Advertisements

Libra (Part One)

Oleh: Ricky Suwarno

20 Juni 2019

Tanggal 18 Juni, situs resmi Libra mata uang digital Facebook resmi diluncurkan. Disertai Kertas Putih Koin Stabilisasi Libra. Yang akan berfungsi sebagai infrastruktur moneter. Dan keuangan global yang memudahkan miliaran orang didunia.

Saat ini ada 1,7 miliar orang di dunia yang tidak memiliki rekening bank. Atau sekitar 31% dari populasi global. Di sektor keuangan tradisional, pengiriman transfer lintas batas cukup rumit. Perlu waktu 3-5 hari. Atau Sekitar 40 Milliar dolar tercuri, atau terampok akibat Penggunaan uang tunai di AS. Mereka yang tidak memiliki rekening bank harus membayar biaya lebih dari $ 4 per bulan.

Munculnya Koin Stabilisasi Libra memungkinkan semua orang untuk berpartisipasi dalam dunia keuangan. Memiliki fungsi keuangan blockchain. Dan fitur keuangan tradisional seperti nilai stabil. Perdagangan cepat. Skalabilitas dan keamanan. Bila projek ini berhasil., Facebook akan mendefinisikan kembali arti dan nilai “uang”. Mengubah ekonomi global. Dan memperkuat hegemoni USD.

Libra adalah mata uang stabil. Diklasifikasikan sebagai mata uang digital. Mata uang stabil adalah, sistem integrasi poin yang mengunci nilai. Blockchain, setara dengan sistem yang tidak dapat dirusak. Atau digantikan. Pada sistem ini, bisa merilis suatu poin. Dan poin dapat diperdagangkan. Mata uang stabil, artinya poin ini memiliki nilai yang stabil.

Di sistem blockchain, integral Libra sama dengan $ 1. Harganya stabil. Jika Anda memiliki 10 Libra di akun Anda, itu berarti Anda memiliki $ 10 di tangan Anda. Anda dapat mengkonsumi Libra ditempat yang ada transaksi Libra. Anda dapat membeli Libra dengan uang. Atau menukar Libra dengan uang. Menurut buku putih Libra, membeli Libra harus melalui mata uang 1: 1. Mata uang akan ditransfer ke cadangan. Ukuran cadangan menentukan nilai aktual Libra. Mungkin berfluktuasi, tetapi sangat kecil.

Libra beroperasi di dalam Libra Blockchain. Sebuah infrastruktur keuangan global yang mencapai miliaran pengguna. Dan mendukung throughput transaksi yang tinggi. Dengan kata lain, kapasitas blockchain ini cukup untuk mendukung volume perdagangan miliaran orang di seluruh dunia.

Sebelum Facebook merilis Libra, sebenarnya telah banyak mata uang stabil yang berpengaruh di pasar cryptocurrency digital. Seperti USDT, GUSD, PAX dan sebagainya. Mata uang stabil ini digunakan untuk deposito. Dan melindung nilai di pasar cryptocurrency digital. Yaitu, jika seseorang ingin berspekulasi dengan koin, ia dapat membeli koin stabil. Dan kemudian membeli dan menjual cryptocurrency digital lainnya di pasar, seperti bitcoin. Tujuan utama mata uang stabil adalah “pembayaran global”. Tetapi fungsi ini jarang digunakan karena pasar yang tidak tertib.

Dari daftar mitra yang diterbitkan oleh Facebook, kita dapat melihat ringkasan penggunaan mata uang stabil ini. Yakni sebagai alat pembayaran. Seperti wechat pay atau Alipay.

Libra Association disponsori oleh Facebook. Dan dijalankan oleh puluhan organisasi. Perusahaan yang ingin bergabung dengan Libra blockchain perlu membayar $ 10 juta sebagai biaya keanggotaan ke Facebook. Dan kemudian, mereka dapat menjalankan node pada blockchain untuk melihat data dan Izin untuk menulis data. Saat ini, ada 28 mitra yang terdaftar. Diperkirakan akan meningkat sampai 100 mitra di masa depan. Facebook dapat menghasilkan $ 1 miliar pendapatan dari keanggotaan. Setara dengan $ 1 miliar dalam pembiayaan untuk proyek Libra.

Asosiasi Libra akan memberikan prioritas kepada anggota asosiasi. Untuk mendorong anggota menggunakan Libra sebagai pembayaran dalam ekologi mereka sendiri. Anggota pendiri harus bekerja keras untuk berinovasi secara teknis. Sehingga, Libra dapat diterapkan dalam skala besar.

Dewan direksi dapat memperoleh 1 suara untuk setiap keanggotaan. Satu anggota pendiri hanya bisa mendapatkan 1 suara. Atau 1% dari total suara. Untuk mencegah monopoli konsorsium.

Di antara 29 organisasi mitra, ada Uber, eBay dan PayPal. Serta Mastercard, VISA, Andreessen Horowitz, dan USV. Dalam industri e-commerce, eBay, platform e-commerce terkemuka di dunia. Atau Mercado Pago, situs e-commerce Argentina. Farfetch, situs web barang mewah online. Ada juga beberapa lembaga investasi terkenal, seperti dana Andreessen Horowitz yang didirikan oleh pendiri Apple Marc Andreessen. Investor Twitter dan Coinbase, Union Square Ventures dll.

Tentu saja, perusahaan blockchain yang menyediakan dukungan teknis untuk Libra Blockchain, seperti Coinbase, BisonTrails, Xapo dll. Perusahaan pembayaran Mastercard, Visa, Stripe, Paypal, akan berfungsi sebagai peserta pembayaran utama di luar ekosistem Facebook. Uber dan Lyft, adalah pemain terkemuka dalam ekosistem berbagi ekonomi dan Internet seluler. Di samping itu, operator seluler seperti Vodafone dan Iliad juga telah bergabung dengan Libra Blockchain.

Pengguna dapat membeli koin stabil Libra secara langsung. Dan kemudian mengkonsumsi pada saluran seperti Facebook atau Paypal. Atau berbelanja di eBay, berinvestasi, isi pulsa, atau membayar ongkos taksi.

Mata uang stabil ini berpotensi mengubah pola Internet dunia seperti halnya di Tiongkok saat ini.

Sebelumnya, ada dugaan Facebook Koin Libra akan digunakan terutama untuk fungsi pembayaran Facebook Messenger, WhatsApp dan Instagram. Akan tetapi, pembayaran global adalah tujuan utama Libra.

Facebook Libra dapat membawa volume transaksi 50-80 triliun dolar di masa depan. Jika FB memungut biaya dua per seribu persen untuk setiap biaya, maka pendapatan biaya minimal 100 miliar dolar setahun. Wow..akan melebihi pendapatan Facebook saat ini. Dan, bila Facebook menaikkan proporsi biaya, maka angka ini akan melebihi $ 200 miliar.

Pasar pembayaran lintas-batas dunia saat ini berskala US$125 triliun per tahun. Perbedaan nilai tukar dan biaya administrasi untuk pembayaran kartu kredit lintas-batas sekitar 5% dari biaya administrasi dan biaya layanan. Membuat orang-orang yang sering ke luar negeri atau melakukan perdagangan internasional merasa sakit hati.

Cryptocurrency digital tidak terbatasi oleh kebijakan dan wilayah. Seperti halnya mata uang digital tradisional. Selama ada akses Internet dan blockchain, dapat dihubungkan. Mereka dapat ditransfer melalui blockchain. Ini membuat Libra Facebook memiliki karakteristik mata uang global. Baik itu transfer lintas batas. Atau pembayaran lintas batas.

Selama Facebook mengurangi biaya pemrosesan pembayaran lintas batas, Facebook Libra akan mematikan semua bisnis pertukaran, atau money changer tradisional.

Selama Perang Dingin, AS membentuk sistem mata uang global dengan dolar. Semua bisnis internasional pada dasarnya dibayar dalam dolar AS. Namun, resesi ekonomi dan krisis, membuat status mata uang global dolar menurun. Karena pemerintah AS mencetak uang secara bebas. Semaunya saja. Tanpa mempedulikan pendapat atau komen negara lain. Untuk setiap dolar yang dicetak Amerika Serikat, akan mengakibatkan depresiasi cadangan devisa negara lain.

Advertisements
Categories: artificial intelligence indonesia, Libra Facebook cryptocurrencyTags: , , , , , ,

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: