China kemarin hari ini dan Esok

China kemarin hari ini dan Esok. Kemarin adalah sebuah cerita kenangan. Hari ini adalah Peluang. Esok adalah Harapan. Informasi makro jauh lebih besar manfaatnya daripada informasi mikro. Orang yang bisa Melompat keluar dari lukisan untuk melihat lukisan. Baru dapat melihat keseluruhan bentuk wajah lukisan.

“The Rising of China”, dan kedudukan di dunia internasional—di lihat sebagai China yang kemarin dan hari ini.

China yang kemarin:

Sejak reformasi dan keterbukaan dan perkembangan pesat selama 40 tahun. Nilai output industrinya, adalah jumlah total dari AS dan Jepang. Sedangkan, Jumlah permohonan Hak Patennya juga merupakan jumlah total AS dan Jepang. Mungkin sebagian orang berpikir bahwa prestasi tersebut karena mengandalkan tenaga kerja yang murah dan mengorbankan lingkungan.

China kemarin hari ini dan Esok

Tetapi sebenarnya, keberhasilan China telah memilih jalan industrialisasi yang benar. Negara-negara industri di dunia ada yang berhasil dan gagal. Tapi dalam keberhasilannya, tersembunyi rumus universal. Inggris, Perancis, Jerman semuanya mengikuti rumus universal ini.

Pertama, mendirikan Negara yang bersatu. Menggunakan akselerator siklus perdagangan perang. Memperluas pasar. Mempertahankan pasar. Dan mempromosikan kekuatan produksi rakyat China.

Langkah kedua, mesin buatan tangan. Mengembangkan industri ringan ditandai dengan industri tekstil.

Langkah ketiga, mesin manufaktur mesin. Dan mengembangkan industri berat. Ditandai dengan baja, batu bara, mesin uap dan sebagainya.

Langkah keempat, paska industrialisasi. Memasuki Era kesejahteraan.

China telah mencoba empat Industrialisasi. Misalnya, gerakan Westernisasi di masa Dinasti Qing. Revolusi industri dalam Republik Tiongkok. Dan industrialisasi yang berat setelah pendirian China Baru. Tetapi semua ini belum mencapai keberhasilan yang luar biasa.

China hari ini:

Pada saat perkembangan industri berat, China telah mengalami peluang sejarah besar. Yaitu outsourcing produksi berskala besar dari Negara Barat. Perkembangan ekonomi inovasi dan munculnya permintaan outsourcing middle to low end pada tahun 1980-90an. Sehingga membentuk jaringan rantai supply dalam skala besar. Permintaan untuk personalisasi outsourcing telah membuat jaringan rantai pasokan lebih efisiensi dan fleksibel. Yang membuahkan jutaan usaha kecil dan menengah maupun professional.

Perkembangan China hingga saat ini sudah menjadi ekonomi Kedua terbesar di dunia. Tentu saja, membawa pengaruh sangat besar pada tatanan internasional. Dari model “Pusat-Pinggiran” (Barat adalah pusat, yang lainnya adalah Pinggiran). Telah berevolusi menjadi model dua siklus.

China mengimpor produk berteknologi tinggi. Layanan keuangan kelas atas dari Barat. Kemudian mengekspor produk Low End ke Barat. China mengekspor kebutuhan sehari-hari produk industri kelas bawah. Mengimpor produk pertanian dan tambang tembaga dari Negara Non Barat seperti Afrika. Dalam model ini, China berperan sebagai posisi berkomunikasi antara Barat dan non Barat.

China di hari Esok:

Adalah Akumulasi dan produksi pengetahuan maupun teknologi yang kompleks. Pemenang Noble tahun 2018 di bidang ekonomi, Paulo pernah berkata: “pengetahuan dan teknologi memainkan peran kunci keberhasilan dalam pembangunan ekonomi suatu Negara.”

Inti dari pertumbuhan mengatakan, pengetahuan dan teknologi diperlukan untuk mengubah imajinasi menjadi produk. Tetapi akumulasi pengetahuan dan teknologi sangatlah sulit. Semakin kompleks pengetahuan dan teknologi, semakin sulit dipraktekkan. Ini menyebabkan distribusi pengetahuan dan teknologi yang tidak merata dalam skala internasional.

Pengetahuan dan teknologi adalah daya saing inti suatu Negara. China terus mempertahankan status internasionalnya. Termasuk kunci pengembangan selanjutnya, terletak pada terus berakumulasi dan menghasilkan pengetahuan.

Ada dua cara menghasilkan pengetahuan, sekolah dan perusahaan. Di sekolah, mengajar adalah akumulasi pengetahuan. Misalnya Anda mengajar ke sepuluh orang, dan sepuluh orang ini mengajarkan ke seratus orang berikutnya.

Bisa dibayangkan betapa besar kekuatannya nanti. Ketika hanya satu orang yang tahu metode pemrograman, akumulasi jadi lebih kecil. Ketika pemrograman diteruskan ke seratus orang atau sepuluh ribu orang, skala pengetahuan menjadi besar.

Penelitian ilmiah adalah bagian dari produksi pengetahuan. Terus memperluas batas kognitif manusia. Membuat pengetahuan semakin dalam. Misalnya, Suatu produk bisa di jual mahal, menunjukkan pengetahuan di baliknya yang lebih kompleks dan efisien. Sebuah produk bisa terjual banyak, mencerminkan skala pengetahuan dan penyebaran teknologi dan akumulasinya yang efisiensi.

Transaksi menghasilkan kekayaan. Merupakan promosi dan akumulasi pengetahuan serta teknologi di baliknya. Sedangkan inovasi, adalah sumber kehidupan perusahaan. Dalam menciptakan, mengumpulkan pengetahuan yang dapat di kontrol. Sehingga, China semakin meningkatkan dana penelitiannya setiap tahun.

Pada tahun 2018 perusahaan China yang masuk 500 Besar perusahaan dunia, menginvestasikan total CNY890 Miliar dalam penelitian. Meningkat CNY160 Miliar atau naik 21.6% dibanding tahun 2017.

Masa depannya China – Great Rejuvenation

China Dream. Bukan cuma jangka pendek atau menengah. Tetapi tujuan jangka panjang. Masa depan di masa depan. Jika Anda ingin melihat masa depan yang lebih jauh, Anda harus berdiri di tempat lebih tinggi. Peribahasa mengatakan “untuk melihat jarak seribu miles, naiklah ke satu lantai lebih tinggi”.

Keyakinan diri China datang dari mana?

Pengetahuan.

Untuk berjalan 100 meter, tidak perlu pengetahuan apapun. Juga tidak bisa akumulasi banyak pengetahuan. Tetapi kalau harus berjalan 1000 km, ini sama sekali berbeda. Jika Anda berhasil berjalan dengan aman, Anda pasti dapat mengumpulkan banyak pengalaman dan pengetahuan. Proses pembangunan suatu Negara  juga tercermin dalam akumulasi pengetahuan yang terus menerus.

China dalam sejarah 5000 tahunnya, pernah makmur dan Berjaya. Selama hampir 4000 tahun. Dan Tentu Saja, juga pernah jatuh. Masa berjayanya terjadi pada dinasti Han, Dinasti Yi, dinasti Tang, Dinasti Song, Dinasti Yuan, Dinasti Ming, Dinasti Qing. Masa jatuhnya pada jaman Zhan Guo, Wei, Jin, Dinasti Selatan dan Utara. Lima Dinasti dan sepuluh  kerajaan ataupun akhir Dinasti Qing.

Dalam perkembangannya penuh terjadi kekacauan dan di pecah belah. Namun akhirnya, mereka berhasil membentuk Negara Superpower yang besar seperti hari ini. Menciptakan lingkungan politik yang stabil, dan mencapai kemakmuran dalam ekonomi.

China mampu menempa kekuatan super dalam berbagai masa frekuensi sejarah. Ini semua terkait dengan sejumlah besar pengetahuan yang terkumpul dalam jangka waktu ribuan tahun lamanya.

Penulis Guns, Germs, dan Steel Diamond menyebutkan dalam artikelnya di tahun 2017, “lokasi geografis suatu Negara (tropis atau sedang), dan sejarah perkembangan pertanian baik panjang atau pendek, memiliki dampak yang sangat besar terhadap kemiskinan atau kekayaan suatu Negara.”

Diantara mereka, Negara-negara dengan sejarah pertanian yang panjang lebih mungkin mengembangkan pengetahuan kompleks tentang peleburan, penulisan, dan politik dari pertanian atau peternakan.

Jalan industrialisasi China telah membawa perkembangan ekonomi yang cepat. Membawa jaringan rantai pasokan berskala besar. Yang paling penting menetapkan posisi penting China dalam tatanan dunia.

Di masa depan, adalah meningkatkan akumulasi dan produktivitas pengetahuan dan teknologi. Mempromosikan pengembangan sekolah dan perusahaan. Terus mendorong pengetahuan dan teknologi ke dalam kompleksitas menjadi kunci keberhasilan. Mewujudkan peremajaan bangsa Tiongkok. Pengetahuan yang terkumpul sepanjang masa adalah jaminan yang paling kuat sebagai Negara superpower.

China kemarin hari ini dan Esok
China kemarin hari ini dan Esok (Image: AL Jazeera)

Just like grandma says, dalam menyimpulkan China kemarin hari ini dan esok, orang yang pintar adalah orang yang pandai menggunakan pengalaman orang lain sebagai cermin, untuk mempercepat keberhasilan kita sendiri.

Apa Pendapat Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.