprotein dan berkualitas tinggi, yang dapat bermanfaat sebagai antibodi nantinya.

Satu hal yang perlu kita ingat selalu, “hindari makanan bergula tinggi!” karena, begitu kita makan gula akan membuat sel darah putih kita berhenti berfungsi sementara (dalam keadaan tidur atau tidak aktif) selama lebih dari 5 jam. Itulah sebabnya, kita harus menyesuaikan makanan yang masuk dalam tubuh kita setiap hari.

Ketiga, virus Corona memiliki pola yang tetap. Covid-19 akan meningkat dan sangat aktif di musim dingin. Sehingga, ada sebagian pakar menganjurkan mandi cahaya matahari di pagi hari untuk membantu meningkatkan vitamin D dalam tubuh.

Penelitian menunjukkan, orang yang mengkonsumsi suplemen vitamin D mengalami pengurangan dua pertiga infeksi pernapasan di musim dingin. Bila kita tidak dapat mandi cahaya matahari setiap hari, kita juga dapat memilih untuk mengonsumsi vitamin D.

Keempat, penelitian terbaru Rusia menemukan salah satu cara terbaik mencegah infeksi saluran pernapasan adalah berkumur saat pulang kerumah. Mengapa?

Karena bukan semua virus memiliki kunci menuju sel tubuh kita. Virus akan menyerang sel-sel tubuh. Mereka harus mengebor lubang atau mengetuk pintu. Sehingga perlu waktu untuk memasuki sel yang menjaga kekebalan tubuh kita. Oleh karena itu, berkumurlah begitu kita tiba di rumah.

Pada saat yang sama, para pakar Rusia juga menambahkan cara berkumur yang baik bisa menggunakan air biasa, air garam, betadine, obat kumur ataupun the. Kelima hal ini semuanya dapat berefektif.

Cara menghindari virus Corona
Cara menghindari virus Corona (Image: FT)

Dokter Zhong Nanshan juga menegaskan penelitian dari Tiongkok, Jepang, Israel, dan Finlandia semuanya menunjukkan mandi air panas setiap hari untuk menaikkan suhu tubuh bisa menghindari infeksi virus Corona.

Just like grandma says, Studi ini juga menyebutkan bahwa jika kita mandi air panas 4 kali seminggu, infeksi virus dapat dikurangi hingga 60%. Atau,5 menit mandi air panas pada suhu 41 derajat setiap hari dapat membantu kita menjauhi virus Corona.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.