Mengapa memblokir Huawei 5G

Mengapa memblokir Huawei 5G perusahaan teknologi asal Tiongkok. Mengapa sekelompok orang berkepentingan di dalam pemerintahan Administrasi Trump begitu takut bila teknologi 5G Huawei diterima oleh negara-negara didunia. Alasannya sangat sederhana, karena nantinya Amerika tidak bisa lagi memonitor atau meretas data milik pengguna seluruh dunia bila menggunakan perangkat teknologi Huawei, ungkap Mantan kontraktor badan keamanan NSA AS, Edward Snowden dalam bukunya, Permanent Record.

Ren Zhengfei, pendiri Huawei. Seorang mantan ahli teknologi militer di China. Ketika berusia 42 tahun, ia keluar dari militer. Dan memutuskan untuk memulai bisnis teknologinya sendiri. Pada usia 71 di tahun 2015, dia menduduki peringkat 556 sebagai orang terkaya di China. Walaupun, Ren hanya memiliki saham 1.4% di Huawei.

Mengapa memblokir Huawei 5G

Sebagai produsen smartphone kedua terbesar di dunia, Huawei mempunyai 75.000 tim khusus R&D di seluruh dunia. Atau sebesar 40% dari populasi karyawan Huawei yang berjumlah 170.000 secara global. Diperkirakan Huawei akan menjadi produsen smartphone terbesar didunia mengalahkan raksasa Samsung di tahun 2020.

Huawei mungkin suatu perusahaan yang rada unik. Bila di bandingkan dengan raksasa global lainnya. Huawei tidak go publik. Tetapi termasuk global Fortune 500 di peringkat 88. Para pegawai Huawei sendiri adalah pemilik saham perusahaan.

Mengapa Huawei? Bahkan di tengah boomingnya film-film superhero Marvel, si millioner Bruce Wayne, sang kesatria malam Batman juga menggunakan seluler Huawei. Huawei jenis P8lite warna hitam. Dalam filmnya “Batman vs Superman” dawn of justice.

Mengapa memblokir Huawei 5G ? Mengapa Trump begitu takut dengan Huawei? Sampai-sampai mengharuskan Lima Aliansi mata dunia seperti Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Australia dan Selandia Baru dan aliansi lainnya memboikot dan melarang kerjasama dengan huawei.

Bagi orang China, Huawei adalah perusahaan yang hampir dikenal semua orang. Huawei sangat terkenal dengan R&D nya. Sampai dunia luar sangat ingin tahu tentang bagaimana Huawei menyeimbangkan investasi riset dasarnya. Dan investasi R&D yang berorientasi pasar.

Pada tahun 1998, Huawei mulai menggunakan jasa konsultasi IBM. Dan menurut saran IBM Consulting, berdirilah proses penelitian dan pengembangan Huawei. Beserta sistem manajemen.

Yang terbagi atas tiga aspek R&D. Seperti investasi R&D yang berorientasi masa depan. Investasi pengembangan produk dengan orientasi permintaan pelanggan. Dan investasi tentang teknik dan teknologi cara pembuatan suatu produk. Dimana anggaran budget setiap tahun untuk ketiga investasi ini dipisahkan. Cakupan investasi masing-masing tim dibuat oleh tim masing-masing.

Sebenarnya, huawei memiliki tim khusus dalam anggaran. Dan mekanisme pengambilan keputusan untuk menghadapi masa depan. Dimana nantinya akan menghasilkan sejumlah besar hak paten disini. Termasuk sejumlah besar tim dan mekanisme pengambilan keputusan. Yang sesuai untuk pengembangan produk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Diantaranya, terutama bagian penelitian dan pengembangan di masa depan. Badan pembuat keputusan investasi di sebut ITMT. Dimana dalam sejarah Huawei, bagian anggaran ini cuma menyumbang 10% dari total anggaran. Tetapi telah meningkat secara bertahap. Melebihi 20%. kedepannya, huawei berharap bisa mencapai 30%. Bisa dilihat betapa Huawei mementingkan tim ini.

Keputusan untuk berinvestasi dalam R&D tentang 5G telah dibuat oleh tim ini sejak tahun 2009. Pada saat itu, huawei mengumumkan berinvestasi sebesar 600 juta dollar di Inggris dalam penelitian dan pengembangan 5G. Kemudian, tiga tahun yang lalu, dua lembaga yang lain, mulai meluncurkan pengembangan produk berdasarkan hasil penelitian.

Menurut huawei, 5G bukanlah teknologi. Melainkan, suatu konsep. 5G adalah koleksi teknologi yang tepat. Dan penelitian terhadap 5G pada dasarnya akan berakhir pada tahun 2019. sehingga tim peneliti harus memikirkan bagaimana teknologi nirkabel di masa depan akan berkelanjutan. Selalu berlari didepan.

Mengapa memblokir Huawei 5G
Penggunaan perangkat Huawei memungkinkan pengguna terlepas dari pengawasan Amerika (Image:Telecom Review Asia)

Pada tahun 2028-2030, diperkirakan 6G akan sepanas 5G seperti sekarang. Yang telah merupakan hukum prinsip di kalangan industri.

Huawei membagi pasar global 5G menjadi tiga kategori. Pertama, pasar dengan permintaan yang relatif besar. Misalnya, China, Jepang, korea selatan, Indonesia, dan negara-negara teluk seperti Arab saudi, kuwait, dsb. Kategori kedua, adalah beberapa negara berkembang yang belum menghasilkan permintaan 5G. Dan, beberapa negara maju di eropa dan amerika.

Diantara negara-negara ini, bahkan 4G belum tentu berkembang dengan baik. Bila ada teman-teman yang pernah ke Perancis misalnya. Semua stasiun induk 4G di sana bahkan tidak bisa menyamai satu shenzhen mobile. Dalam teknologi 5G beberapa negara eropa memang rada ketinggalan.

Just like grandma says, Mengapa memblokir Huawei 5G karena dominasi huawei di pasar telekomunikasi telah tersebar dimana-mana. Termasuk jaringan kabel bawah laut yang menghubungkan Indonesia-singapura-malaysia. Yang telah selesai dibangun pada tahun 2017. Seluruh operator telekomunikasi besar di Indonesia seperti Telkomsel. Indosat ataupun XL mengandalkan jaringan yang dipasok oleh provider asal China ini. Termasuk karyawan-karyawan hebat yang direkrut dari tanah air. Tidak heran mengapa muncul julukan Indonesia sebagai Huawei nation.

1 thought on “Mengapa memblokir Huawei 5G

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.