Chip AI pertama Alibaba

Chip AI pertama Alibaba Hanguang 800” dirilis minggu ini dalam Computing Conference tahunan Alibaba di kantor pusatnya, Hangzhou. Chip AI pertama Alibaba Hanguang 800 merupakan chip layanan cloud yang mengintegrasikan perangkat lunak dan perangkat keras.

Hanguang 800 adalah AI inference chip pertama yang dikembangkan oleh anak perusahaan Alibaba bernama Pingtouge Semiconductor Company di bawah DAMO Akademy Alibaba. Sebuah program global Alibaba dalam upaya mendorong riset teknologi dan sains.

Chip AI pertama Alibaba

Chip AI Hanguang 800 berfungsi mendukung bisnis cloud computing dan internet of things (IoT) yang tumbuh cepat di negeri Tirai Bambu ini. Pingtouge Semiconductor juga diberi misi untuk mengembangkan “chip teknologi kuantum”, salah satu dari lima fokus Damo Akademi. Yang kian menjadi pusat perhatian dan perebutan Dunia. Pingtouge berencana meluncurkan chip kuantum buatan sendiri dalam 2-3 tahun mendatang. Serta membangun laboratorium internal yang bertujuan meningkatkan persaingan komputasi kuantum China dengan AS.

Penelitian dalam chip kuantum saat ini terutama didominasi oleh pemerintah Beijing sendiri, dan pembuat chip seperti IBM, Google, Intel dan Microsoft.

Jeff Zhang, Kepala pemimpin Damo Akademi dan CTO ALibaba mengatakan bahwa rasio kinerja dan efisiensi energi Hanguang 800 menduduki peringkat pertama dalam industri Chip AI saat ini. Dalam demonstrasi langsung Hanguang 800, Lebih dari 1 miliar gambar produk yang ditampilkan setiap hari, kalau menggunakan Komputasi GPU tradisional memerlukan waktu lebih dari 1 jam. Namun, ketika menggunakan chip AI Hanguang 800 cuma membutuhkan waktu 5 menit.

Terobosan kinerja Chip AI pertama Alibaba Hanguang 800 berkat inovasi kolaboratif perangkat keras dan perangkat lunak dewasa ini. Dari segi perangkat keras, Hanguang 800 menggunakan arsitektur chip yang dikembangkan oleh Alibaba sendiri. Sedangkan, dari segi perangkat lunaknya mengintegrasikan algoritma canggih Damo Akademi.

Chip AI pertama Alibaba
Chip AI pertama Alibaba Hanguang 800 dirilis belum lama ini dalam Computing Conference Hangzhou

Pada Computing Conference Alibaba di Hangzhou tahun lalu, Alibaba mengumumkan berdirinya anak perusahaan chip AI “Pingtouge Semiconductor Company”. Dan pada tahun yang sama, Pingtouge telah berhasil merilis CPU tertanam Xuantie dan platform chip sistem Wujian. Dan sekarang, Chip AI pertama Alibaba juga telah dirilis. Itulah kinerja dan kecepatan China.

Hanguang 800 telah memasuki tahap komersial. Dan telah diterapkan dalam bisnis inti internal Alibaba yang dapat digunakan dalam pencitraan medis dan mengemudi otonom di masa depan.

Just like grandma says, China saat ini mengimpor chip dari AS  tiga kali lebih banyak daripada yang diproduksi di dalam negerinya sendiri. Dan tentu saja, menghabiskan uang dikoceknya jauh lebih banyak pada semikonduktor ketimbang minyak mentah. Terima kasih kepada pemerintah AS yang terus menekan dan melarang ekspor chip kepada China. Karena ketika Tuhan menutup satu pintunya, pada saat yang sama Tuhan juga akan membuka pintu yang lainnya.

Penekanan Donald Trump telah mempercepat penelitian sains dan teknologi China terutama dalam semikonduktor chip untuk mengurangi ketergantungan terhadap Dunia Barat.

Advertisements
Categories: Chip AI pertama Alibaba Hanguang 800

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: