Advertisements

Google X

Oleh: Ricky Suwarno

8 Juli 2019

Google. Adalah perusahaan internet yang selalu menjadi idola di hati saya. Tidak mudah untuk menjelaskan perusahaan sebesar ini hanya dalam beberapa kalimat.

Beberapa saat yang lalu, Saya membaca di majalah “Atlantic Monthly” mengenai Google. Awal dari artikel dimulai dengan “Seorang perancang robot berbentuk ular, ilmuwan balon, ahli teknologi kristal cair, pakar fisika heterogen, ahli psikolog, pakar bahan elektronik, dan seorang reporter berjalan memasuki sebuah ruangan.

Reporter itu bertanya kepada kerumunan orang banyak, “apakah kita akan membangun rumah di atas laut?”

Ini bukan lelucon yang direncanakan. Orang-orang di dalam ruangan memiliki bakat khusus. Mereka dapat memecahkan segala masalah dengan solusi yang tidak bisa dijelaskan oleh orang biasa. Di kota-kota pesisir pantai yang padat penduduknya, perumahan menjadi masalah yang sangat serius. Rumah-rumah di lepas pantai bisa menjadi solusi ajaib.

“Apa manfaat spesifik ekonomi dari peningkatan pasokan perumahan?” Tanya pakar teknologi LCD. “Infrastruktur transportasi sangat mahal, adalah masalah utama?” Kata ilmuwan balon.

” Kehidupan di kota berpenduduk padat, bagaimana meningkatkan tingkat kebahagiaan masyarakat?” tanya Ahli Fisika heterogen.

Bagi orang yang lebih akrab dengan Google mungkin sudah menebak bahwa ini adalah Projek Google X Lab. Yang lebih dikenal sebagai “Moonshot Factory”.

Lembaga ini adalah laboratorium yang didirikan oleh Google pada tahun 2010. lembaga Ini adalah kumpulan ilmuwan dan insinyur top dari kalangan seluruh lapisan masyarakat di AS. Untuk mempelajari hal yang tampaknya tidak masuk akal. Tetapi sangat penting di masa depan. Sebagai contoh, Google X Lab diam-diam telah meneliti elevator ruang angkasa dan fusi dingin. Google X Lab juga mencoba menggunakan teknologi levitasi magnetik untuk mengembangkan skateboard suspensi. Atau untuk mengekstrak bahan bakar murah dari air laut. Sayangnya, proyek-proyek ini semuanya telah gagal.

Tentu saja, Google X juga memiliki sejumlah proyek yang sukses. Seperti proyek mengemudi tanpa berawak, Waymo. Yang telah dipisahkan secara independen. Dan dibiayai secara independen. Dan proyek Wing, drone yang dapat mengirimkan paket. Beserta proyek penggunaan air mata pasien diabetes untuk memantau gula darah melalui lensa kontak.

Di samping itu, Google X juga meluncurkan proyek terkenal seperti Google Glass. Google Glass secara low profile telah diam-diam mulai dijual. Dan telah memperbarui versi baru. Google akhirnya menyadari bahwa walaupun produk ini tidak cocok untuk konsumen biasa, tetapi sangat membantu dalam berbagai bidang profesional. Seperti medis, konstruksi, penerbangan, permesinan, dan sebagainya.

Google XLab memberikan kita suatu inspirasi, tentang sebuah kisah dongeng di dalam suatu organisasi. Yang mengatakan – jika tujuan kita sekarang adalah membuat monyet berdiri di atas alas setinggi 10 kaki, membacakan bagian-bagian dalam drama Shakespeare. Anda akan memulai darimana?

Ketua pemimpin Google X Lab, mengatakan bahwa untuk menunjukkan kemajuan proyek kepada bos dan investornya, banyak orang akan memulai dari pembangunan alas. Tetapi sebenarnya ini adalah pilihan terburuk. Karena pangkalan alas dapat dibangun setiap saat. Tetapi, jika Anda mulai melatih monyet untuk membaca drama Shakespeare, Anda dapat dengan cepat mengidentifikasi risiko dan masalah. Kemudian mempercepat proses belajar Anda.

Gaya kerja ini disebut “MonkeyFirst” di Google X. Artinya “melakukan hal yang paling sulit terlebih dahulu”. Saya merasa kita dapat mengadopsi prinsip ini dalam kehidupan sehari-hari.

Masih banyak proyek menarik dan berbagai informasi tentang Google X. Misalnya proyek eksperimental yang tampaknya sangat tidak praktis, seperti Calico, proyek melawan proses penuaan dan kematian. Kalau ada kesempatan, Saya sangat mendorong teman-teman untuk melihat dan mempelajari proyek Calico. Ini juga salah satu alasan mengapa saya begitu mengagumi Google dan selalu menjadikannya sebagai idola saya.

Just like grandma says, misi Google X adalah untuk menumbangkan Google saat ini. Dan mencari Google baru berikutnya. Yang sekarang sama sekali tidak tahu apa yang akan menjadi bisnis utamanya di masa depan.

Advertisements
Categories: artificial intelligence indonesia, Google X, Moonshot factoryTags: , , , , , ,

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: