Jenis pekerjaan masa depan

Jenis pekerjaan masa depan seiring hadirnya teknologi baru AI dan 5G akan berubah dan hilang. Namun, sebaliknya banyak jenis pekerjaan baru akan terciptakan juga. Dalam 100 tahun, 50 tahun, dan bahkan 10 tahun terakhir, pekerjaan kita telah banyak berubah. Salah satu karya futuris adalah mempertimbangkan perubahan apa yang akan terjadi pada masa depan. Misalnya, Sebuah artikel di majalah Fast Company memperkenalkan pandangan dua futuris tentang jenis pekerjaan masa depan.

Jenis pekerjaan masa depan

Pertama-tama, Jenis pekerjaan masa depan mungkin berbentuk “suku dan kelompok”. Menurut Liselotte lyngs, seorang mitra pendiri perusahaan konsultan Future Navigator, bahwa gaya hidup manusia di masa-masa awal, manusia pada dasarnya akan mencari dan bekerjasama dengan orang-orang yang bermanfaat baginya. Yang Dapat membantu kita berkembang dan berkelanjutan.  

Liselotte yakin hal ini dapat menggambarkan cara kita mengatur pekerjaan dan kehidupan di masa depan. Yaitu, kita akan mencari organisasi yang lebih kondusif untuk mengembangkan karir kita.

Kedua, konsep pensiun akan memudar secara bertahap di masa depan. Di masa depan, mesin atau robot-robot AI akan bekerja jauh lebih efisien daripada manusia terutama dalam pekerjaan tertentu. Sehingga, manusia akan menjadi lebih manusia. Kita mesti menemukan dan memanfaatkan potensi diri sendiri.

Karena sebenarnya, banyak diantara kita semua masih belum mengetahui dan mengolah potensi kita dengan baik. Oleh karena itu, banyak norma kerja saat ini seperti 996 (teori yang diutarakan Jack Ma untuk waktu kerja kebanyakan perusahaan internet di Tiongkok yang masuk kerja dari jam 9am dan pulang kantor jam 9pm 12 jam sehari, bekerja 6 hari seminggu), cara kerja kantor tradisional, hierarki yang ketat ataupun konsep pensiun akan berubah secara perlahan.  

Di masa depan, orang-orang mungkin tidak akan pensiun pada usia tertentu. Kita akan mempunyai banyak waktu beristirahat sepanjang karir. Kita bahkan dapat memilih cara yang paling cocok untuk bekerja (paruh waktu atau penuh waktu). Atau, bisa juga memutuskan di mana kita bekerja.

Jenis pekerjaan masa depan
Jenis pekerjaan masa depan

Ketiga, mendefinisikan ulang Arti kepemimpinan. Menurut pakar futuris Yesim Kunter, Jenis pekerjaan masa depan menekankan dan merangsang potensi terbesar individu.  Mengharapkan orang-orang untuk lebih bersemangat terhadap pekerjaan mereka. Sehingga, “insentif” akan menjadi bagian terpenting dari kepemimpinan.  

Just like grandma says, Kita bekerja untuk karier dan keyakinan sendiri. Oleh karenanya, jika suatu perusahaan dapat membuat karyawannya memiliki perasaan seperti ini, maka karyawan akan lebih effisien dan termotivasi di tempat kerja. Tetapi hal semacam ini perlu diciptakan oleh seorang pemimpin. Pemimpin adalah orang yang berkarisma dengan banyak pengikut, bukannya orang yang mengelola orang lain.

Advertisements
Categories: Jenis pekerjaan masa depan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: