Advertisements

Hongmeng vs Android

Oleh: Ricky Suwarno

27 Mei 2019

Perang dagang yang dilancarkan Donald Trump terhadap Tiongkok telah menjalar ke bidang teknologi. Dengan pemutusan layanan Android terhadap semua ponsel Huawei, vendor seluler asal negeri Panda. Hal ini tidak mengejutkan Huawei. Karena pada awal tahun 2000, ketika Huawei bermaksud menjual perusahaannya ke perusahaan AS. Ketika semua negosiasi dan kertas dokumen telah di tandatangani. Tiba-tiba akuisisi dibatalkan. Hanya karena penggantian dewan direksi perusahaan tersebut.

Sejak saat itu, pendiri Huawei Ren Zhengfei telah tahu bahwa suatu saat bilamana mereka mau menginjaki kakinya ke panggung dunia teratas (To the Top), mereka pasti harus “tit for tat” dengan negara paling adidaya dialam semesta ini. Negeri paman Sam.

Sebelumnya, baik Samsung maupun Windows phone pernah meluncurkan OS pada ponsel mereka sendiri. Sayangnya, kurang berhasil dalam menandingi lawannya, Android. Salah satu Alasannya disebabkan oleh kurangnya aplikasi dan pengguna, sehingga kurang memungkinkan terbentuknya lingkaran ekologis.

Sekarang pertanyaannya, apa yang gagal dicapai oleh Microsoft dan Samsung sebelummnya, bagaimana bisa dioptimalkan oleh Huawei. Dibandingkan dengan sistem Android, perubahan apa yang akan terjadi pada sistem OS Hongmeng?

Sistem operasi seluler Huawei sebenarnya telah mulai dikembangkan sejak 7 tahun yang lalu. Sejak saat itu, mereka mulai menggunakan teknologi pengembangan OS terbaru yang khusus menyatukan 5G dengan seluler, komputer, laptop, tablet, TV, mobil, wearable products dan peralatan pintar lainnya.

Untuk menghadapi kendala terbesar dalam persaingan dengan iOS ataupun Android, OS Hongmeng telah mulai merekrut “tentara” developers di dunia sejak akhir tahun 2018. Dan untuk menanggapi kurangnya aplikasi dalam ekologis Huawei adalah sistem kompatibilitas. Kompatibel dengan semua aplikasi Android dan aplikasi web.

Setelah nantinya OS “Hongmeng” Huawei diluncurkan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menggunakan sistem ini. Pertama, bisa melakukan “root” atas seluler kita. Root adalah proses mengijinkan pengguna ponsel pintar, tablet atau piranti lainnya yang berjalan pada sistem Android untuk mendapatkan kontrol yang lebih tinggi.

Kedua, OS Hongmeng mengandung sebagian besar driver perangkat keras ponsel, seperti kamera , kartu memori dan lain-lain.

Berikut adalah beberapa Kemungkinan arsitektur OS Hongmeng:

Kernel Linux:

Menurut data paparan dari teman-teman di Huawei dan online, sistem operasi “Hongmeng” Huawei menggunakan kernel Linux. Dan mengoptimalkan kernel Linux secara khusus. Beberapa hasilnya telah bersumber terbuka. Dan diterapkan pada ponsel Huawei.

Ark compiler:

Beberapa waktu lalu, Huawei meluncurkan Ark compiler. Yang kemungkinan akan menjadi “pembuka” bagi Huawei untuk memasuki sistem operasi seluler. Ark compiler mengoptimalkan sistem dasar Android. Merealisasikan kompilasi kode statik. Dan tidak lagi bergantung pada lapisan tengah mesin virtual JAVA. Lebih dari 60% Efisiensi operasi sistem telah ditingkatkan.

OS Hongmeng berfungsi menyatukan komputer, ponsel, dan wearable products atau perangkat pintar lainnya yang dapat beroperasi satu sama lain, dengan menggunakan sistem operasi terpadu Hongmeng. Menerapkan fungsi yang mirip dengan iOS, dimana setiap terminal tidak independen. Ide desain ini sangat kompatibel dengan sistem operasi teknologi generasi berikutnya.

Jika bukan ponsel atau laptop komputer merek Huawei, jika ingin menginstal OS Hongmeng, pertama-tama kita perlu melakukan “root” pada ponsel tersebut. Dan kemudian melalui perangkat lunak pihak ketiga di root kedalam ponsel. Tentu saja, OS Hongmeng perlu memiliki driver perangkat keras terkait yang terintegrasi.

Seandainya, bagi aplikasi Android yang kurang daya kompatibelnya, setelah dikompilasi ulang dengan Ark Compiler, kemungkinan akan menjadi aplikasi Huawei yang sepenuhnya kompatibel.

Secara Singkatnya, dari beberapa aspek management team Huawei, OS Hongmeng yang telah dioptimalkan, memiliki banyak keunggulan dibanding sistem Android saat ini.

Just like grandma says, sekarang OS Hongmeng telah tersedia, dan masalah sistem ekologis aplikasi telah terselesaikan (300 juta pengguna). Sedangkan, penggunaan sistem Hongmeng OS (Github) tidak akan jauh berbeda dari sistem Huawei EMUI saat ini. Bahkan sulit untuk menemukan perbedaan dengan sistem EMUI yang sekarang.

Karena sistem EMUI sendiri dikembangkan oleh Huawei secara independen. Asalkan diganti dengan inti OS Hongmeng. Dan dapat digunakan secara langsung. Jadi untuk para pengguna ponsel Huawei, mungkin ini adalah masa transisi dan solusi terbaik.

Ketika ada orang yang memvonis, merendahkan, menjatuhkan bahkan memfitnah Anda, namun Anda tetap memberkati mereka. Akan ada satu pribadi yang selalu setia mendampingi Anda. Dia akan menuntun Anda dan membuka pintu bagi Anda. Bila Tuhan telah membuka pintunya, tidak ada yang bisa menutupnya. Demikian sebaliknya.

Advertisements
Categories: Hongmeng os github, Hongmeng vs android, Huawei OS Hongmeng, Android OSTags: , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: