Advertisements

Keuntungan dan Manfaat Artificial Intelligence dalam kehidupan

Oleh: Ricky Suwarno

19 Juli 2019

Pakar kecerdasan buatan, Michael Jordan. Yang memiliki nama yang sama dengan bintang bola basket, Michael Jordan. Profesor Michael Jordan yang ini, membagi konsep AI menjadi tiga kategori. Yakni Human Imitative AI (Manusia imitatif AI), Intelligence Augmentation (Augmentasi kecerdasan), dan Intelligent Infrastructure (Infrastruktur cerdas).

Human Imitative AI adalah teknologi kecerdasan buatan yang umumnya dipahami orang saat ini. Augmentasi kecerdasan, mengacu pada peningkatan kecerdasan. Meningkatkan kreativitas dan kecerdasan orang melalui data komputer. Sedangkan, Infrastruktur cerdas merujuk pada jaringan infrastruktur komputasi, data, dan entitas fisik. Yang dapat digunakan untuk meningkatkan lingkungan manusia. Internet of Things adalah versi awal dari konsep ini.

Di antara tiga jenis konsep AI, Profesor Jordan paling tertarik pada Intelligence Infrastructure. Infrastruktur cerdas. Para insinyur IoT hanya peduli dengan satu masalah. “Berikan setiap perangkat alamat IP sehingga dapat terhubung ke jaringan.” Namun, menurut Profesor Jordan infrastruktur cerdas tidak hanya fokus pada “jaringan”. Tetapi juga cara mentransfer data. Cara menggunakan data. Memperlakukan segala sesuatu sebagai dasar. Keseluruhan jaringan pengetahuan aliran data. Inilah baru inti masalahnya.

“Profesor Jordan menambahkan, titik pemikiran tentang masalah ini seharusnya, siapa peserta dalam sistem ini? Dan bagaimana mereka terlibat dalam sistem ini? “

Saat ini, mobil jaringan dapat dilihat sebagai sistem infrastruktur cerdas. Yang tidak lengkap. Dan sangat terbatas. Mobil jaringan adalah sistem transportasi bilateral. Pengemudi dan penumpang masuk dari aplikasi yang berbeda. Dan penumpang dari sisi permintaan, melihat pengemudi pemasok. Dan kemudian mengajukan penawaran.

Data menjadi semakin banyak. Preferensi bilateral menjadi lebih jelas. Mobil jaringan lebih mudah beradaptasi. Namun, keterbatasannya juga sangat besar. Hanya sebagian kecil dari masalah yang dapat dipecahkan. Tetapi jika interaksi pasar dapat dikombinasikan dengan sistem rekomendasi, hasilnya mungkin akan lebih baik.

Profesor Jordan memberikan contoh tentang sistem rekomendasi. Interaksi pasar. Tentang Pemilik restoran dan pengunjung. Jika seseorang berjalan di jalanan. Dan membuka aplikasi pada saat mendekati makan malam. Pengunjung ini bermaksud mencari restoran. Jika aplikasi itu tahu Lokasi dan selera pengunjung tersebut, maka dapat memberi tahu pemilik restoran yang relevan tentang informasi potensial pelanggan.

Setelah situasi dasar diketahui, pemilik restoran dapat menggunakan diskon dan sebagainya untuk menawarkan pada potensial pelanggan.

Dengan cara ini, terbentuklah pasar bilateral. Pengguna dapat memilih untuk menerima. Atau menolak. Pemilik restoran dapat lebih mengenali pengguna dari perilakunya. Jika pengguna sudah sering berlangganan ke restoran beberapa kali, maka koneksi akan terbangun.

Dalam proses ini, pengguna sangat senang. Karena mendapatkan diskon. Menikmati makanan yang enak. Dan melakukan kontak dengan restoran. Pemilik Restoran ini juga sangat bahagia. Karena restoran dapat keuntungan. Memanfaatkan sepenuhnya sumber daya dan memiliki pelanggan yang menyukai masakannya.

Tidak ada sistem pusat yang rumit. Atau super pintar dalam proses ini. Hanya jutaan entitas yang melakukan pertukaran data. Dalam jumlah besar dan keputusan yang didistribusikan setiap hari.

Tidak peduli apakah itu makanan, hiburan atau transportasi, layanan apa pun di dalam kota dapat dilakukan dengan cara ini.

Singkatnya, just like grandma says ini adalah pasar yang memungkinkan data beralir, dan preferensi terekspresi sepenuhnya. Kita semua perlu lebih memperhatikan konsep ini.

Advertisements
Categories: artificial intelligence indonesia, keuntungan AI, Manfaat Artificial Intelligence, Manfaat kecerdasan buatanTags: , , , , , ,

1 thought on “Keuntungan dan Manfaat Artificial Intelligence dalam kehidupan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: