Komputer kuantum telah lahir

Komputer kuantum telah lahir adalah kabar baik buat dunia. Pemikiran komputasi kuantum telah terbukti secara matematis. Namun, kapan komputer kuantum berskala besar dan memecahkan masalah secara praktis, masih belum ada titik jelas dalam dunia akademik.

Komputer kuantum saat ini ibarat seorang anak bayi yang baru lahir. Meskipun kita masih belum tahu akan seperti apa ketika dia tumbuh dewasa. Tetapi selama kesehatan dan indikatornya normal, dia akan terus tumbuh dan membawa penuh harapan.

Komputer kuantum telah lahir

Hegemoni kuantum merupakan indikator yang diajukan oleh para ilmuwan pada tahun 2011. Penghancuran total terhadap komputer klasik. Tentu saja, bukan sepenuhnya melampaui komputer klasik. Ini lebih seperti indikator lab bahwa komputer kuantum dapat mencapai hegemoni kuantum dan untuk masalah komputasi tertentu, ia memiliki kekuatan komputasi di luar semua komputer klasik.

Pada 20 September 2019, Google mengklaim dalam makalahnya telah mencapai tempat pertama dalam hegemoni kuantum. Komputer kuantum mereka berhasil menyelesaikan masalah komputasi dalam 200 detik, dimana superkomputer terbaik saat ini membutuhkan waktu 10.000 tahun untuk menghitung masalahnya. Akan tetapi, masalah ini dirancang khusus dan belum memiliki nilai nyata.

Menurut makalah Google, komputer kuantum mereka hanya memiliki 53 qubit. Masih ada jalan panjang untuk merealisasikan algoritma praktis seperti algoritma Shor.

Ada kemungkinan kita dapat menggunakan komputer kuantum lebih awal. Namun, ini bukan komputer kuantum dengan fungsi lengkap. Tetapi komputer kuantum yang hanya dapat digunakan untuk memecahkan masalah tertentu. Komputer kuantum masih membutuhkan banyak persyaratan. Tetapi jika kita menurunkan standar, komputer kuantum akan jauh lebih mudah diimplementasikan saat ini. Seperti yang dimiliki Google sementara ini.

Misalnya, dengan mengabaikan kemampuan koreksi kesalahan komputer kuantum. Versi komputer kuantum yang disederhanakan ini juga memiliki pasar potensial yang sangat besar. Banyak perusahaan dan institusi berusaha berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan. Seperti industri obat-obatan penyakit Alzheimer, Parkinson dan diabetes. Penyebab penyakit ini karena beberapa kesalahan pelipatan protein dalam tubuh manusia.

Molekul protein adalah struktur kompleks yang terdiri dari banyak atom. Termasuk struktur tiga dimensi yang juga mempengaruhi sifat-sifatnya. Jadi untuk mempelajari struktur protein, terutama responsnya terhadap berbagai obat, cara terbaik adalah menggunakan komputer mensimulasikan semua atom yang membentuk protein. Dan kemudian membuat semua perubahan dan reaksi di komputer.

Tentu saja, operasi seperti itu tidak dapat dicapai dengan mengandalkan kekuatan komputer klasik. Tapi hanya bisa dilakukan melalui komputer kuantum. Cukup dengan versi sederhana.

  • Wave Kuantum Annealing adalah komputer kuantum komersial pertama yang diperkenalkan oleh perusahaan D-Wave di Kanada pada awal 2007. Sekarang NASA dan Google telah membeli komputer kuantum semacam ini untuk menyelesaikan masalah optimasi yang sebenarnya.

Harapan paling ideal di dunia akademis adalah dalam 10 tahun mendatang, ratusan komputer kuantum umum berskala ratusan bit kuantum dapat direalisasikan.

Pengembangan lebih lanjut dari komputer kuantum membutuhkan pertimbangan komprehensif pada tingkat sistem dan algoritma. Pengalaman pengembangan komputer klasik sebelumnya dapat dijadikan referensi. Sebagai contoh, modularisasi, jaringan, dan skema lainnya dapat digunakan untuk meningkatkan ukuran bit kuantum, sehingga komputer kuantum yang dapat dikoreksi dengan kesalahan skala besar dapat direalisasikan. Semakin banyak algoritma kuantum dikembangkan, semakin banyak masalah akan terselesaikan pada komputer kuantum. Komputer Kuantum telah lahir.

Batas komputer kuantum adalah batas mekanika kuantum

Menurut para pakar bahwa penggunaan terbesar komputer kuantum bukanlah untuk menyelesaikan kesulitan saat ini, tetapi untuk menemukan masa depan. Atau singkatnya, “Batas komputasi kuantum adalah menemukan batasnya sendiri.”

Esensi komputer adalah evolusi sistem fisik. Hukum yang diikuti oleh sistem fisik ini adalah hukum komputasi. Apakah hukum sistem fisik lebih mendasar dan lebih rendah, menentukan daya komputasi komputer yang lebih kuat.

Oleh karena itu, batas-batas komputer klasik sebenarnya adalah batas-batas fisika klasik. Demikian pula, batas komputer kuantum secara alami adalah batas mekanika kuantum.

Batas komputasi kuantum terletak pada apakah kita dapat menerobos mekanika kuantum. Ini adalah hukum kodrat paling dasar dan tingkat terendah yang dapat kita kuasai sekarang.

Seiring meningkatnya jumlah pengetahuan manusia, klasifikasi ilmu pengetahuan menjadi semakin terperinci. Sulit untuk mempromosikan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi hanya dengan mengandalkan kecerdasan dan umur manusia yang terbatas seperti di Era Newton dan Einstein.

Tujuan evolusi manusia di era baru adalah menggunakan mekanisme kerja sama yang efektif untuk mengumpulkan kecerdasan semua manusia dalam mengatasi pertumbuhan  pengetahuan ilmiah yang pesat.

Komputer kuantum telah lahir
Komputer kuantum telah lahir, negara Adidaya dunia berlomba dalam penemuan komputasi kuantum

Saat ini, rekan-rekan ilmuwan dan teknologi dunia dengan penelitian paling mutakhir seperti komputasi kuantum, antarmuka otak-komputer, kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence, iOT dan sebagainya. Tujuan utamanya supaya lebih efektif menghubungkan kecerdasan masing-masing individu di dunia.

Ricky percaya bahwa peningkatan daya komputasi yang diwakili oleh komputasi kuantum adalah teknologi inti dari evolusi manusia. Ketika manusia menemukan hukum alam yang lebih mendasar dan tingkat yang lebih rendah, itu adalah masa puncak komputer kuantum dengan daya komputasi yang lebih kuat.

Terus terang, Ricky sangat bersyukur karena Ricky selalu dikelilingi oleh banyak teman pengusaha dan ilmuwan Tiongkok yang hebat dan cerdas. Mereka selalu bersedia membagi pengetahuan dengan Ricky. Sehingga, Ricky juga bisa membaginya dengan teman-teman dan Anak muda di Indonesia.

Tiongkok dan Amerika Serikat berada di Eselon pertama dalam penelitian Kuantum. Bisa baca di artikel “perebutan Supremasi Kuantum”. Tim peneliti Tiongkok telah memperoleh prestasi hasil kelas dunia dalam berbagai solusisirkuit superkonduktor, perangkat topologi, titik kuantum, perangkap ion, dan foton. Dalam pengembangan komputer kuantum, Tiongkok pasti akan mencapai status sains dan teknologi yang sesuai dengan kekuatan nasionalnya. Ricky mengacungkan jempol besar untuk keberanian Bapak Presiden Jokowi dalam mengubah kurikulum pelajaran Indonesia. Karena anak muda kita atau SDM adalah kunci membawa Indonesia ke ajang internasional.

Just like grandma says, Komputer kuantum telah lahir. Dan sekarang masih seperti bayi. Semua indikatornya sangat normal. Dan membawa harapan besar bagi masa depan dunia. Meskipun kita sekarang belum memiliki komputer kuantum universal dalam arti sebenarnya, namun sudah ada komputer kuantum yang bernilai di area tertentu. Ricky yakin perkembangan komputer kuantum akan membawa kita ke Era Dunia baru dalam waktu 10 tahun mendatang.

Advertisements
Categories: Komputer Kuantum telah lahir-Google dan IBM

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: