Manajer produk yang teriterasikan

Manajer produk yang teriterasikan meliputi kecemasan industri internet. Dulunya, Manajer produk adalah cadangan talenta untuk menjadi CEO. Di masa keemasannya, “semua orang adalah manajer produk” merupakan slogan yang sangat terkenal. Banyak selebriti internet Tiongkok seperti “The Father of Wechat” Zhang Xiao Long juga seorang manajer produk. Pria berusia 49 tahun ini memimpin tim kurang dari 10 anggota mengembangkan versi pertama WeChat dalam waktu 70 hari pada tahun 2010.

Dari ambisius hingga “kecemasan” saat ini, di manakah posisi manajer produk berubah dalam gelombang Era Internet? Sekarang, Internet seluler sedang mengalami masa jenuh. Internet mulai memasuki industri fisik. Bagaimana kita memahami kembali posisi manajer produk? 

Setiap orang bisa menjadi manajer produk merupakan suatu kesalahpahaman. Pada bulan Juni 2020, perusahaan Raksasa Internet Tencent yang terkenal dengan berbagai macam produknya, mulai mengatur posisi manajer produk secara internal. Dan mengganti nama manajer produk di bawah level tertentu menjadi perencanaan atau operasi produk. 

Manajer produk yang teriterasikan

Jaman ketika semua orang menjadi manajer produk telah berakhir. Pada saat yang sama, ada banyak laporan tentang pengangguran manajer produk. Dalam beberapa tahun yang lalu, manajer produk masih merupakan karier impian. Sebenarnya, bukan karena manajer produk tidak lagi dibutuhkan, tetapi banyaknya manajer produk yang tidak memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas produk telah dieliminasi.

Memang ada kesenjangan besar antar individu untuk kualitas yang dibutuhkan oleh karir manajer produk. Pada dasarnya, manajer produk junior akan di minta merancang fungsi login. Namun, Banyak orang bahkan tidak dapat mengerjakan fungsi dasar ini. Karena dalam fungsi login, banyak lompatan logika yang diperlukan.

Misalnya, apa yang harus dilakukan jika pengguna lupa kata sandi. Bagaimana cara masuk dengan akun pihak ketiga. Atau setelah pengguna memasukkan kata sandi yang salah berapa kali akan terkunci dan sebagainya.

Tampaknya pekerjaan semacam ini dapat dilakukan dengan baik bila cukup berhati-hati. Akan tetapi, faktanya tidak demikian. Manajer produk Membutuhkan cetak biru pikiran yang jelas. Perlu melakukan penelitian pengguna sebelumnya, dan harus memperhitungkan berbagai kemungkinan.

Disamping itu, ada sebagian manajer produk dapat “mengambil satu langkah lebih maju” dan bertanggung jawab atas perencanaan keseluruhan proyek. Tetapi tidak semua manajer produk memiliki kemampuan ini. Pandangan keseluruhan sangat penting bagi seorang manajer produk. Bagaimana melihat masalah dari perspektif orang yang bertanggung jawab, cara menilai pasar dan membantu perusahaan menghasilkan keuntungan.

Sayangnya, ada sebagian besar manajer produk tidak berpikir seperti itu. Mereka hanya berfokus pada fungsi dan produk yang ada.

Mungkin ada yang berpikir bahwa manajer produk hanya bertugas melakukan interaksi aplikasi, seperti mendesain logika lompatan antarmuka. Seperti di mana harus meletakkan tombol ini. Atau di mana meletakkan kotak pencarian. Tetapi pada kenyataannya, manajer produk adalah suatu Konsep yang lebih luas.

Untuk mempermudah pemahaman tentang manajer produk, mungkin kita bisa menggunakan metafor seperti berikut. Dalam industri konstruksi, Arsitek adalah manajer produk. Dalam Hal peralatan rumah tangga, perancang lemari es adalah manajer produk.

Sebenarnya, istilah Manajer produk pertama di dunia berasal dari perusahaan bernama Procter & Gamble (P&G). Dimana, Manajer produk ini bertanggung jawab atas pembuatan sabun. Setiap industri memang memiliki manajer produknya sendiri. Tetapi namanya mungkin berbeda. 

Dalam industri Internet, ada banyak jenis manajer produk. Dalam arti sempit, manajer produk merancang interaksi Aplikasi dan situs web hanyalah sebagian kecil dari mereka. Contoh manajer produk lainnya Misalnya, manajer produk penghitungan data yang terutama bertanggung jawab menganalisis data bisnis. Manajer produk Algoritmik, yang bertugas mengoptimalkan algoritme berdasarkan umpan balik aktual dan lain-lain.

Di samping itu, ada juga manajer produk yang khusus bertanggung jawab merancang aktivitas untuk pertumbuhan pengguna. Manajer produk yang berorientasi bisnis produk pelanggan, manajer produk perangkat keras cerdas, manajer produk khusus solusi integrasi perangkat lunak dan perangkat keras dan sebagainya.

Dalam pandangan Ricky, manajer produk saat ini lebih mirip Tim strategi. Dimana Tim ini bertanggung jawab atas pertumbuhan pendapatan perusahaan. Hal ini berkaitan erat dengan perubahan lingkungan bisnis industri Internet. 

Di tahun-tahun awal, sebagian besar produk didorong oleh pengalaman dan permintaan pengguna. Saat ini, semakin banyak produk perusahaan didorong oleh model pendapatan dan pertumbuhan pengguna. Itulah sebabnya dalam merekrut manajer produk, kandidat dengan latar belakang ekonomi dan strategi bisnis lebih diminati. Mereka harus bisa menilai tren masa depan, daripada hanya mengoptimalkan logika yang ada.

Dewasa ini, berbagai kebutuhan aplikasi di sekitar kehidupan kita pada dasarnya telah terpenuhi. Bila Dibandingkan dengan era ekspansi di masa lalu, saat ini semakin sedikit aplikasi yang dapat “diciptakan lagi.”

Menurut Ricky, manajer produk tidak memiliki batasan industri. Kuncinya terletak pada bagaimana membentuk metodologi dalam karier Anda. Metodologi ini berkaitan tentang pertumbuhan dan peningkatan pengalaman pengguna. 

Seorang Manajer produk yang matang, kompetensi intinya bukanlah pada pemahaman bisnis. Bila Dia harus Beralih ke industri yang tidak dikenal sama sekali, Dia hanya perlu beberapa bulan untuk memahami bisnis. Dimana pada akhirny dia akan dapat memainkan perannya lagi.

Ibarat seorang Top Sales yang telah menguasai metodologi penjualan, Dia akan berhasil lagi walau menjual produk apa pun.

“Dulu ada pepatah yang mengatakan bahwa manajer produk mengubah dunia. Namun kenyataannya, bukan manajer produk yang mengubah dunia, tetapi produk Internet yang mengubah dunia. Dengan kata lain, metodologi yang terkandung dalam produk Internet yang mengubah dunia.”

Kemajuan terbesar dalam dunia internet adalah semua keputusan didasarkan pada retensi data, kuantifikasi, dan umpan balik waktu nyata. Era dimana suatu perusahaan dapat berjalan cepat dengan langkah-langkah kecil, namun beriterasi secepat kilat. Hal Ini sulit dilakukan dalam industri fisik.

Misalnya, membangun gedung hanya dapat diselesaikan satu kali dan tidak dapat dikerjakan berulang. Inti dari transformasi industri tradisional bukanlah pada digitalisasi bisnis. Meskipun telah digitalisasi, namun metode “Iterasi” tidak dapat digunakan dalam hal membangun gedung. Tapi perubahan model manajemen setelah digitalisasi adalah revolusioner untuk industri fisik.

Seorang manajer produk industri Internet, lebih berfokus pada kognisi persepsi yang berpusat pada pengalaman pengguna atau users experiences. Manajer produk Internet Industri sering kali perlu mengukur nilai suatu tindakan dengan rasio masukan terhadap pengeluaran. 

Karena dia sendiri pada dasarnya adalah pengguna sendiri. Akan tetapi dalam Internet Industri tidak seperti itu. Hal ini dikarenakan ia memiliki pihak pembuat keputusan dibelakangnya.

Dibandingkan dengan Internet, Internet industri memiliki persyaratan yang lebih tinggi untuk manajer produk. Karena internet industri dibatasi serangkaian proses dan struktur perusahaan yang kompleks dan perlu bertanggung jawab atas “pihak pembuat keputusan utama”.

Sehingga, Hal ini mengharuskan manajer produk Internet Industri memiliki pemahaman yang mendalam tentang industri. Termasuk kemampuan memprediksi industri, kemampuan mengatur operasi kolektif, dan mengoordinasikan sumber daya internal dan eksternal. 

Selain itu, mereka harus memiliki pemikiran bisnis yang memadai. Seperti pemahaman dan pemikiran yang kuat tentang biaya dan keuntungan, model promosi bisnis, ekologi dan rantai pasokan. Dalam industri Internet, poin di atas adalah poin bonus untuk menjadi manajer produk yang baik. Tetapi di bidang Internet industri, ini adalah ujian wajib. 

Manajer produk yang teriterasikan
Manajer produk yang teriterasikan (Image: The Org)

Just like grandma says, manajer produk yang teriterasikan pada dekade mendatang dalam industri Internet, teknologi akan memulai transformasinya ke dunia dengan tampilan lain. Ini telah menjadi peralatan otomatis dan sistem manajemen yang membuat ekonomi riil yang luas lebih efisien dan transparan. 

Manajer produk, kelompok yang pernah mengubah dunia di industri perangkat seluler, sekarang harus memasuki industri riil. Karena ada tanah yang lebih luas menunggu mereka untuk diberdayakan. 

Apa Pendapat Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.