Lagu Pertama ciptaan AI

Lagu Pertama ciptaan AI bernama “Bangun” oleh Netease. Netease atau bahasa Mandarinnya Wang Yi, sebuah perusahaan teknologi Internet Tiongkok yang menyediakan layanan online, dan berpusat pada konten, komunitas, komunikasi, dan E-Commerce.

Dalam ” 2020 NetEase Future Conference” dipertengahan bulan ini mengumumkan satu terobosan lagu baru. Lagu ini sangat spesial. Lain dari lagu biasanya. “Bangun” adalah lagu pertama NetEase yang sepenuhnya dibuat oleh teknologi kecerdasan buatan.

Lirik Lagu Pertama ciptaan AI

Lagu “Bangun” hanya memakan waktu satu jam dari awal pembuatan hingga produksi akhir. Dalam hal penulisan, platform kreasi cerdas NetEase telah mempelajari banyak materi seperti bahasa, novel, artikel, dan puisi. Dalam hal aransemen, algoritme perusahaan menganalisis banyak lagu yang sudah jadi dan mengekstrak apa yang disebut ” standar estetika populer ” darinya. 

Menurut standar ini, algoritme menyelesaikan pengaturan dalam waktu 30 detik. Pada akhirnya, suara manusia yang dihasilkan oleh algoritme menyanyikan lagu lengkap. Menurut saya suaranya agak mirip dengan Deng Ziqi, penyanyi dan penulis lagu asal Mutiara dari Timur, Shanghai. Jika tertarik, Anda dapat mendengarkannya di NetEase Cloud Music.

Dari segi melodi, seluruh lagu memiliki ritme yang ringan, rasa masa depan, dengan lirik, sangat indah dan menyentuh. Dalam sekejap, kesepian dan kesedihan manusia virtual baru saja dibangunkan dalam menghadapi ketidakpastian di masa depan. Namun akhirnya, antusiasme dan keberanian untuk menciptakan dunia baru membawa manusia dan AI untuk hidup berdampingan secara harmonis.

Perlu diketahui bahwa lagu ini tidak dibuat oleh NetEase Cloud Music. Melainkan, diciptakan oleh Laboratorium Kecerdasan Buatan Fuxi di bawah NetEase Games dan Departemen Audio Leihuo. Leihuo Audio adalah tim produksi audio game NetEase.

Game Netease adalah perusahaan Gaming kedua terbesar di Tiongkok sesudah Tencent dengan total pendapatan sebesar 6,67 Miliar Dolar di tahun 2019 menyalip Electronic Arts dari AS. Salah satu Game terkenalnya bernama “A Chinese Ghost Story” dan sebagainya.

Lagu Pertama ciptaan AI
Lagu Pertama ciptaan AI (Image: World Today News)

Just like grandma says, seiring datangnya Jaringan 5G dalam beberapa tahun terakhir, pertumbuhan produk online seperti game dan video pendek juga mendorong permintaan produksi musik komersial. AI memberdayakan kreasi musik, yang dapat memberikan NetEase kemampuan untuk memproduksi musik komersial secara massal.

Apa Pendapat Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.