Hal yang harus dilakukan ditahun 2020

Hal yang harus dilakukan ditahun 2020 yang mungkin berharga dalam bisnis dan kehidupan Anda. Pada dasarnya, tahun baru identik dengan evaluasi. Semangat baru. Sehingga perlu membuat resolusi tahun baru. Resolusi tahun baru selalu menjadi kegiatan yang menarik. Karena dengan begitu kita bisa merefleksikan apa yang sudah kita realisasikan selama setahun. Termasuk apa yang ingin kita capai pada tahun-tahun berikutnya.

Hal yang harus dilakukan ditahun 2020

Paling tidak ada lima Hal yang harus dilakukan ditahun 2020 untuk meningkatkan kualitas kerja dan kehidupan.

Pertama, melakukan tinjau lapangan. Pengetahuan yang kita pelajari dari buku pada dasarnya pengetahuan tangan kedua. Pengetahuan yang dirangkum dari kerja praktik adalah pengetahuan tangan pertama. Sulit untuk mengungkapkan apa yang bisa dirasakan kedalam buku. Jadi kita harus melihatnya dengan mata kepala sendiri. Mendengarkannya dengan telinga sendiri. Baru bisa memahami banyak hal yang terjadi di Indonesia maupun dunia.

Jika Anda seorang siswa, Anda bisa melakukan kerja atau tinjau lapangan. Karena ini merupakan metode belajar. Jika Anda seorang usahawan atau investor, Anda juga perlu melakukan tinjau lapangan. Karena dengan begitu Anda dapat mengumpulkan pengalaman dan mendapatkan wawasan tentang kebenaran. Jika Anda seorang pejabat, Anda juga harus melakukan survei lapangan. Karena ini adalah satu-satunya cara Anda dapat memahami kondisi nasional lebih akurat.

Imlek sudah berada diambang pintu. Mungkin bisa menggunakan liburan Festival Musim Semi atau Imlek bagi yang merayakan.

Selama Festival Musim Semi, kita bisa balik kampung. Ini adalah kesempatan investigasi lapangan. Kita dapat mengobrol dengan para penatua di desa, para penatua di klan untuk memahami sejarah keluarga maupun sejarah kota dimana Anda dilahirkan.  

Kita juga dapat bertukar informasi dengan orang-orang yang juga balik kampung waktu perayaan Imlek. Singkatnya, kita dilatih untuk mempelajari situasi di suatu tempat dalam waktu singkat.

Misalnya, kita dapat meninjau tingkat pembangunan kampung kita dengan melihat pembangunan infrastruktur terbarunya. Atau mengunjungi pasar tradisional lokal, untuk mengerti kehidupan sehari-hari penduduk lokal. Atau mengunjungi pemilik kantin, pemilik restoran, agen real estat, Atau PEMDA setempat untuk memperdalam pemahaman.

Kedua, melakukan survei karier. Pekerjaan dapat mempengaruhi pola berpikir seseorang. Ini adalah pengalaman saya. Sebagai contoh, dulunya saya selalu berpikir industri kedirgantaraan dan industri penerbangan adalah bidang yang sama. Tetapi kenyataannya mereka berbeda jauh.  

Di dalam industri Aerospace, ada perbedaan besar antara pembuatan satelit dan pembuatan roket. Sayangnya, terlalu sedikit yang bisa kita ketahui tentang profesi ini di masa lalu. Masing-masing profesi memiliki keahlian tersendiri. Biasanya, Orang tua masa kini selalu merancang rencana kehidupan anak-anak mereka hanya dengan dua pemikiran. Masuk pascasarjana dan Menjadi pegawai negeri.  

Permintaan kurang rasional ini mungkin hanya akan menunda masa depan anak. Karena Di Era Kecerdasan Buatan, pengembangan karir menjadi sangat beragam. Tetapi kita semua hampir tidak memiliki wawasan sedikitpun terhadapnya.

Itulah sebabnya, Hal yang harus dilakukan ditahun 2020 adalah mencoba mengerti bidang atau pekerjaan yang tidak kita pahami. Berusaha merangkum pola berpikir mereka. Titik awal bisa dimulai dengan mantan teman sekelas di SD, SMP, maupun mahasiswa yang sekarang cenderung tersebar di berbagai industri.  

Amati dunia dari perspektif industri lain. Kita dapat mengonfirmasinya dengan perspektif kita sendiri. Sehingga, memperkaya pemahaman kita tentang dunia ini.

Ketiga, berolahraga. Olahraga terutama berenang telah menjadi bagian dari hidup saya yang tidak bisa dipisahkan. Saya telah terbiasa berenang selama 25 tahun sampai sekarang. Seminggu, saya harus berenang 7000 meter walaupun di cuaca paling dingin di bawah -10 derajat. Sampai hari ini, saya masih mempertahankan ukuran pinggang yang sama dengan 25 tahun yang lalu. Berenang menjadikan saya berdisiplin dalam segala hal.

Prestasi ini tentu saja tidak layak dibanggakan. Karena Saya yakin masih banyak orang yang bisa melakukan lebih baik dari saya. Keuntungan terbesar dari olahraga bagi saya adalah belajar mengatur waktu dengan baik.  

Karena, kita mungkin sering mendengar banyak orang beralasan sibuk di kantor dan tidak ada waktu olahraga, atau menemani keluarga. Kedisiplinan ini mendorong kita meningkatkan efisiensi semua hal. Berolahraga adalah Ber-Action.

Keempat, Belajar sejarah. Begitu banyak pengetahuan baru dan teknologi baru yang harus dikuasai. Tetapi ketika kita memandang ke depan, membaca sejarah lebih bermanfaat untuk memahami era yang penuh ketidakpastian.  

Jika Anda ingin memahami mengapa globalisasi menurun, cara terbaik adalah memahami naik turunnya globalisasi ekonomi di abad-19 hingga saat ini. Atau Jika Anda ingin lebih memahami masa depan hubungan Dua Superpower mesin pendorong ekonomi dunia Sino-AS, cara terbaik adalah mempelajari titik balik hubungan Sino-AS di masa lalu. Termasuk latar belakang internasional dan domestik saat ini.  

Atau lagi, jika Anda ingin memahami seperti apa revolusi teknologi baru di masa depan, cara terbaik adalah melihat sejarah revolusi industri di masa lalu.

Semakin kita memahaminya, semakin kita setuju dengan perkataan Mark Twain. Dia mengatakan, “meskipun sejarah tidak terulang sendiri, tetapi mereka selalu memiliki rima yang sama.”  

Hal yang harus dilakukan ditahun 2020
Algoritma kehidupan adalah rutinitas paling dasar yang kita hadapi di dunia, Temukan, Ulangi dan perkuatkan (Image:Huffpost)

Di masa lalu, kita mempelajari dunia ini melalui para Ahli. Tetapi sekarang para ahli tidak tahu apa yang sedang terjadi. Di masa lalu, Kita mempelajari dunia ini melalui media. Tetapi media sekarang penuh dengan prasangka, apalagi media baru di Internet. Kita sekarang mengandalkan masa depan kita pada kemajuan teknologi. Tetapi para perintis teknologi muda tidak ada rasa hormat terhadap sejarah. Mereka tidak peduli risiko apa yang bakalan ditimbulkan teknologi baru. Akibatnya, Dunia akan semakin bergejolak. Semua jawaban terhadap risiko hanya bisa ditemukan didalam pengetahuan sejarah.

Just FYI, Jika Anda peduli tentang suatu masalah, telusuri sejarahnya. Misalnya, Anda mungkin berpikir kesenjangan antara si kaya dan si miskin adalah masalah penting. Maka Anda bisa membaca dan mempelajari hal terburuk apa yang terjadi pada periode ketika celah antara si kaya dan si miskin dalam sejarah tersebut.  

Disamping itu, kita bisa juga mempelajari konflik antara Amerika Iran yang lagi memanas belum lama ini.

Atau, bagaimana orang Israel dan Palestina bisa akrab bergaul?

Bagaimana orang Amerika keturunan jepang diperlakukan selama Perang Dunia II? Atau Mengapa orang India suka sekali berdebat dengan orang?  

Melihat sejarah orang lain akan membantu kita lebih memahami nasib kita sendiri. Mempelajari sejarah membuat kita lebih banyak menguasai nasib dan takdir kita sendiri.

Kelima, merekam dan membuat catatan kehidupan kita ditahun 2020. Mungkin proyek 10 tahun Ricky menulis Artificial Intelligence Indonesia tentang pengembangan teknologi terbaru Dunia dapat membangkitkan rasa misi di hati Anda. Dalam 10 tahun ke depan, Anda pasti akan menghadapi segala macam hal yang tak terduga. Sebagai saksi sejarah, Anda juga bertanggung jawab untuk mengamati dan mencatatnya.

Sekarang, Anda mungkin harus menulis ringkasan tahunan setiap tahun. Daripada menulis laporan ala kadarnya, lebih baik kita menenangkan pikiran dan merenung apa yang terjadi di sekitar Anda ditahun 2019. Apa latarbelakang dan hubungannya satu sama lain. Hanya dengan menulis Anda baru akan mengetahui apakah pemikiran Anda cukup jelas. Merekam tahun 2020 Anda adalah untuk melatih ekspresi Anda sendiri.

Just like grandma says, sebenarnya Kelima hal diatas tidak memakan banyak waktu. Tetapi mereka pasti akan mengubah hidup Anda dari internal sampai external. Hanya dengan mengubah diri kita, kita baru bisa mengerti dunia ini. Saran Ricky, Mulailah Action. Mungkin Anda juga dapat membuat rencana tindakan yang lebih rinci dan bermakna untuk tahun 2020. Marilah kita bersama melihat perubahan apa yang akan Anda capai di waktu setahun mendatang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.