Fakta tentang Jaringan 5G

Fakta tentang Jaringan 5G mengapa Donald Trump memblokir Huawei. Beberapa bulan yang lalu sebelum wabah pneumonia Covid-19 melanda dunia, 5G telah menjadi salah satu topik paling hangat dibicarakan di berbagai media teknologi Dunia. Ada berbagai macam argumen, banyak di antaranya adalah perkataan awam yang kurang profesional.

Di Dalam masyarakat, orang-orang juga ikut membahas topik tentang 5G dari waktu ke waktu. Sama seperti halnya, semua orang berbicara tentang blockchain dan Bitcoin dua tahun yang lalu. Mengapa bisa ada fenomena seperti itu? 

Fakta tentang Jaringan 5G

Mungkin bisa dikesimpulkan atas tiga alasan utama.

Pertama, kalangan masyarakat telah terbiasa dengan perkembangan pesat teknologi Internet dan komunikasi seluler dalam satu dekade terakhir. Mereka merasa mungkin sudah saatnya ada perubahan teknologi di setiap saat. Pada Generasi saat ini, layanan komunikasi seluler 4G telah digunakan selama 10 tahun. Sudah saatnya membuat terobosan kualitatif, sehingga begitu seseorang berbicara tentang jaringan 5G, akan muncul banyak gema.

Kedua, berkat Perang Dagang yang dilancarkan Amerika Serikat terhadap China sekitar dua tahun yang lalu, terutama Pemblokiran teknologi oleh Presiden Donald Trump terhadap perusahaan Teknologi Raksasa Negeri Tirai Bambu, Huawei yang sangat canggih dalam pengembangan produk 5G. Sehingga, mendorong 5G menjadi topik bahasan di garis terdepan. Jaringan 5G Huawei dianggap sangat berkemungkinan besar menyalip AS dan menjadikan China sebagai pemimpin Dunia di Abad-21.

Akhirnya, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada mereka yang selalu meragukan teknologi 5G. Karena dengan adanya perdebatan baru ada topik panas. Sebagai contoh, banyak orang berpikir bahwa Jaringan 5G hanyalah tipu muslihat. Mereka tidak dapat melihat seberapa besar manfaatnya bagi kita. Sementara, ada sebagian orang yang berpikir lebih rasional, namun khawatir apakah jaringan 5G akan meningkatkan biaya penggunaan karena biaya input yang sangat tinggi. 

Sebaliknya Tentu saja, masih ada sebagian besar orang yang selalu khawatir apakah 5G itu aman berhubung lebih banyak radiasi gelombang radio. Atau yang lebih lucu lagi, bahkan ada hoax wabah Covid-19 bisa menular lewat jaringan 5G dan sebagainya. 

Pada dasarnya masyarakat akan terus membicarakan segala kekhawatiran mereka namun, pemerintah atau perusahaan Telekom dan komunikasi masih akan terus mengembangkan jaringan Bisnis 5G.

“Sekarang pertanyaannya, Apa perbedaan mendasar antara jaringan 5G dan 4G ? Apakah hanya sekedar lebih cepat?”

Fakta tentang Jaringan 5G
Fakta tentang Jaringan 5G (Image:Smart Insight)

Seperti yang Kita ketahui bahwa jaringan 2G di banding 1G , 3G di banding 2G telah membawa kemajuan teknologi yang sangat besar. Sedangkan, Jaringan 4G di banding 3G mungkin kurang banyak kemajuan yang dicapai. Akan tetapi, apakah jaringan 5G adalah peningkatan secara bertahap, atau kemajuan yang akan membawa “revolusi jaman?”

“Apa dampak spesifik 5G terhadap kita?”

“Apa dampak 5G terhadap seluruh industri Internet seluler?”

“Siapa yang akan membayar untuk konstruksi 5G, dan siapa yang harus membayar pada akhirnya?”

“Jika 5G benar-benar bisa terkembangkan, perusahaan mana yang paling diuntungkan dan perusahaan baru apa yang akan terlahirkan? “

“Apakah 5G hanya permainan bagi para praktisi industri IT, atau apakah 5G benar akan memengaruhi industri lain?”

“Bagaimana perkembangan teknologi 5G di Indonesia? Lalu, Apa strategi negara tetangga dan lainnya?”

Atau, “Bagaimana cara menggunakan beberapa Fakta tentang jaringan 5G yang ada untuk melihat arah pengembangan 5G dan teknologi komunikasi Indonesia di masa depan?”

Apa Pendapat Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.