Masalah Mobil Otonom Waymo

Masalah Mobil Otonom Waymo telah menjadi permata dikalangan industry otomotif. Yang akan mempengaruhi kehidupan kita di masa depan. Namun, ada sebagian orang yang merasa takut. Mereka kuatir AI mobil otonom akan membawa kekacauan di dunia.

Sejak tahun 2018, topik mobil otonom mulai mendingin. Sejak Masalah Mobil Otonom Waymo ataupun Uber terjadi kecelakaan beberapa kali. Menabrak mati pejalan kaki.

Masalah Mobil Otonom Waymo

Mobil otonom naik di jalan? Mungkin masalah berikut harus diselesaikan dulu. Sebelum mobil otonom menjadi mainstream dalam kehidupan manusia.

Pertama, kesulitan mengenali gesture atau isyarat manusia.

Seperti pengenalan bahasa alami atau natural language, kendaraan otonom menemukan masalah isyarat dari pengemudi. Ataupun pejalan kaki.

Misalnya, di lokasi konstruksi, ataupun persimpangan lampu lintas yang rusak. Mobil otonom mungkin bingung dengan panduan gesture. Dan gerakan tangan polisi lalu lintas.

Kedua, masalah salju.

Mobil otonom perlu mengenali rambu-rambu jalan. Seperti pembagi jalur, belokan, ataupun jalur bus. Di musim dingin, salju akan menutupi tanda-tanda di jalan. Dan memblokir sensor sehingga membutakan kendaraan.

Ketiga, masalah hujan.

Musim hujan juga membuat Masalah Mobil Otonom Waymo sangat pusing kepala. Karena hujan deras membuat tanda-tanda di jalan menjadi kurang jelas. Uap air membuat kamera jadi buta. Kendaraan otonom tidak bisa mendeteksi banjir di depan mata. Sehingga mereka tidak berani bertindak gegabah. Yang akhirnya, pasti menyebabkan macet panjang di sepanjang jalan.

Keempat, masalah komunikasi yang tidak kompeten.

Mobil otonom nantinya akan menggantikan mobil berawak. Dan perlu masa transisi yang lama. Nantinya mobil otonom harus berbagi jalan dengan mobil berawak. Dimana pada akhirnya terjadi perselisihan yang tidak bisa dihindari. Misalnya, mobil berawak menyalakan klakson. Dapatkah mobil otonom memahami arti klakson? Dengan frekuensi yang berbeda? Atau, ketika kendaraan di belakang menyinari lampu depan, apakah mobil otonom mengerti untuk membiarkan mobil belakang lewat dulu?

Kelima, masalah peraturan dan hukum yang kosong.

Masalah yang ditimbulkan oleh mobil otonom, perlu didukung dengan hukum atau peraturan. Kalau tidak, hakim tidak bisa memvonis pelanggar hukum. Mana yang benar atau salah. Dan pembentukan hukum ini perlu waktu puluhan tahun.

Keenam, masalah privasi.

Demi keselamatan, pabrik mobil otonom pasti akan senantiasa memantau dengan ketat keberadaan mobil. Pada saat mengumpulkan data kendaraan, data penumpang pasti akan terambil sekalian. Jadi, bagaimana memastikan bahwa privasi kita tidak akan menjadi alat keuntungan mereka?

Ketujuh, hambatan biaya.

Tidak diragukan, harga mobil otonom sekarang lebih tinggi dari mobil berawak. Berapa nilai harga mobil otonom bekas atau second hand dikemudian hari? Jika dianalogikan dengan computer atau laptop. Mobil otonom bisa dapat fitur baru melalui update system. Tetapi keterbatasan perangkat keras mobil akan mempengaruhi kenyamanan pengguna. Jika mobil otonom telah menjadi produk elektronik konsumsi, apakah orang awam masih mampu membeli?

Kedelapan, masalah pajak.

Mobil otonom akan menjadi model dan peranan bagi manusia. Terutama Dalam hal disiplin, atau mematuhi lalu lintas. Tetapi, mobil otonom yang tidak mengendara dengan kecepatan tinggi, atau sembarang parkir membuat menteri keuangan sakit kepala. Pendapatan pemerintah akan menyusut. Umpamanya, kota menengah seperti Hangzhou atau Seattle. Dimana denda lalu lintas telah menyumbang hampir 3% untuk pendapatan operasional kota. Kendaraan otonom akan membuat pemerintah propinsi bangkrut.

Kesembilan, masalah donor organ.

Meskipun, kedengarannya kurang manusiawi. Banyak Negara seperti Amerika, China ataupun Eropa, orang muda yang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas adalah sumber donor organ paling utama. Dengan hadirnya mobil otonom, bagaimana mereka yang menunggu transplantasi organ?

Kesepuluh, masalah 5G.

Diperkirakan 5G akan merata di tahun 2020. Walaupun ada sebagian Negara telah memulai 5G. Apabila sejumlah mobil otonom memakai internet 5G secara bersamaan, akan membuat 5G kewalahan. Tentu saja, ini cuma masalah sementara. Pengembangan teknologi dapat memuluskan semua kekurangan ini.

Kesebelas, gangguan elektromagnetik.

Badai matahari mungkin jarang terjadi. Tetapi mereka tidak bisa diprediksi. Begitu meletus, mereka akan melepaskan banyak energy. Menyebabkan aktivitas geomagnetic dan radiasi yang besar.

Sehingga, pengiriman data antara system navigasi GPS, atau Beidou, dan satelit akan terganggu.

Masalah Mobil Otonom Waymo
Waymo yang memiliki Uji Jalan sepanjang 16 juta km masih harus menyelesaikan banyak masalahnya sebelum benar-benar digunakan dalam kehidupan nyata

Keduabelas, keamanan jaringan internet.

Ini bukan alarmis. Dengan satu gerakan jari saja, hacker bisa menyebabkan konsekuensi tragis. Mengkacaubalaukan lalu lintas. tabrakan di mana-mana. Ataupun, skandal regulasi pengawasan dari pemerintah terkait.

Just like grandma says, mungkin pemandangan kejar mengejar kendaraan di Film “Fast and Furious 8” tidak akan jauh dari kehidupan kita nanti.

Advertisements
Categories: Masalah Mobil Otonom WaymoTags: , , , , , , , , , ,

1 thought on “Masalah Mobil Otonom Waymo

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: