Lapisan kapabilitas aplikasi 5G

Lapisan kapabilitas aplikasi 5G terutama di sisi Komunikasi berupa kemampuan transmisi jarak jauh, pemrosesan waktu Nyata dan Akses multi-Perangkat. Yang perlu kita ketahui bahwa yang dibeli pengguna bukanlah teknologi 5G, melainkan apa yang sebenarnya bisa 5G lakukan atau realisasikan.

Teknologi 5G terutama menyediakan tiga terobosan seperti terobosan dalam bandwidth, kecepatan me-respons, dan akses multi-perangkat. Namun, yang lebih penting selain kapabilitas sisi komunikasi, kemampuan IT adalah sumber sebenarnya dari keindahan teknologi 5G. Secara sederhananya, Kemampuan IT adalah inti dari Jaringan 5G.

Apa itu kemampuan IT ?

Pertama, AI atau kecerdasan buatan + cloud. Jika Anda dapat memanfaatkan dukungan broadband 5G dan dukungan kecepatan respons, maka Anda dapat menikmati dukungan “pusat komputasi besar” yang ditangani oleh kecerdasan buatan kapan saja dan di mana saja.

Kedua, kapabilitas AR dan VR telah ada di mana-mana. Bagi yang pernah menggunakan perangkat VR pasti tahu bahwa sebagian besar perangkat AR yang kita pakai  sekarang adalah perangkat lokal. 

Lapisan kapabilitas aplikasi 5G

Tetapi di masa depan, jika Anda dapat menikmati perangkat AR dan VR dari jarak jauh, maka kehebatannya dapat segera dibayangkan. Penyediaan layanan membutuhkan ” struktur rantai ganda ” , di satu sisi adalah kemampuan komunikasi, di sisi lain adalah kapabilitas IT.

Kemampuan IT dapat dibagi menjadi kemampuan perangkat lunak dan kemampuan perangkat keras. Jadi jangan lupa, bahwa perangkat lunak kecerdasan buatan dibangun di atas perangkat keras. Sedangkan, bagi VR dan AR, selain perangkat keras komputasi jarak jauh, masih ada banyak perangkat keras lokal yang perlu didukung, sehingga tentu saja Anda baru dapat menikmati pengalaman yang lebih sempurna.

Misalnya sistem Headset VR yang sangat terkenal, Oculus yang diakuisisi oleh Facebook beberapa tahun yang lalu. Headset Layar selalu menjadi hambatan. Meskipun data dapat ditransfer, tetapi tampilan tidak nyaman ketika kita menggunakannya. Hal ini pasti akan mempengaruhi pengalaman kita. Tampilan dalam Oculus membuat pengguna Merasa pusing. 

Ada banyak perangkat layar lain seperti perusahaan yang selalu dianggap paling mampu memecahkan masalah distorsi bernama “Magic Leap”. Perangkat yang mereka gunakan namanya “Light Field Technology atau Teknologi Medan cahaya.”

Teknologi medan cahaya bukan untuk mengembalikan gambar dua dimensi ke dalam tiga dimensi, tetapi secara langsung mengumpulkan semua cahaya yang tampak di dunia eksternal kedalam tiga dimensi. Apa yang kita lihat adalah dunia nyata eksternal tiga dimensi. Jadi Tentu saja, tidak akan ada masalah distorsi. 

Tapi sejauh ini, Magic Leap hanya menunjukkan beberapa peralatan demo. Peralatan demo mereka kelihatan cukup besar dan kasar. Tampaknya, masih terlihat jauh dari komersialisasi nyata.

Ngomong-ngomong, masih ada jarak tertentu antara penggunaan komersial nyata 5G. Jadi di satu sisi kita harus melihat jadwal kematangan Jaringan 5G itu sendiri. Di sisi lain, kita juga perlu memperhatikan jadwal kematangan peralatan 5G berkaitan. Hanya dengan keduanya dapat disinkronkan, Aplikasi baru baru bisa sukses ditampilkan. 

Oleh karena itu, sangatlah tidak mudah bagi Developer yang membuat aplikasi. Mereka tidak hanya harus memperhatikan aplikasi mereka sendiri, tetapi juga harus peduli dengan kemajuan seluruh industri seperti perangkat lunak dan perangkat keras terkait lainnya. 

Tentu saja, untuk bisa berhasil dalam Augmented Reality (AR), Headset dan sistem penentuan posisi sangatlah penting. Perusahaan dengan sistem penentuan posisi terbaik saat ini adalah HTC, perusahaan multinasional yang memproduksi berbagai produk telekomunikasi bermarkas di Taiwan.

HTC adalah perusahaan yang pertama membuat telepon seluler didunia. Sayangnya, telepon selulernya belum mencapai prestasi yang memuaskan dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan ada rumor bahwa HTC akan menjual seluruh unit bisnis telepon selulernya. Dari hal ini, kita harus tahu bahwa ponsel adalah andalannya. Apabila unit bisnis ponsel di jual, bukankah berarti HTC akan kehilangan segalanya?

Untungnya, HTC masih memiliki garis vitalitas. Sistem pelacakan dan pemosisiannya sangat hebat. Di dalam lingkungan Realitas Virtual (VR), jika tidak ada sistem pelacakan dan pemosisian, Gambar-gambar yang terlihat dalam kamera akan bergoyang ke kiri dan ke kanan ketika kita menggelengkan kepala kita dari sisi ke sisi.

Namun, ketika kita melangkah maju atau mundur, gambar didalam kamera juga akan sulit direalisasikan secara akurat. 

Tetapi dengan sistem pelacakan dan penentuan posisi, segala gambar maupun interaksi dengan lingkungan dapat dilakukan dengan baik. Jadi di masa depan, realitas virtual adalah perangkat yang sangat penting. Sehingga, sejauh ini teknologi HTC masih yang paling maju. Ada kemungkinan besar, Bisnis usaha HTC akan dibangkitkan seiring datangnya jaringan 5G. 

Sampai sekarang ini, segala Tuntutan kebutuhan manusia dalam 5G telah ditembus. Tetapi masih ada satu hal yang paling sulit untuk disimulasikan, yaitu sentuhan ujung jari.

Jadi Bagaimana perusahaan telekomunikasi mengatasi masalah ini?

Menggunakan motor getaran. 

Masalahnya, itu adalah permukaan yang relatif mulus, tetapi setelah Menggunakan motor getaran dan ketika ia ingin membuat kita merasa “kasar” saat disentuh, kita akan merasa kasar. Atau sebaliknya, berharap kita merasa halus seperti sutra atau minyak pelumas. Jadi cara menipu perasaan sentuhan kita mungkin akan berbentuk suatu adegan skenario dalam  aplikasi.

Adegan skenario ini Akan pertama kali muncul di layar ponsel. Seperti kita ketahui, layar ponsel sekarang kebanyakan berupa layar sentuh. Artinya, ketika Jari kita bertumpu di atas layar, layar ponsel ini bisa merasakan posisi jari kita. Layar sentuh plus motor getaran akan menghasilkan keajaiban. Ketika ponsel menambahkan getaran pada posisi jari kita secara bersamaan, membuat jari kita terasa berbeda.

Peluang dalam Aplikasi 5G

Semua hal ajaib ini akan banyak ditemui di Era Realitas Virtual. Teknologi ini sudah ada, misalnya ponsel seperti iPhoneX.

Getaran motor adalah teknologi yang ditanamkan oleh Apple untuk pasar realitas virtual di masa depan. Di kemudian hari, baik iPhone11 dan iPhone12 akan melanjutkan teknologi ini. Jadi, begitu realitas virtual atau Augmented Reality mulai matang, Apple akan menjadi salah satu pemain terbesar dalam bidang tersebut.

Tentu saja, akan ada lebih banyak perusahaan ponsel dari Tiongkok maupun Korea yang dapat menanamkan teknologi ini. Perusahaan yang penuh dengan tinjauan ke Teknologi masa depan adalah “letak pesona teknologi.”

Kita dapat menilai arah perkembangan teknologi jauh di depan. Ketika aplikasi sudah matang, kita semua baru akan menyadari betapa mudahnya teknologi tersebut. Sekarang kita telah memahami apa yang dapat dipecahkan oleh lapisan kapabilitas aplikasi 5G.

Lapisan kapabilitas aplikasi 5G
Lapisan kapabilitas aplikasi 5G (Image:Huawei)

Just like grandma says, hal yang paling menarik dari 5G sebenarnya memecahkan masalah apa yang dapat kita lakukan. Karena kesempatan terbesar di pasar ini adalah Anda dapat membuat aplikasi baru dan menciptakan peluang yang baru juga. 

Selanjutnya, kita akan memasuki ” lapisan bisnis ” untuk membahas industri mana yang secara langsung akan diuntungkan dan bidang mana yang dapat melahirkan peluang aplikasi terbesar. 

Jika Anda seorang wirausaha, ini adalah tautan yang paling ingin Anda dengar atau harus Anda fokuskan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.