Advertisements

Pasukan Luar Angkasa

Baru-baru ini Presiden AS Donald Trump memerintahkan Departemen militer pertahanan untuk membentuk Angkatan bersenjata keenam atau istilahnya Pasukan Luar Angkasa. Secara resmi akan diluncurkan minggu depan.

Arena Persaingan pasukan luar angkasa

Luar Angkasa telah menjadi arena persaingan antara negara-negara raksasa seperti China, Amerika Serikat, dan Rusia. Donald Trump sebelumnya telah mengusulkan untuk membangun pasukan luar angkasa di tahun 2018.  Menurutnya, sekedar kehadiran Amerika di ruang angkasa tidaklah cukup. Amerika Serikat harus menciptakan hegemoninya bahkan sampai di luar angkasa.

Donald Trump akan mengirim astronot-astronot ke Bulan lagi. Dan kemudian akan mengirim astronot AS ke planet Mars juga. Amerika Serikat tidak bisa menerima jika China mengungguli mereka di dalam persaingan Antariksa. Oleh karena itu, Trump memerintahkan lembaga-lembaga atau institusi pemerintah AS untuk secepatnya menerapkan kerangka manajemen untuk segala keperluan perlombaan luar angkasa. Tetapi ketika ditanya tentang bagaimana perincian pasukan luar angkasa baru ini akan seperti apa, maupun tugas misi belum jelas sama sekali. Pokoknya harus mengungguli China jawabnya.

Pasukan Luar Angkasa lebih dikenal sebagai “Angkatan bersenjata Keenam.” Lima angkatan bersenjata diatasnya adalah Angkatan Udara, Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Korps Marinir dan Penjaga Pantai. Ini juga pertama kalinya sejak tahun 1947 militer AS merencanakan untuk membangun angkatan bersenjata baru di Luar Angkasa.  

Pasukan Luar Angkasa akan dipimpin oleh John Raymond, komandan Komando Antariksa Angkatan Udara AS. Yang beranggotakan 87 orang pasukan elit.

Angkatan bersenjata keenam

Selama bertahun-tahun, para pejabat di Pentagon Amerika Serikat telah menertawakan gagasan pasukan antariksa. Mereka beranggapan pengoperasian pasukan antariksa itu sangat mahal dan menyusahkan. Saat ini, dengan dorongan Donald Trump, gagasan ini telah menjadi kenyataan. Trump ingin mencetak nama dalam sejarah AS. Sebagai presiden pertama yang merealisasikan Misi ini.

Apa tujuan pembentukan pasukan ini?

Mungkin banyak diantara kita merasa penasaran. Apa maksud dan tujuan Trump membentuk pasukan ini?  

Pasukan Luar Angkasa AS
Trump ingin menjadi Presiden pertama AS yang merealisasikan Pasukan Luar Angkasa dalam sejarah manusia

Memang saat ini belum ada jawaban yang lebih jelas. Tetapi, Dari laporan sebelumnya tujuan pasukan antariksa bertugas menciptakan tenaga kerja, asset, dan dukungan teknis untuk operasi militer di luar angkasa. Seperti menangkap satelit militer mata-mata, atau melindungi pesawat ruang angkasa dari serangan musuh atau alien, topic yang suka dimainkan Amerika.

Just like grandma says, Selain Amerika Serikat, China dan Prancis juga telah memiliki perencanaan pasukan ke arah yang sama di antariksa. Ini berarti bahwa di masa depan, tempat perang mungkin tidak terbatas pada darat, laut dan udara lagi. Melainkan luar angkasa yang telah berkembang menjadi medan perang.

Advertisements
Categories: pasukan luar angkasa

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: