Mengapa Startup harus mementingkan Humas

Mengapa Startup harus mementingkan Humas sekalipun pada tahap awal. Membangun Startup setara menjual barang atau jasa kepada orang lain. Terlepas dari ukuran Startup besar atau kecil, suatu Startup harus memberi tahu orang lain bahwa mereka memiliki sesuatu untuk dijual. Adapun cara pengumuman bisa Melalui pemasaran dan hubungan masyarakat atau Public Relations. Seperti yang dilakukan oleh Startup saya sendiri. Karoomba Asia.

Perbedaan antara Pemasaran dan Humas adalah, pemasaran memberi tahu pasar dan konsumen tentang Apa yang kita jual. Sedangkan, Hubungan masyarakat memberi tahu masyarakat atau publik, “Mengapa kita menjual produk atau layanan ini.”

Mengapa Startup harus mementingkan Humas

“Pemasaran ditujukan ke dompet konsumen. Hubungan masyarakat ditujukan ke hati pengguna.”

Fungsi Humas adalah memungkinkan pengguna untuk menerima dan menyetujui suatu Startup secara emosional. Sehingga, merek mereka dapat menempati kognisi pengguna, dalam hal nilai dan kesadaran.

Pada kenyataannya, saya sering melihat kesalahpahaman pandangan umum tentang Humas. Pertama, orang-orang suka menyamakan hubungan masyarakat dengan profile tinggi dan bersifat memamer.

Kedua, menggunakan produk untuk berbicara sendiri. Sehingga, promosi pengguna dari mulut ke mulut adalah hubungan masyarakat terbaik. Pandangan ini memang tidak salah. Tetapi, lebih sebagai “hubungan masyarakat yang tidak kompeten dan menipu diri sendiri.”

Jika suatu Startup ingin berbeda dan menonjol, seharusnya dari hari pertama pendirian sudah harus berpikir tentang siapa Anda. Apa daya tarik dan nilai startup. Harus terlebih dahulu berpikir jernih. Dan membuatnya jelas.

Sehingga, terbentuk seperangkat Strategi hubungan masyarakat, sistem wacana, dan metode komunikasi, dengan cepat dan efektif membangun merek mereka sendiri.

Dari perspektif lain, titik awal pendirian suatu startup mungkin berbeda-beda. Ada yang mau cuan banyak uang. Atau mungkin ada yang hanya karena minat belaka. Walaupun demikian, Titik akhir dari suatu startup adalah pembentukan dan perluasan merek.

Banyak startup gagal mempraktekkan Humas. Karena, mereka sering mengabaikan beberapa hal. Praktek hubungan masyarakat atau kadang dikenal sebagai Public Relations harus jujur. “Mata pasar sangatlah tajam. Anda tidak bisa menipu atau berdebat.

Sebagai pendiri startup yang ideal, jadilah startup yang ideal. Ketika krisis hubungan masyarakat muncul, dan memang benar masalah sendiri, maka Anda harus mengakuinya. Dan benar-benar setulus hati memperbaiki kesalahan.

Mengapa Startup harus mementingkan Humas
Mengapa Startup harus mementingkan Humas (Image: Startup stories)

Contohnya, platform berbagi akomodasi Airbnb. Airbnb pernah mengalami krisis di tahun-tahun awalnya. Rumah pemilik rumah di curi dan dirampok oleh penyewa. Pendiri Airbnb langsung meminta maaf. Setelah permintaan maaf, pemilik rumah langsung diberikan $ 50.000 dolar sebagai balasan dan asuransi atas kerugiannya.

Just like grandma says, Sebenarnya masyarakat dapat memahami dan menerima perusahaan Startup yang melakukan kesalahan.