Mengapa semua orang membicarakan 5G

Mengapa semua orang membicarakan 5G terutama media teknologi hari ini. Termasuk beraneka macam perkataan amatir dikalangan masyarakat. Mereka juga berbicara tentang 5G dari waktu ke waktu, sama seperti kebanyakan orang berbicara tentang Blockchain maupun Bitcoin dua tiga tahun yang lalu. Mengapa ada fenomena seperti itu? 

Pertama-tama menurut analisa, masyarakat awam sudah terbiasa dengan perkembangan pesat teknologi Internet dan komunikasi seluler dalam beberapa tahun terakhir. Mereka merasa harus ada perubahan teknologi setiap saat. Seperti layanan 4G untuk komunikasi seluler sampai saat ini telah digunakan 10 tahun.

Sekarang sudah saatnya untuk terobosan kualitatif. Oleh karena itu, begitu ada orang berbicara tentang 5G , pasti akan ada banyak pengikutnya.

Mengapa semua orang membicarakan 5G

Alasan Kedua, berkat Perang Dagang yang diluncurkan oleh Presiden Donald Trump terhadap Tiongkok pada tahun 2018. Terutama Huawei, yang berspesialisasi dalam standar komunikasi dan mengembangkan produk 5G telah didorong ke garis terdepan. Para pakar Teknologi percaya bahwa jaringan 5G dianggap sebagai Teknologi termutakhir yang dapat memimpin dunia dalam satu dekade mendatang. Dan Tiongkok adalah pelopor Utama dalam industri baru ini.

Tentu saja, Ricky sangat berterima kasih kepada para pembaca Artificial Intelligence Indonesia yang banyak mempertanyakan masalah 5G. Karena justru dengan adanya perbedaan pendapat, baru ada topik pembahasan. Peluang Untuk saling bertukar pikiran.

Sebagai contoh, masih banyak orang berpikir bahwa 5G hanyalah tipuan belaka. Bahkan ada yang berpendapat bahwa 5G adalah sarana penyebar virus Corona dan berbagai pemikiran yang kurang masuk akal. Mereka sebenarnya, belum mengerti atau melihat seberapa besar manfaat 5G bagi kita sebagai individu atau suatu negara.

Disamping itu, ada sebagian orang yang lebih rasional mempertimbangkan apakah 5G akan menambah biaya pemakaian karena biaya investasi yang sangat tinggi. Tentu saja, ada sebagian orang yang selalu khawatir bahaya radiasi gelombang radio 5G terhadap kesehatan dan masih banyak lagi.

Walaupun masyarakat awam banyak yang mempermasalahkan 5G, tetapi langkah pemerintah tidak akan berhenti begitu saja. Karena Konstruksi 5G selalu berkaitan dengan daya saing dan kekuatan komprehensif suatu negara. 

Mengapa semua orang membicarakan 5G di kalangan media maupun topik di meja makan, mereka semua telah mengabaikan banyak masalah utama terkait 5G, seperti Apa perbedaan mendasar antara 5G dan 4G ? Apakah hanya kecepatan internetnya lebih cepat?

Kita tahu bahwa dari segi teknologi, jaringan 2G lebih maju dibanding 1G, atau  3G lebih maju dari 2G. Atau walaupun, kemajuan teknologi 4G tidak begitu banyak di banding 3G. 

Namun Pertanyaannya, Apakah jaringan 5G lebih maju secara bertahap atau sebaliknya sebagai Teknologi Revolusi mendasar?

Apa dampak spesifik yang akan dibawakan 5G kepada kita secara pribadi?

Apa dampak yang akan dibawakan 5G ke seluruh Pengguna Internet seluler?

Siapa yang harus membayar untuk konstruksi 5G ?

Jika 5G benar-benar dikembangkan, perusahaan mana yang paling diuntungkan? Perusahaan baru apa yang akan lahir? Apakah 5G hanya permainan Bisnis para praktisi industri IT , atau apakah akan memengaruhi industri lain?

Bagaimana pengembangan Jaringan 5G Indonesia ? Bagaiaman strategi negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia? Bagaimana kita bisa bersaing dengan mereka? Apa keunggulan atau kelemahan kita?

Bagaimana menggunakan berbagai petunjuk untuk melihat arah pengembangan 5G dan bahkan teknologi komunikasi masa depan ini ?

Mengapa semua orang membicarakan 5G
Mengapa semua orang membicarakan 5G Image: DW

Just like grandma says, Untuk membantu setiap invidividu atau Negara memiliki pemahaman komprehensif tentang 5G, Ricky telah menganalisis dan menggambarkan sifat 5G, karakteristik teknis, berbagai struktur lapisan industri, dan hubungannya dengan semua orang pada artikel-artikel sebelumnya. 

Semoga konten-konten diatas dapat berperan sebagai kunci menganalisis masalah. Demikian juga, semoga melalui konten ini dapat meningkatkan kemampuan pembaca dalam memecahkan masalah baru ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.