Hari Belanja Online Nasional Alibaba

Hari ini tanggal 11 November 2019 Hari Belanja Online Nasional Alibaba yang ke sepuluh. Tanpa ragu, hari ini adalah hari Alibaba China mengejutkan dunia. Ketika ekonomi dunia lagi lesuh dan konsumsinya lamban, dunia sebaliknya melihat orang-orang China bergegas untuk membeli dan membeli di online hari ini. Banyak diantaranya sudah menyiapkan apa yang akan dibeli, dan dimasukkan dalam kereta belanja jauh beberapa hari sebelumnya. Ketika mendekati tengah malam, dan jam di TV mulai final countdown “5..4..3..2..1..Go…

Hari Belanja Online Nasional Alibaba

Pada 1 jam 03 menit 59 detik Pertama, saat pembukaan belanja Online (di jam 01:00AM), penjualan Alibaba memecahkan rekor baru. Mencetak penjualan sebesar 100 miliar Yuan atau sekitar 15Miliar dolar dalam satu jam. 43 menit dan 27 detik mencapai 15Miliar dolar lebih cepat dibanding tahun 2018. Atau, 8 jam lebih cepat dari tahun 2017. Wow….God, what a Money Machine.

Penjualan satu jam Alibaba telah melampaui PDB banyak negara di dunia. Jack Ma mungkin adalah orang paling bahagia di dunia hari ini. Ketika melihat angka penjualan yang kian melonjak. Memang benar, para wanita lah yang mengsukseskan Jack Ma. Karena, dibelakang wanita ada miliaran keluarga yang berkonsumsi.

Menurut salah satu media populer di Jepang, penjualan 1 Hari Belanja Online Nasional Alibaba atau Harbolnas di tanggal 11 November melampaui total penjualan Lotte Group setahun. 11.11 yang dikenal sebagai Double Single day, atau Hari Jomblo merupakan festival belanja terbesar di jagad raya ini, kata Yahoo Jepang.

Hari Belanja Online Nasional Alibaba ini bukan hanya dirayakan oleh China, seluruh dunia terutama wanita yang suka belanja telah meletakkan jarinya diatas ponsel. Menunggu momen merebut barang favorit mereka dengan diskon yang kadang sampai 70%-80% off. Hanya di detik ke 11, penjualan menembus 100juta Yuan. Di menit ke 12, penjualan pada jam 00:00am telah tiba di depan rumah pembeli di Shanghai.

Media Jepang terpesona sambil mengatakan, semua produk yang terjual di Harbolnas ini bisa mengelilingi Bumi sebanyak 1200 kali. Memerlukan 8 pesawat Boeing 747 untuk mengirimnya. Total jarak tempuh semua produk 627.641 juta meter, sekitar perjalanan ke dan dari planet Bumi dan Pluto pulang balik 40 kali. Volume transaksi telah mencapai tingkat yang tak terbayangkan.

Satu-satunya pesaing bagi Harbolnas Alibaba mungkin hanya Black Friday di Amerika Serikat. Ini adalah hari belanja online terbesar di AS. Tetapi pada Black Friday terakhir, penjualan terbesar dengan rekor tertinggi sekitar $6,22 miliar, jauh ketinggalan bila dibandingkan total penjualan Harbolnas Alibaba di tahun 2018 sebesar 30.8Miliar Dolar. 

Hari Belanja Online Nasional Alibaba memberikan saya beberapa inspirasi.

Inspirasi pertama, Dalam Dunia Digital ekonomi China memang telah menyalip AS. Amerika Serikat tidak bisa lagi dibandingkan, apalagi UE yang agak terpecah. Inilah keuntungan dari pasar besar yang bersatu.

Inspirasi kedua, Jaringan internet sudah merupakan infrastruktur terpenting. Saya masih ingat Sepuluh tahun yang lalu, ketika Double Eleven day diluncurkan, sebagian besar konsumen belanja melalui komputer. Tetapi sekarang, kebanyakan dari mereka menggunakan ponsel yang lebih cepat dan lebih nyaman. Apalagi Dengan datangnya 5G, China akan melangkah jauh lebih maju lagi.

Inspirasi ketiga, Pasar yang tertidur telah dibangunkan. Menurut prediksi Tmall (pasar online Alibaba), akan ada 100 juta konsumen baru tahun ini. Sebagian besar dari konsumen yang tertidur. Ini adalah keuntungan yang dibawa oleh telepon seluler. Di desa-desa terpencil yang belum ada kabel jaringan, tetapi mungkin ada telepon seluler.  

Inspirasi keempat, tumbuhnya Soft power atau Kekuatan lunak China. Telah ada banyak negara Barat mulai bergabung dan menjual produknya dalam Harbolnas Alibaba. Karena para konsumen bisa membayar lewat Alipay atau Wechat yang sangat praktis. Dalam waktu yang tidak begitu panjang, Hari Jomblo Alibaba ini akan menjadi Festival Belanja di seluruh dunia. Ini merupakan output penting dari Soft Power China.

Inspirasi kelima, Vitalitas ekonomi China masih berkelanjutan. Walaupun Tahun ini, ekonomi dunia mulai melemah, dan tingkat pertumbuhan China tidak secepat tahun-tahun sebelumnya, tetapi pembelian atau shopping…shopping di Harbolnas tidak ada gejala ekonomi lesu. Di satu aspek, menggambarkan kekuatan konsumsi Tiongkok dan vitalitas ekonomi yang masih kuat.  

Konsumsi baru dan pasokan baru telah menjadi arus utama dan kekuatan pendorong penting bagi perekonomian Tiongkok. Tidaklah heran mengapa Presiden China Xi Jin Ping mengatakan dalam China International Import Expo minggu lalu, bahwa pasar China sangatlah besar. Semua orang dipersilakan untuk datang melihat-lihat dan menjual produknya ke China.

Namun di balik pasar dan konsumsi yang besar, mungkin ada beberapa tips yang perlu di waspadai termasuk shopping online di Indonesia.

Pertama,

Ekonomi online yang tidak hentinya mencetak rekor, tetapi depresi dari ekonomi offline patut diperhatikan. Lihatlah bisnis situasi di Mall. Ini adalah pedang bermata dua dari kemajuan teknologi. Bagi mereka yang tidak bisa mengikuti perkembangan zaman, tidak secara aktif menyambut atau mentransformasikan kedalam dunia digital, ditakdirkan untuk menjadi penonton atau loser.

Hari Belanja Online Nasional Alibaba
Hari Belanja Online Nasional Alibaba dimeriahkan oleh salah satu penyanyi terpopuler di AS, Taylor Swift

Kedua,

Para konsumen China berani berbelanja besar-besaran dalam Harbolnas karena ada diskon besar-besaran juga. Diskon besar dan murah. Namun, merek-merek asing yang dibuat di Tiongkok walaupun seringkali didiskon secara bersamaan, harganya masih lebih mahal dibanding diluar negeri. Belum lagi dihitung biaya logistik yang dikirim ke luar negeri. Kok Bisa? Hal Ini layak untuk direfleksikan!

Ketiga,

Ekonomi online Tiongkok sangatlah maju. Penipuan online China diperkirakan menjadi yang paling serius di dunia. Misalnya, waktu Saya mengklik alat cukur, muncul banyak macam alat cukur online secara bersamaan. Kebocoran informasi yang sangat mengejutkan. Untuk menjamin keberlangsungan ekonomi Internet, penipuan online dan pembocoran informasi harus ditertibkan.

Keempat,

Tingginya harga perumahan telah memblokir daya konsumsi dan potensi ekonomi China. Ini adalah bahaya tersembunyi yang sangat penting.

Akhirnya, just like grandma says pembangunan adalah senjata Utama. Sepuluh tahun yang lalu ketika Media-media Jepang melaporkan Double Eleven day Alibaba, proporsi ejekan adalah proporsi yang lebih besar. Tetapi hari ini, Hari belanja online nasional Alibaba telah menjadi kegiatan bisnis seluruh dunia. Waktu telah menjadi satu-satunya cara terbaik untuk menguji hasil dan prestasi. Ketika Alibaba menjadi money machine hari ini, siapa yang masih akan menertawakan orang pertama yang makan kepiting.

Advertisements
Categories: Hari Belanja Online Nasional Alibaba Singles Day

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: