Mobil Otonom Panda Bus

Mobil Otonom Panda Bus salah satu perusahaan Top 10 AI dari Tiongkok telah berhasil memasuki pasaran Dunia. Beberapa saat yang lalu di pertengahan bulan januari tahun ini, saya di undang untuk menghadiri “KTT Pengembangan Kecerdasan Buatan Generasi Baru” di Shanghai. Kebetulan salah satu senior manajemen eksekutifnya adalah teman baik saya.

Seminar ini di hadiri hampir 30 negara di dunia. Mereka kebanyakan adalah duta besar yang bertugas di China. Dan saya diberi kehormatan untuk mengundang Dubes RI untuk China, Bapak Djauhari Oratmangun. Dan diwakili oleh asistennya, Bu Nadia Sumapouw. Beserta presiden MRT Jakarta, Bapak William Sabandar, Muhamad Kamaluddin dan Aditya.

KTT ini agak spesial dari seminar lainnya. KTT ini berkaitan dengan penataan kota cerdas. Smart city. Atau tepatnya, driverless bus alias Mobil Otonom Panda Bus.

Mobil Otonom Panda Bus

Bus transportasi ini sangat keren loh. Berwarna hitam dan putih. Namanya Mobil Otonom Panda bus. Dengan ukuran panjang 12meter. Pertama kali di dunia.

Deepblue mengandalkan sejumlah teknologi AI terkini dalam sebuah bus. Dengan fitur utama seperti AutoPilot, Finger Vein Recognition, Voice Interaction, Precise Advertising Push, Vehicle Monitoring Robot, Intelligent Unmanned Retail System, Abnormal Behavior Monitoring System serta Intelligent Escape Emergency Handling System.

Seluruh fitur diatas belum pernah diterapkan di sebuah angkutan umum bagi kalangan komuter, di seluruh dunia hingga saat ini.

Smart panda bus dikembangkan oleh Deepblue Technology, perusahaan kecerdasan buatan bis otonom yang berbasis di Shanghai. Salah satu AI unicorn yang diperkirakan akan go publik di akhir tahun ini.

Panda adalah salah satu simbol paling menonjol bagi dunia untuk memahami Cina. Dan Deepblue Teknologi memasukkan panda China ke dalam sayap teknologi kecerdasan buatan atau AI. Artinya, kecerdasan buatan dengan label China yang signifikan. Untuk melintasi lautan, dan masuk ke dunia.

Para penumpang Smart Panda Bus dapat menaiki bus dan berbelanja dengan menggeser tangannya lewat sistem identifikasi biometrik yang akurat. Sementara robot AI dalam bus bisa memantau dan merekam semua perilaku penumpang bila mencurigakan secara seketika. Dan langsung melaporkan secara online kepada kantor kepolisian terdekat.

Membuat tayangan yang tepat waktu di bagian back-end, untuk peringatan dan mengaktifkan sistem keselamatan yang bersifat darurat dan canggih. Teknologi ini menjadi langkah besar menuju pembangunan kota-kota canggih (smart cities) di China dalam masa mendatang.

Deepblue teknologi membuat langkah besar dalam membuka tata ruang pasar internasional. Panda bus ini telah berhasil di uji coba di puluhan kota besar di China. Termasuk markas besarnya, shanghai. Dan telah di eksport ke negara asia pertama, bangkok Thailand. Di susul saudi arabia, dan luksemburg eropa.

Belum lama ini, Perwakilan dari Italia dan negara-negara lain menyatakan minat yang kuat pada “panda bus” ini. Panda yang agak pemalu ini akan dieksport menelusuri sepanjang jalan Sutra kuno (silkroad) dan mencapai negara-negara Asia dan Eropa lewat belt and road initiative (BRI).

Kantor pusat Deepblue di Eropa secara resmi bermukim di Luksemburg pada tahun 2018. Mengapa Eropa dipilih sebagai pusat pertama untuk bisnis internasional? Mengapa Luksemburg?

Eropa adalah wilayah yang sangat bersedia menerima perubahan. UE adalah negara-negara dengan ekonomi yang kuat. Dan integrasi regional, yang memfasilitasi pertukaran dan kerja sama antara perusahaan di berbagai negara dan kawasan. Dengan masuknya Layanan Inteligensi Buatan Smart Panda bus di kota-kota Eropa, diyakini akan membawa lebih banyak kenyamanan bagi kehidupan masyarakat setempat tentang green environment.

Smart City Dunia

Menurut Laporan Trend in Science and Technology 2019, sepuluh kota cerdas teratas di dunia saat ini berlokasi di Eropa. Sejak akhir 2018, Deepblue Technology telah membuat kemajuan signifikan di pasar Eropa. Dan telah menandatangani perjanjian kerja sama strategis dengan pemerintah daerah seperti Jerman, Yunani dan Italia. Untuk mempercepat proses pengembangan kota cerdas atau smart city setempat.

Mobil Otonom Panda Bus
Mobil Otonom Panda Bus

Direktur Future Today Institute, dan profesor di Stern School of Business Universitas New York, Amy Weber dalam interpretasi trend teknologi 2019: “Kendaraan otonom yang dirancang untuk layanan seperti perjalanan 1 miles jarak terakhir, atau layanan pengiriman makanan akan semakin trendy.

Just like grandma says, Kecerdasan buatan alias AI sedang membentuk efek siklus positif. Pada awal tahun ini, Presiden AS Donald Trump menandatangani perintah administratif untuk Program kecerdasan buatan.

Yang secara resmi bertujuan meningkatkan kecerdasan buatan ke jajaran strategi nasional. Dengan harapan, kecerdasan buatan menjadi salah satu bidang paling populer di dunia.

Apakah Indonesia juga telah siap merangkul Mobil Otonom? Langkah apa yang telah dilakukan? Bagaimana dengan SDM nya?

Advertisements
Categories: Mobil Otonom Panda Bus

1 thought on “Mobil Otonom Panda Bus

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: