Model Bisnis Blockchain

Model Bisnis Blockchain pada umumnya bisa dibagi atas lima kata Don Tapscott dan Alex Tapscott penulis blockchain revolution. Ketika berbicara tentang Uber, Didi, Airbnb, atau WeWork, kita selalu mengasosiasikan ke ekonomi berbagi atau economy sharing.

Namun, menurut Alex bisnis semacam Uber dan sejenisnya lebih cendrung sebagai agregator layanan yang menyatukan jasa layanan. Dan kemudian bertindak sebagai perantara menjual layanan. Bentuk bisnis Uber yang benar-benar dibagikan, merupakan versi blockchainnya Uber. Yang Menggunakan kolaboratif murni.

Model Bisnis Blockchain

Pertama, kolaborasi blockchain. Benar-benar menggunakan blockchain untuk menciptakan ekonomi berbagi. Model ini pertama diterapkan di China, kata Alex Tapscott.

Kedua adalah pencipta kekayaan intelektual. Mengubah konten menjadi aset melalui blockchain. Pembuat properti intelektual dapat mengunggah karya mereka ke blockchain. Dan setiap kali seseorang mengunduh karyanya, ia dapat langsung mendapatkan komisi.

Ketiga, blockchain dapat mendefinisikan kembali perantara, dan mengurangi komisi. Transaksi lintas batas di dunia sangat besar setiap tahun. Semua transaksi harus dibayarkan ke perantara transaksi lintas batas. Don Tapscott yakin bahwa Model Bisnis Blockchain dan teknologinya dapat menciptakan nilai baru dalam intermediasi aset.

Keempat, blockchain dapat melayani rantai pasokan dan menyinkronkan data secara real time. Saat ini, Lebih dari 500 miliar barang dijual melalui rantai pasokan. Mereka berasal dari berbagai penjuru dunia. Dan kadang-kadang kita tidak tahu apakah waktu kedatangan barang itu akurat. Jika blockchain dapat berpartisipasi, maka tidak peduli dari negara mana produk tersebut dikirim, semua pengguna di blockchain dapat mengetahui dan menerima informasi yang sama. Rantai pasokan dapat menggunakan rantai permintaan untuk memahami permintaan konsumen akan produk bersangkutan.

Model Bisnis Blockchain
Model Bisnis Blockchain bisa menguntungkan pengguna

Kelima, mensimulasikan dunia nyata dan menyelesaikan interkoneksi pada perangkat yang berbeda. Banyak perangkat saat ini dapat memantau kesehatan dan kehidupan kita. Tidak peduli Apakah itu bola lampu cerdas atau panel surya, semuanya perlu dikendalikan oleh manusia. Semua pengendalian dapat direalisasikan melalui blockchain.

Just like grandma says, Melalui blockchain semua pemanfaatan data dapat dilaksanakan paling adil. Terutama bagi pengguna dan pemilik data yang selama ini hanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan internet raksasa. Kini pemilik data memiliki opsi bagaimana menyimpan dan menawarkan data mereka, serta sebaliknya bisa mendapatkan keuntungan fiansial atas pembagian data tersebut.

Advertisements
Categories: Model Bisnis Blockchain

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: