Mengapa perang dagang

Mengapa perang dagang antara Amerika Serikat dan China bisa terjadi. 1 hari lagi. Gencatan perang dagang antara US-China akan berakhir. Tanggal 1 maret nanti akan dimulai lagi. Bagaimana perkembangan selanjutnya. Apakah trump akan menaikkan tarif import terus. Diikuti dengan balasan Tiongkok.

200 tahun lebih. Manusia telah menikmati kemakmuran bersama. Hasil perdagangan bebas secara global. Tetapi Mengapa masih ada perang dagang?

Mengapa perang dagang

Seandainya anda adalah seorang pakar ekonomi. Mungkin anda akan merasa perang dagang itu suatu kebodohan. Karena pemimpin negara tertentu yang kurang pengertian tentang ilmu ekonomi?

Teori keunggulan komparatif, yang diajukan oleh David Ricardo 200 tahun yang lalu. Sederhananya, kondisi alam dan sumber daya alam dari berbagai negara berbeda. Ada yang di daerah tropis seperti indonesia. Yang memiliki banyak curah hujan. Sinar matahari sepanjang tahun. Dengan tanah yang subur. Dan Ada yang serba dingin seperti rusia. Dengan geopolitik dan kebiasaan rakyat dan ekonomi yang berbeda.

Sehingga muncullah perdagangan internasional bebas. Saling bertukar barang produksi satu sama lain. Dalam jaringan internasional, setiap negara sebagai simpul. Dan menemukan peranannya masing-masing. Dan membangun pembagian kerja internasional berdasarkan bakat dan kelebihan negara sendiri.

Misalnya, produksi kopi brasil adalah nomor satu di dunia. Walaupun asal kopi semula adalah Ethiopia. Bukan brasil. Tetapi Justru dengan adanya perdagangan internasional, benih kopi berhasil dimasukkan dan ditanam di brasil. Dalam jumlah yang besar. Dan membawa kemakmuran ekonomi bagi amerika selatan. Dasar kemakmuran ekonomi adalah pembagian kerja internasional.

Tetapi kenyataannya sekarang? Ada banyak negara yang justru melakukan perlindungan perdagangan. Dan perang dagang. Bahkan antara sekutu politik. Seperti amerika dan jepang. Amerika dan uni eropa. Dan sekarang amerika-tiongkok. Yang perang saking sengitnya. Saling menaikkan tarif perlindungan terbesar. Dalam sejarah manusia.

Jadi apa kekurangan dari teori keunggulan komparatif? Atau karena propaganda teoritis yang kurang? Tidak mengakar kuat dihati rakyatnya? Atau kebodohan dan keegoisan politikus? Kalau perlu, mungkin para pakar ekonom harus memberikan didikan kepada politikus. Dan masyarakat.

David Ricardo, pakar ekonom Inggris di abad 19. Dalam bukunya,Prinsip-Prinsip Ekonomi Politik dan Perpajakan , yang diterbitkan di tahun 1817. lebih dari 200 tahun yang lalu.

Dimana saat itu revolusi industri baru di mulai. Dan produk pertanian sebagai perdagangan utama dalam perdagangan internasional.

Produk pertanian, sangat mengandalkan lingkungan alam. Misalnya, di jaman now untuk memproduksi barang daerah tropis di negara yang dingin, masih sangatlah susah. Dengan biaya yang tinggi. Kualitas yang kurang baik. Jadi mengapa tidak langsung impor saja? Inilah inti keunggulan komparatif. Teori dari David Ricardo. Tentang Keunggulan suatu tempat. Yang diberikan Tuhan kepada manusia. Yang tidak bisa diubah oleh manusia. Jadi hanya dengan perdagangan internasional. Dan pembagian kerja secara global baru bisa memperbaiki keadaan ekonomi dunia.

Tetapi dalam dunia hari ini, di jaman informasi. Dasar dari teori keunggulan komparatif mungkin mengalami sedikit perubahan.

Dalam era industri, sebagian besar produksi industri dilakukan dalam ruangan. Dalam pabrik. Sehingga ketergantungan pada alam menjadi lebih kecil. Di zona dingin, atau tropis, daerah lembab dan kering, daerah pegunungan atau dataran, dengan kondisi alam yang sangat berbeda. Juga telah bisa memproduksi kualitas yang sama. Dan biaya yang konsisten. Bedanya, perlu investasi yang lebih gede. Dengan demikian, dampak keunggulan komparatif menjadi berbeda.

Tetapi, teori keunggulan komparatif masih valid. Dan level abstraksi masih valid juga. Cuma konotasinya yang berbeda. Keunggulan komparatif masing-masing negara bukan lagi ditemukan. Atau bukan lagi yang cuma diberikan oleh alam. Tetapi melalui penciptaan dan konstruksi oleh manusia sendiri.

Sebagai contohnya, mobil pada awalnya hanya diproduksi di eropa. Dan amerika serikat. Benz, ford, volkswagen, bmw, dan sebagainya. Sebagai perbandingannya, Jepang negara yang relatif kecil. Yang tidak memiliki sumber alam biji besi, karet, atau minyak yang dibutuhkan untuk memproduksi mobil. Tetapi, jepang berhasil mengembangkan industri mobil yang kuat. Dan mampu bersaing kuat dengan eropa maupun amerika. Sampai mereka kelabakan. Dan contoh seperti ini banyak ditemui di Tiongkok juga. Yang bisa memproduksi apapun. Sampai ada statistik yang menunjukkan, lebih dari 80% segala jenis produk dunia, dihasilkan di Tiongkok. Made in china.

Henan, salah satu propinsi besar di Tiongkok. Yang dikenal sebagai propinsi pertanian. Tetapi, sekarang propinsi Henan menjadi daerah khusus memproduksi seluler terhebat di dunia. Kebanyakan iphone didunia di produksi di Henan. Dengan biaya paling rendah. Tetapi kualitas paling tinggi. Lihat, Ternyata, nasib bisa diubah.

Berdasarkan fakta di atas, keunggulan komparatif didasarkan pada faktor-faktor kualitas populasi. Kemampuan tata kelola sosial. Termasuk peluang historis tertentu. Semua ini berdasarkan usaha dan kerja keras manusia. Yang bisa mengubah ketergantungannya pada alam.

Atau misalnya lagi, di tahun 1999. tiongkok mulai memperluas universitasnya. Dengan pertumbuhan puluhan persen pertahun. Sampai pada tahun 2018, jumlah mahasiswa sebanyak 37 juta orang. Peringkat pertama di dunia. Di mana tahun-tahun dalam perluasan universitas tersebut, respons dan opini publik pada umumnya sangat negatif. Perluasan gaya melompat ini pasti membawa dampak buruk. Fasilitas pengajaran yang tidak cukup. Asrama tidak cukup. Guru tidak cukup. Kualitas pendidikan menurun. Anak lulusan susah mendapat pekerjaan. Dan lain sebagainya. Tetapi setelah 20 tahun kemudian. Bila kita melihat balik ekspansi universitas yang lalu. Pada dasarnya, sejajar dengan masuknya Tiongkok ke dalam WTO. Jaminan paling mendasar bagi Tiongkok menjadi kekuatan manufaktur terbesar di dunia. Karena universitas-universitas Tiongkok bisa menciptakan jutaan insinyur setiap tahun.

Meskipun setiap kualitas talenta tidak selalu tinggi. Tetapi, paling tidak setiap lulusan akademi tidak begitu jauh kualitasnya. Harus diakui, di sektor manufaktur, keunggulan talenta Tiongkok sangat luar biasa. Seperti yang kita lihat hari ini.

Lagian, kalau bukan jutaan insinyur yang terlahir dari banyaknya universitas diatas. Tak mungkin adanya BAT. Baidu, alibaba, tencent. 3 raksasa internet Tiongkok.

Mengapa perang dagang
Mengapa perang dagang adalah ketakutan AS bahwa suatu hari kepemimpinan mereka akan dilampaui oleh China

Trump berulang kali meminta Apple untuk memindahkan kembali pabriknya ke amerika. Untuk menciptakan lapangan kerja bagi rakyatnya. Tetapi fakta kesulitan bagi apple adalah, amerika tidak bisa menyediakan banyaknya keahlian insinyur seperti Tiongkok. Karena ini bukan hanya alasan gaji yang sederhana. Melainkan cadangan talenta yang tidak cukup untuk merealisasikannya. Kesenjangan ini tidak dapat dikompensasi oleh kebijakan sesaat. Bukan juga satu masa presiden amerika empat tahun.

Jadi bukan seberapa hebatnya Trump pandai berhitung. Bukan juga dengan hanya memindahkan kembali pabriknya ke amerika. Namun, masalahnya terlalu banyak faktor yang harus ditata jauh hari sebelumnya.

Just like grandma says, globalisasi jaman now, adalah persaingan yang sangat rumit. Agak mirip medan perang. Dimana setiap elemen dibawah upaya manusia dapat menyebabkan perubahan. Setiap negara atau ras yang mempunyai ambisi untuk bangkit, tidak mudah menyerah. Setiap orang harus berupaya keras dan menyingsingkan lengan baju untuk mengubah nasibnya.

Oleh karena itu, perdagangan global hari ini tidak akan sesederhana dulu. Sama-sama makmur. Sebaliknya, masing-masing negara akan memobilisasikan kekuatan negara. Membina usaha domestik sendiri. Bahkan berusaha menindas industri lawan yang dinilai sebagai ancaman baginya. Seperti Mengapa perang dagang yang dilancarkan oleh Trump. Perang dagang US-China.

Advertisements
Categories: Mengapa perang dagangTags: , , , , , , , ,

1 thought on “Mengapa perang dagang

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: