China International Import Expo

China International Import Expo atau Expo Impor Internasional Tiongkok di singkat CIIE, adalah pameran dagang yang diadakan pada musim gugur setiap tahun sejak tahun 2018 di Shanghai, China. CIIE adalah pameran tingkat nasional bertema impor pertama di dunia. CIIE menampilkan pameran dari berbagai negara, bisnis, Forum Ekonomi dan Perdagangan Internasional Hongqiao. CIIE diusulkan dan diumumkan oleh Presiden China, Xi Jinping.

Pameran ini diselenggarakan bersama Kementerian Perdagangan Tiongkok dan Pemerintah Kota Shanghai. Mitra-mitranya termasuk Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Perdagangan dan Pembangunan dan Organisasi Pengembangan Industri Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Pameran impor China mempunyai tujuan yang sangat jelas, menggantikan produk AS dengan produk dari negara lain. Dan pada akhirnya meningkatkan produk China dengan teknologi yang diimpor dari negara lain. Menjadikan China sebagai negara pengimport dan konsumsi terbesar di dunia.

China International Import Expo

Tentu saja, Ricky tidak ketinggalan dalam CIIE ini. Banyak orang telah melihat kesempatan besar Expo Impor Internasional Tiongkok ke-2 melalui partisipasi langsung maupun siaran berita internet beberapa hari ini.  

Pada seminar bertema “Tiongkok dan proses historis globalisasi ekonomi” yang diadakan dari tanggal 5-10 november, saya mendengarkan banyak pandangan dan pendapat politisi Internasional tentang masa depan Tiongkok. Saya merasa Sangat menarik dan penting untuk berbagi dengan teman-teman.

Mantan Presiden Albania, Rexhep Meidani mengatakan setelah membaca Sejarah Singkat Kemanusiaan (Sapiens: A brief history of humankind) yang ditulis of Yuval Noah Harari bahwa Kisah liberalisme Dunia telah berakhir. Ancaman terbesar bagi dunia sekarang adalah senjata nuklir. Yang satunya lagi adalah teknologi terbaru seperti teknologi informasi.  Beliau percaya hanya ide dan metode komunitas takdir bersama manusia yang diusulkan oleh Presiden China Xi Jin Ping yang bisa menyelesaikan dua ancaman ini.

José Centria, Pemimpin Partai Komunis Spanyol mengatakan bahwa kebangkitan China dan inisiatif “One Belt One Road atau Satu Jalur, Satu Jalan” dapat secara efektif mencegah neokolonialisme dan unilateralisme Barat. Mencegah kekuatan Barat menjarah sumber daya dunia ketiga. Atau Mengeksploitasi dunia ketiga. Kebangkitan China telah membuka peluang membangun tatanan internasional baru.

Mantan Wakil Perdana Menteri Polandia Grzegrorz W.Kolodko yang juga seorang pakar ekonomi mengatakan pengalaman kesuksesan China adalah “Chineseism”. Beliau menciptakan kata bahasa Inggris baru “Chineseism”. Dan bahkan menulis makalah khusus untuk tema ini. Judulnya adalah “BerBicara tentang Metodologi Chineseism.”  

Beliau menekankan banyak negara mungkin memiliki keraguan tentang “win-win” Solusi China. Mereka khawatir “win-win” disini menjadikan China menang dua kali. Beliau tidak percaya bahwa itu adalah niat China. Sebaliknya, saling menguntungkan.

Saya juga melihat wawancara mantan duta besar Pakistan untuk China. Duta besar ini baru saja kembali dari Amerika Serikat. Waktu di AS, Dia diminta untuk memperkenalkan China. Orang Amerika bertanya kepadanya, apa masa depan China. “What’s the Future of China?”

Duta Besar ini langsung menjawab masa depan adalah China. China is The Future. Dia sangat bangga mengatakan ini kepada orang Amerika. Supaya orang Amerika bisa benar-benar mengerti tentang China. Melainkan, bukan yang mereka nonton di TV mereka. Yang penuh dengan segala provokasi dan kejelekan tentang China.

China International Import Expo adalah keputusan Tiongkok untuk membuka dan memperluas impornya. Yang memiliki dampak besar pada ekonomi dunia. Peluncuran Expo oleh pemerintah China adalah langkah besar bagi dunia, untuk masa depan, dan untuk pembangunan bersama.

China International Import Expo
China International Import Expo di singkat CIIE bertujuan menggantikan produk AS dengan produk negara lain. Menjadikan China sebagai negara konsumsi terbesar di dunia

CIIE adalah pertimbangan jangka panjang, dan juga mencerminkan warisan budaya orang-orang China yang “Cinta keharmonisan Dunia”. Dalam pidato pada hari pertama pembukaan Expo, Presiden Xi Jin Ping mengatakan, “China memiliki populasi lebih dari 1,4 miliar. Memiliki Kelompok berpenghasilan menengah terbesar di dunia. China adalah Pasar yang sangat besar dengan potensi besar. Prospeknya tidak terbatas.

Just like grandma says, ada juga suatu pepatah yang sangat populer di dalam masyarakat China, ‘dunia ini sangat besar, saya ingin pergi jalan-jalan keluar melihat Dunia.’  Maksud Ricky adalah Pasar China begitu besar, Silahkan datang untuk melihat-lihat juga”. Munculnya negara seperti China ini benar-benar telah membawa bantuan nyata kepada banyak negara berkembang di Dunia. CIIE adalah pameran impor, dan juga pameran Dunia.

Advertisements
Categories: China International Import Expo

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: