Lingkaran pertemanan dunia

Oleh: Ricky Suwarno

Mungkin banyak diantara kita terbuai dalam internet. setiap hari. Senang karena mendapatkan banyak teman baru. Dari medsos seperti Facebook. Whatsapp. Instragram maupun wechat. Boleh-boleh aja kok. Tetapi perlu diingat, teman di medsos mungkin bukanlah sahabat di dunia nyata. Walaupun, ratusan sampai ribuan. Tetapi tidak menjamin sebagai sahabat karib. Yang sohib abis, Bro.

Demikian juga, lingkaran pertemanan dunia. Bila anda ingin membina hubungan yang karib dan tahan lama, Bisnis partner, adalah kuncinya. Kata Bill Gates.

Dunia sekarang, sedang menjauhi system buatan Amerika. Dan secara bertahap sedang membentuk tiga lingkaran pertemanan. Tepatnya lingkaran pertemanan perdagangan dunia. Diantaranya, Dua perubahan dunia yang sangat jelas.

Perubahan pertama, perubahan di dalam domestik AS sendiri. Perpecahan divisi internal Amerika, yang menciptakan dan terbagi atas Amerika tradisional dengan internasionalisasi Amerika sendiri.

Internasionalisasi Amerika, kebanyakan terletak di pantai Timur dan Barat. Tempat pemukiman sejumlah besar orang Yahudi dan imigran baru dari Asia. Sedangkan, di daratan tengah adalah tempat tinggal orang Amerika lama atau Amerika tradisional.

Hasil pemilihan yang baru berlalu, umumnya sangat konsisten dengan distribusi geografis penduduknya.

Selat pantai Timur dan Barat yang berwarna biru adalah pendukung partai demokrat. Dan daratan tengah dengan warna merah sebagai pendukung Partai Republik.

Banyak yang berpendapat bahwa, pemisahan identitas ini adalah konflik mendasar yang disebabkan AS pada waktu WWII di tahun 1945.

Perubahan besar kedua, perubahan yang sedang terjadi atas Negara-negara pasar berkembang dan Eropa.

Dunia sedang menjauhi system Amerika. Di satu sisi, ekonomi Negara berkembang semakin kuat. Dan telah mampu menerbitkan sejumlah besar obligasi mata uang domestik seperti BRICS atau Asean.

Sehingga, dampak kenaikan suku bunga Federal Reserve (dalam mencukur bulu domba dunia) membawa dampak pengaruh lebih sedikit dibanding masa lalu.

Singkatnya, kondisi ekonomi Negara berkembang, jauh lebih kuat dari sebelumnya.

Pada saat yang bersamaan, situasi ekonomi Negara-negara Eropa yang dipimpin oleh Jerman juga berjalan cepat. Meskipun tingkat pertumbuhan ekonominya hanya 1.7%. Tetapi esensi di balik ini adalah Jerman, sebagai kekuatan ekonomi terbesar Eropa, sedang mempersatukan dan mengintegrasi system ekonomi mereka.

Rantai ekonomi Jerman, telah berhasil integrasi dengan Belanda, Italia Utara, Austia, Swiss, Swedia dan wilayah lainnya.

Makanya, untuk mengerti kemajuan ekonomi Eropa, lihatlah Jerman. Karena, pengaruh ekonomi Jerman telah jauh melebihi pertumbuhan yang kita lihat lewat statistik.

Di sisi lain, Negara-negara Eropa yang berusaha melepaskan diri. Dari cengkeraman Amerika. Dan berusaha mencari jalan sendiri. Terutama, Eropa tengah dan Timur. Seperti Hongaria dan Republik Czech. Orientasi kebijakan mereka sangatlah sederhana. Secara ekonomi, mendekatkan diri dengan Jerman. Tetapi diplomatic dan politik harus independen. Anti Barat. Barat disini, mencakup Eropa Barat.

Saya percaya, dua perubahan besar inilah yang lagi membentuk tiga lingkaran pertemanan dunia.

So Again, just like grandma says, lingkaran pertemanan dan perdagangan dunia pimpinan Amerika. System perdagangan Amerika Utara. Terdiri dari AS, Meksiko dan Kanada. 20% perdagangan antara Meksiko dan Kanada berasal dari AS. Jadi mereka hanya bisa menerima. Dan tidak ada kompromi.

Lingkaran pertemanan kedua, lingkaran perdagangan Eropa yang dipimpin Jerman.

Sedangkan, lingkaran pertemanan ketiga, adalah Negara-negara Belt and Road Initiatives (BRI), yang dipimpin China. Termasuk didalamnya adalah Negara Asean, Afrika, dan Amerika Latin.

Tiga lingkaran pertemanan dunia inilah yang sedang membentuk rantai industry dunia saat ini. Setiap perusahaan besar di Negara manapun, perlu bertata letak dalam tiga lingkaran ini. Dan melakukan rantai pasok global sendiri.

Pemerintahan sekarang telah mengembangkan berbagai pencapaian. Dalam mewujudkan visi dan peranan Indonesia di persaingan global. Meningkatkan kontribusi sector industry manufaktur kita dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Maupun dunia.

Advertisements
Categories: artificial intelligence indonesiaTags: , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: