DCEP berkemungkinan menjadi Mata Uang baru Dunia

DCEP berkemungkinan menjadi Mata Uang baru Dunia menggantikan Dolar Amerika Serikat di Masa depan. Status dolar sebagai mata uang dunia menjadi stabil dikarenakan beberapa Sirkulasi pembentukan mekanisme Dolar. Sirkulasi Mekanisme Dolar terdiri dari lima bagian.

Bagian pertama, Objek transaksi termasuk Obligasi Treasury Dolar AS dan Aset Keuangan AS lainnya.

Bagian kedua, adalah Tempat Perdagangan seperti Bursa Efek New York (NYSE) dan Bursa Efek NASDAQ yang didirikan di Amerika Serikat.

Bagian ketiga, adalah Badan Utama transaksi misalnya Bank Komersial AS yang terkenal di dunia, Bank Investasi, Hedge Fund dan lain sebagainya.

Bagian keempat, Sistem penyelesaian pembayaran lintas batas termasuk SWIFT dan Chips.      

Bagian kelima, Lembaga Pengaturan Mata Uang Internasional yang ditetapkan oleh AS seperti Dana Moneter Internasional (IMF), atau Bank Dunia (World Bank). Atau Sistem Dolar Jamaika dapat beredar secara efisien didasarkan pada Konstruksi inti sistem penyelesaian pembayaran lintas batas “SWIFT” sebagai Hub.

DCEP berkemungkinan menjadi Mata Uang baru Dunia

Amerika Serikat memperoleh informasi data transaksi “semua negara” dengan menggunakan Jaringan Web. Dengan cara ini, AS  dapat mengawasi dan memonitor semua Aliran Modal dunia dan menjatuhkan sanksi keuangan pada negara atau institusi yang melanggar kepentingan mereka.

Meskipun, Dolar AS masih mempertahankan keunggulan absolut dalam sistem moneter internasional, Namun, perkembangan pesat Teknologi Fintech telah membawa tantangan besar bagi Sistem swift dan Sirkulasi mekanismenya.  

SWIFT, Sistem yang didirikan di Brussels Belgia pada tahun 1973 dan telah beroperasi selama 47 tahun, dengan pembayaran lintas batas di bawah mekanisme bank lembaga yang sudah tua melibatkan serangkaian kliring penyelesaian antara berbagai rekening bank di berbagai negara. Sehingga, membawa banyak masalah sistem seperti proses yang rumit, efisiensi rendah dan biaya Administrasi yang tinggi. 

Munculnya Mata Uang Digital atau Cryptosurrency baru, dapat dengan sempurna memecahkan semua masalah ini dengan cepat. Karena Mata Uang Digital tidak perlu mengikat rekening bank mana pun. Mata Uang Digital dapat dipisahkan dari sistem rekening bank tradisional, sehingga transfer lintas batas dan transfer Dana melalui mata uang digital, Secara fundamental dapat menyingkirkan sistem perbankan yang di dominasi Barat.

Sistem Mata Uang Digital kliring point-to-point akan membuat SWIFT sebagai Pusat kliring yang menghubungkan dunia tampak banyak kekurangan dan kurang efisiensi.

Jika Mata Uang Digital DCEP China dapat menggunakan Transfer Internasional Mata Uang tradisional RMB dalam kisaran besar di masa depan lewat Proyek Belt & Road Initiatives, AIIB, Silkroad, Shanghai Futures Exchange, Shanghai Cooperation Organisation Atau Internasionalisasi RMB juga dapat dicapai dengan cara peer-to-peer, sehingga tidak perlu merekonstruksi sistem yang mirip dengan SWIFT. 

DCEP berkemungkinan menjadi Mata Uang baru Dunia
DCEP berkemungkinan menjadi Mata Uang baru Dunia (Image: Daily Hodl)

Just like grandma says, DCEP berkemungkinan menjadi Mata Uang baru Dunia menyediakan cara baru untuk internasionalisasi mata uang negara Pasca berkembang. Singkatnya,  dasar-dasar internasionalisasi Mata Uang masih bergantung pada kekuatan nasional komprehensif suatu negara.