Jalur sutra kuno dan modern

Jalur sutra kuno dan modern setelah kebangkitan Barat, sejarah dunia yang berpusat pada nilai-nilai Barat dengan nada yang jelas dan sederhana. Setelah Yunani kuno, muncullah Roma. Setelah Kekaisaran Romawi, adalah Masa Eropa Kristen. Kemudian setelah Abad Pertengahan, muncullah masa Renaisance. Sesudah Masa Renaissance, disertai Masa Pencerahan. Dimana akhirnya, Masa Pencerahan membawa Dunia memasuki Masa Revolusi industri. Dan Revolusi Industri menjadikan Inggris sebagai kekaisaran Dunia.  

Setelah itu, Dua perang dunia dan Perang Dingin, Amerika Serikat menggantikan Inggris sebagai kekuatan nomor satu di dunia dan berlanjut hingga hari ini.

Sejarawan Inggris Peter Frankopan yang sangat terkenal dengan bukunya “Silk Road: A New World History” berupaya meninjau kembali sejarah dunia dengan melompat keluar dari kerangka sejarah dunia yang berpusat di Dunia Barat ini. Dia berharap untuk menulis ulang sejarah di sekitar “Jalan Sutra.” Jalur sutra kuno dan modern.

Jalur sutra kuno dan modern

Namun, Jalur Sutra Peter Frankopan bukanlah “Jalur Sutra” yang biasanya kita pahami pada umumnya. Jalur Sutera yang secara umum dipahami, adalah rute perdagangan antara Tiongkok, Asia Tengah dan India. Yang dimulai dari China semasa Dinasti Qin dan Han.  

Jalur Sutra yang disebut oleh Peter Frankopan, adalah konsep abstrak yang mewakili “bagaimana orang bertukar barang, mode, bahasa, ide, kepercayaan, disertai kekerasan, penyakit, dan kerusakan lingkungan.” Ia berharap dapat menggunakan Konsep Jalan Sutra menceritakan bagaimana pertukaran antara Dunia Timur dan Barat, baik material ataupun spiritual.

Secara geografis, Jalan Sutra yang digunakan oleh Peter Frankopan merujuk ke bagian tengah-tengahnya Timur dan Barat. Dari pantai timur Laut Mediterania dan Laut Hitam ke pegunungan Himalaya. Dari perspektif hari ini, Peter Frankopan menyebutnya sebagai  kumpulan “negara-negara yang gagal”, dan negara-negara perbatasan seperti Afghanistan, Iran, Irak, Suriah, Kazakhstan, dan Turkmenistan.  

Tetapi dalam sejarah dunia, mereka adalah persimpangan dari peradaban Timur dan Barat. “Negara-negara ini bukan terletak di ambang urusan global, melainkan sebagai pusat pertukaran internasional.”

Hari-hari awal sejarah ini adalah kisah perdagangan antara beberapa kerajaan kuno. Pada masa itu, China adalah pengekspor barang-barang mewah terbesar di dunia. Dan sutra serta porselen dari Tiongkok terus di eksport ke Barat melalui Jalan Sutra.

Tetapi yang benar-benar menarik adalah persaingan antara jiwa orang-orang di Jalur Sutra. China dan India menganut kepercayaan Agama Buddha. Kekaisaran Persia menganut ajaran Zoroastrianisme. Yudaisme dan Kekristenan yang muncul dari dalam Kekaisaran Romawi, dan Islam. Agama Islam dapat bertumbuh cepat menjadi agama yang sama banyaknya  seperti agama Kristen, berkaitan erat dengan peperangan antara Roma dan Persia.

Pada saat konfrontasi antara Barat Kristen dan Timur Arab Islam, di Jalan Sutra muncullah dan bangkitnya Kekaisaran Mongol dan Rusia. Kekaisaran Mongolia pernah menduduki dan memerintah hampir seluruh dunia. Kebangkitan Rusia justru memengaruhi pola geopolitik dunia modern. Jalur sutra kuno dan modern.

Dalam pandangan Peter Frankopan, ada dua titik balik yang benar-benar memengaruhi sejarah dunia yang berpusat di Jalur Sutra.

Titik balik pertama terjadi pada akhir abad ke-15. Frankopan mengatakan bahwa seluruh dunia telah mengalami perubahan mendasar pada akhir abad ke-15. Sejak saat itulah Eropa menjadi pusat dunia untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Dua penjelajah Eropa telah mengubah nasib dunia. Pada tanggal 2 Agustus 1492, Columbus memimpin tiga kapal besar untuk berlayar dari pelabuhan Spanyol selatan. 5 tahun kemudian, armada lain mulai berlayar dari Lisboa-Portugal, di bawah kepemimpinan Vasco Da Gama. Columbus kemudian menemukan Dunia Baru namanya Amerika. Vasco Da Gama melewati ujung paling selatan Afrika dan tiba di Samudra Pasifik, membawa jarak India ke Eropa lebih cepat.

Peter Frankopan mengatakan: “Dunia telah berubah sejak penemuan-penemuan baru tahun 1950-an. Eropa bukan lagi tepi urusan global, tetapi kekuatan pendorong pembangunan dunia. Keputusan yang dibuat oleh Madrid dan Lisbon dapat memengaruhi dunia luar ribuan mil jauhnya. Seperti Baghdad, Luoyang, ibu kota Mongolia Hala, dan Samarkand Asia Tengah. Sekarang semua jalan bisa menuju ke Eropa.

Benua Eropa kemudian menjadi pusat dunia. Belanda, Portugal dan Spanyol telah bangkit satu demi satu. Kemudian disertai Inggris, yang dikenal sebagai “Kerajaan Britania Raya.”  

Kesibukan perdagangan di Jalur Sutra beraneka ragam. Tetapi kali ini sangat berbeda. Emas dan perak dari Amerika, rempah-rempah dari India, porselen, teh dan sutra dari Cina, serta budak-budak dari Afrika terus-menerus dihisap dan diangkut ke Eropa.  

Jalur Sutra saat itu lebih mirip seperti rute pasokan untuk negara-negara kuat. Produk-produk yang mereka angkut kembali ke Eropa adalah produk setelah revolusi industri. Dan tentu saja, termasuk Opium yang mereka selundupkan ke Cina.

Drama penting dalam Jalur sutra kuno dan modern dipentaskan berulang-ulang. Revolusi mesin uap, negara-negara kuat seperti Inggris membangun daerah koloni di mana-mana. Kekuatan Eropa menaklukkan kekaisaran kuno lainnya di dunia. Revolusi kemerdekaan Amerika, Perang Dunia Pertama dan Perang Dunia Kedua dan seterusnya.

Titik balik kedua terjadi pada tahun 1901, ketika pengusaha Inggris William Knox D’arcy memperoleh hak eksplorasi konsesi atas tanah Persia dari raja Persia. Perjanjian ini memberikan D’arcy hak penuh. Tidak ada batasan untuk menambang minyak di kedalaman Persia. Akhirnya lahirlah British Petroleum Company, atau yang kita kenal hari ini perusahaan minyak BP, salah satu perusahaan minyak terbesar di dunia.  

Jalur sutra kuno dan modern
Jalur sutra kuno dan modern

Tetapi kemudian pemerintah Inggris membeli sebagian besar saham minyak BP. BP menandatangani hak klausul rahasia selama 20 tahun untuk memasok minyak ke Angkatan Laut. Dalam pandangan Menteri Angkatan Laut Inggris saat itu, dan kemudian Perdana Menteri Inggris Winston Churchill, masalah minyak telah menjadi isu strategis nasional.

Mulai dari konsesi ini, “Sang penakluk sekali lagi merampas semua kekayaan Dunia dan mengangkutnya ke Eropa.” Selain semua teori konspirasi, harus diakui bahwa segala yang terjadi di Timur Tengah sampai sekarang, berkaitan erat dengan Sumber daya minyak yang kaya. Kadang berkat Tuhan bisa menjadi menjadi bencana karena sifat manusia yang serakah.

Just like grandma says, kekayaan minyak, aliran agama yang ekstrim dan terorisme yang berkembang biak di Timur Tengah mengingatkan dunia akan pentingnya kawasan ini. Karena jaringan energi, agama, dan kekerasan masih aktif berfungsi. Pada saat yang sama, kebangkitan Asia yang diwakili oleh Cina, juga mengingatkan Dunia Barat harus mementingkan Dunia Timur. Peter Frankopan berkata: ” Jalur sutra kuno dan modern adalah jembatan antara Timur dan Barat. Sampai Sekarang ini kita masih membangun kereta cepat dan mengangkut minyak dan gas di Jalur Sutra seperti yang dilakukan China dan India.

Advertisements
Categories: Jalur sutra kuno dan modern

1 thought on “Jalur sutra kuno dan modern

  1. Pepatah tua Tiongkok mengatakan Sebelum umur 30, ortu wajib bertanggungjawab atas nasib anaknya. Sebagai ortu, kita wajib beependidikan/berpengetahuan luas. Baru bisa mengarahkan anak kita. Ortu adalah contoh dan teladan garis utama bagi anak2. Mereka mempelajari segalanya dari kita. Sesudah itu baru belajar dari sekolah dan teman2 sekitar lingkungannya. Jadikan membaca dan belajar sebagai kebiasaan mutlak sehari2. Umpamanya, Ricky sendiri harus membaca 4-6jam sehari. Karena dalam buku ada tambang emas. Bacalah tentang teknologi masa depan seperti AI. AR.VR.IOT.BLOCKCHAIN.5G. SMartcity.energi baru dll seperti semua artikelnya Ricky yg mengungkap semua teknologi diatas. Berikan anakmu lingkungan yg berpotensial. Karena siapa temannya sangat menentukan masa depannya. Belajarlah bhs Mandarin karena China bakalan menggantikan AS sbg pemimpin dunia diabad 21. Kalo ada kesempatan bawa dia belajar di AS dan China. Perluas wawasannya. Seeing is believing. Semoga pandangan dan ulasan Ricky yg dangkal ini bisa berguna. Salam sejahtera 🙏🏻 Ricky

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: