Mengapa AS menjadi negara kasus Covid-19 terbanyak

Mengapa AS menjadi negara kasus Covid-19 terbanyak di dunia mungkin menjadi pertanyaan besar bagi kita semua. Berhubung, Negeri Paman Sam ini memiliki teknologi medis tercanggih di dunia. Namun, Sampai hari ini, total konfirmasi kasus Covid-19 negeri paman Sam telah mencapai 367.650 kasus, dengan total kesembuhan 19.810. Sedangkan, total kematian telah mencapai 10.943 orang. Mengapa bisa begitu parah bila dibandingkan negara lain di dunia?

Jawabannya, mungkin terletak pada struktur negara Paman Sam sendiri. Sebenarnya, negara seperti Amerika Serikat, sulit ada kekuatan luar seperti perang ataupun serangan teroris yang dapat mengguncang status dan posisinya.

Demikian juga sebaliknya, Negeri Paman Sam ini, Jika mereka tidak menimbulkan konflik eksternal, konfrontasi dan peperangan di dunia, Gedung Putih pada dasarnya tidak memiliki Nilai apapun.

Mengapa AS menjadi negara kasus Covid-19 terbanyak

Karena pada awal berdirinya AS, posisi pemerintah federal hanya bertanggung jawab atas diplomasi dan pertahanan nasional AS. Segala Urusan internal merupakan urusan setiap negara bagian. Mereka sama sekali bukan tanggung jawab pemerintah federal.

Dengan kata lain, pemerintah federal pada awalnya “dipekerjakan” oleh para elit pendiri masing-masing negara bagian di AS untuk bertindak sebagai juru bicara keamanan dan kepentingan para Elit.

Sampai hari ini, jika pemerintah Federal tidak menciptakan peperangan di luar atau perselisihan perdagangan internasional, itu berarti mereka tidak memiliki kemampuan untuk memperjuangkan kepentingan rakyat Amerika.

Misalnya, sejak kemerdekaannya di tahun 1776 sampai 2015 total 239 tahun, Paman Sam selalu dalam keadaan memerangi negara lain selama 222 tahun. Artinya, 93% dari kehidupan negara mereka selalu dalam masa peperangan.

Tidak ada presiden AS yang benar-benar memenuhi syarat sebagai presiden masa damai. Sebaliknya, Hampir semua presiden AS secara teknis dapat dianggap sebagai “presiden perang”.

Afghanistan, yang dikenal sebagai Tempat Pemakaman Kekaisaran karena peperangan yang diluncurkankan Paman Sam, telah membuat negara ini senantiasa hidup dalam kekacauan. Di mata organisasi seperti Taliban, peperangan adalah pekerjaan. Bila orangtua meninggal dalam peperangan, anaknya akan meneruskan perjuangan.

Istilahnya, “Paman Sam punya jam tangan, Afganistan punya waktu.” Perang demi perang sampai bergenerasi-generasi. Bila tidak ada perang, berarti pengangguran bagi mereka.

Bayangkan, bisakah Paman Sam menang dalam perang yang dimulainya ini?

Karena itu, dalam memahami banyak masalah internasional, Anda mungkin tidak boleh menggunakan persepsi sendiri untuk memahami orang atau pemerintah negara lain. Karena, pada akhirnya Anda mungkin akan membuat kesalahan akal sehat.

Di mata banyak orang Amerika, jika pemerintah federal tidak melakukan sesuatu “Kesibukan” di luar negeri, para pejabat Gedung Putih akan menjangkaukan tangannya ke setiap negara bagian AS, memperluas kekuasaan mereka, dan ikut campur tangan dalam urusan setiap negara bagian.

Jadi, setiap negara bagian berharap Trump sibuk konflik dengan Iran, Rusia atau Tiongkok. Bukannya, tiap hari membahas Larangan pemilikan senjata? Aborsi? LGBT?

Karena itu, jika ada cukup banyak “kesibukan” di luar, pemerintah federal tidak akan punya waktu untuk mengurus Urusan negara bagiannya. Warga AS, dari waktu ke waktu, akan memberikan Gedung Putih tepuk tangan yang meriah, dan memberi mereka kehormatan politik sehingga mereka akan terus bekerja lebih keras untuk terus “sibuk” diluar. Sehingga lagi, rakyat Amerika dapat bebas melakukan urusannya sendiri.

Di mata banyak orang di dunia, Obama adalah presiden yang luar biasa dengan pengembangan diri dan pendirian yang keras. Tetapi sayangnya, banyak orang Amerika tidak berpikir demikian.

Alasannya sangat sederhana, Obama terlalu banyak waktu luang mencampuri urusan setiap negara bagian, seperti dukungan terhadap pernikahan resmi Gay atau LGBT, mendukung aborsi, mempromosikan asuransi kesehatan universal dan berusaha memperluas kekuasaan pemerintah Federal.

Akibatnya, Membuat banyak kaum konservatif merasa terganggu kepentingannya.

Karena itu, munculnya Trump sebagai presiden bermulut besar, membuat keributan di mana-mana seperti keluar dari Lingkaran pertemanan di dunia internasional dan tidak memiliki pendapat tentang apa yang dilakukan orang Amerika, sebenarnya adalah presiden paling ideal bagi mereka.

Lalu, apa hubungannya dengan Mengapa AS menjadi negara kasus Covid-19 terbanyak?

Mengapa AS menjadi negara kasus Covid-19 terbanyak
Mengapa AS menjadi negara kasus Covid-19 terbanyak (Image:ABC News)

Fermentasi epidemi ini di Amerika Serikat sangat berbeda dengan serangan teroris, perang, atau krisis keuangan. Epidemi ini berarti pemerintah federal harus menerapkan kontrol domestik. Jadi, Lawan atau penentang pemerintah federal adalah orang Amerika sendiri, bukan negara dan pemerintah negara lain.

Akibatnya, warga Amerika harus mengorbankan hak-hak pribadi mereka, mereka mungkin dipaksa karantina diri dirumah, mereka harus tunduk pada kendali militer, sehingga kebebasan hidup mereka terancam dan sebagainya.

Tindakan Trump Ini jelas akan membawa tekanan psikologis yang besar kepada warga Amerika. Pemerintah federal memiliki cukup banyak alasan untuk campur tangan dalam kehidupan pribadi setiap warganya, yang sulit diterima oleh banyak orang Amerika.

Just like grandma says, Pandemi Covid-19 ini menantang sistem nilai-nilai rakyat Amerika yang mengakar sejak didirikannya negeri Paman Sam. Pikiran yang jauh lebih menakutkan daripada peperangan. Hanya saja aktivitas psikologis semacam ini tidak akan langsung ditunjukkan, karena aktivitas psikologis semacam ini sangat kontradiktif bagi mereka sendiri.

Di satu sisi, Warganya sangat berharap pemerintah Federal mempunyai Solusi, tetapi di sisi lain, dikhawatirkan akan menimbulkan “efek-efek” yang lebih besar sehingga mereka semakin kehilangan kebebasan.

1 thought on “Mengapa AS menjadi negara kasus Covid-19 terbanyak

Apa Pendapat Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: