Advertisements

Kuantum, dan kartu bank Anda

Oleh: Ricky Suwarno

4 Mei 2019

Menurut studi yang dilakukan oleh Mastercard, rata-rata masyarakat sekarang memiliki 3-5 kartu bank. Atau sekitar 10 akun di perangkat. Atau bahkan pada beberapa aplikasi berbeda.

Rata-rata setiap minggunya pemegang kartu bank memasukkan paling tidak satu password. Atau,8 password setiap harinya oleh pengguna internet. Kurang lebih 16% pengguna internet tidak lupa dengan nomor passwordnya. Dan 84% diantaranya sering lupa.

Jika password alias kata sandi kartu bank Anda dapat dipecahkan oleh orang lain dalam sekejap, Anda pasti merasa tidak aman kan?

Dalam dua tahun terakhir, cryptographers atau pakar password di seluruh dunia merasa sangat tidak aman. Karena komputasi kuantum di masa depan, dapat secara instan memecahkan semua kata sandi yang ada.

Seberapa kuat daya komputasi komputer kuantum?

Misalnya, dengan superkomputer tercepat di dunia, Sunway Taihu Light dari China beberapa tahun yang lalu, dengan kecepatan proses tertinggi 93.01 PFLOPS. China memerlukan waktu lebih dari 100 tahun untuk menghitung persamaan. Komputer kuantum dapat menyelesaikan hanya dalam 10 detik.

Mengapa komputasi kuantum bisa melakukannya?

Sederhananya, komponen dasar dari komputer tradisional adalah transistor. Cara operasinya adalah, 0 atau 1. Dan hanya dapat bergerak secara berurutan. Ibaratnya Seperti membuat jembatan. Satu bagian dan bagian selanjutnya.

Tetapi komputer kuantum sangat berbeda. Komponen yang paling mendasar adalah foton, elektron, dan partikel mikroskopis. Yang mengikuti mekanika kuantum. Dapat berupa 0 dan 1 dalam satu kali operasi.

Just like grandma says, jika menggunakan komputer tradisional, perlu tahap demi tahap atau satu bagian demi satu bagian seperti pembuatan jembatan. Tetapi, komputasi kuantum dihitung dengan cara seperti menumpuk gunung dari semua arah. Permukaan kerjanya dapat diperluas sangat besar. Sehingga kecepatan perhitungan ini akan menjadi sepuluh triliunan kali lebih cepat.

Pertanyaannya sekarang, Bagaimana merancang kata sandi yang tidak dapat diuraikan oleh komputer kuantum adalah arah penelitian terpanas di bidang teknologi informasi saat ini.

Advertisements
Categories: artificial intelligence indonesia, komputasi kuantumTags: , , , , , , , ,

1 thought on “Kuantum, dan kartu bank Anda

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: