Masalah utama dalam peluang AI

Masalah utama dalam peluang AI saat ini, adalah solusi AI atau kecerdasan buatan masih belum dapat dibuat maupun direplikasi dengan biaya yang dapat terkendali seperti kebanyakan produk komoditas. Inilah Masalah utama dalam peluang AI yang perlu diatasi sedini mungkin.

Menurut Xing Bo, Direktur Machine Learning dan Medical Center dari Carnegie Mellon University, untuk mencapai kecerdasan buatan yang dapat diandalkan dan bermanfaat, harus diproduksi lewat tangan bengkel dulu. Dengan menggunakan model produksi industri standar dulu. Seperti halnya memproduksi mobil. Pertama-tama, kita perlu membuat bagian spare parts, kemudian menciptakan rantai pasokan, dan pada akhirnya sampai pada proses perakitan.  

Masalah utama dalam peluang AI

Ada beberapa Masalah dan pemikiran yang harus diperhatikan bagi Arsitek AI dewasa:

Pertama, membuat solusi lengkap dalam proyek yang bisa diandalkan dan dipercaya. Bukannya hanya prototipe tampilan belaka. Sistem ini harus berupa platform plug-in, seperti  lini produksi mobil. Dimana setiap saat peningkatan atau penggantian bagian spare part produk tidak harus membongkar semuanya.

Kedua, harus bisa di reproduktifitas. Artinya orang lain juga bisa menggunakannya, dan bisa memproduksinya juga.

Ketiga, secara ekonomi bisa bermanfaat dan menguntungkan.

Keempat, harus bisa diterapkan untuk kondisi khusus berbagai pengguna. Misalnya, Boeing memproduksi pesawat terbang, dan tidak perlu membuat pesawat terbang yang berbeda untuk setiap pelanggan. Boeing cukup hanya menyediakan mesin, badan pesawat, serta perangkat lunak operasi dan sebagainya. Dengan kata lain, kebutuhan kepribadian pengguna dan solusi yang disediakan oleh pabrikan harus bertemu di tengah, bukannya bertemu di satu sisi saja. Inilah kelemahan dari AI sekarang ini.

Kelima, hasilnya harus dapat direproduksi.

Keenam, perlu memahami bagaimana solusi itu dibangun.

Ketujuh, harus bisa interpretabilitas, terutama ketika ada kecelakaan atau hasil yang tidak terduga. Perusahaan AI yang dewasa dapat tahu di mana letak permasalahan sebenarnya.

Masalah utama dalam peluang AI
Masalah utama dalam peluang AI masih belum dapat terkendali seperti dengan biaya produksi komersial

Kedelapan, harus dapat saling bertukar pikiran tentang hasil produksi sehingga semua orang dapat mereproduksi hasil yang kita perkenalkan.

Kesembilan, harus tahu apa yang dapat dilakukan atau dicapai, dan sebaliknya apa yang tidak bisa dilakukan.

Just like grandma says, “Saya tidak akan naik mobil otonom dalam waktu 5 tahun ini. Atau paling tidak saya mengharuskan semua mobil otonom harus memiliki setir saat ini. Dan saya sendiri harus memegang setir juga. Why? Karena sebagai pakar dan AI developer, Saya sangat jelas kausalitas dari banyaknya algoritma sekarang (termasuk algoritma pembelajaran dalam atau deep learning) masih belum jelas, kata Xing Bo

Advertisements
Categories: Masalah utama dalam peluang AI-algoritma deep learning

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: