Peluang bisnis blockchain

Peluang bisnis blockchain bagi startup Indonesia mengalami kondisi pasang surut yang dinamis dalam beberapa tahun terakhir. Dibalik pertumbuhan startup blockchain yang tampaknya signifikan, ada juga banyak kegagalan yang menimpa para pelakunya dalam bisnis ini.

Apa itu Blockchain?

Blockchain adalah istilah umum untuk semua teknologi pendukung di belakang Bitcoin. Bitcoin adalah manifestasi dari teknologi blockchain. Secara singkatnya, Blockchain merupakan sebuah buku besar terdistribusi (distributed ledger) terbuka yang dapat mencatat transaksi antara dua pihak secara efisien, dengan cara yang dapat diverifikasi dan permanen.

Peluang bisnis blockchain

Teknologi Blockchain adalah prototipe generasi cloud computing berikutnya. Blockchain diharapkan dapat membentuk kembali kegiatan sosial manusia seperti Internet. Secara teori, blockchain dapat menciptakan berbagai jenis mata uang yang tak terhitung jumlahnya. Bitcoin dapat dibagi tanpa batas. Sehingga berinvestasi dalam Bitcoin merupakan suatu pilihan yang sangat bagus juga.

Mungkin ada sebagian orang yang mempunyai Gagasan memanipulasi bitcoin. Namun, Pada dasarnya gagasan tersebut sangat mustahil. Karena bitcoin terenkripsi. Prosesnya mudah terlacak. Oleh karena itu, bitcoin sangat aman dan dapat diandalkan.

Teknologi Blockchain dapat mendukung mata uang. Tetapi dia bukan mata uang. Blockchain adalah sistem terdistribusi.

Blockchain versi 1.0 adalah mata uang seperti Bitcoin, Litecoin atau Panda Coin.

Blockchain versi 2.0 adalah aplikasi luas di bidang keuangan. Seperti properti pintar dan kontrak pintar, saham, obligasi, futures, pinjaman, hipotek dan transaksi hak properti.

Saat ini kita memasuki Era blockchain versi 3.0. Aplikasi blockchain telah diperluas diluar bidang keuangan. Seperti bidang medis, keadilan, logistik, pemerintah, ilmu pengetahuan, budaya, seni dan bidang lainnya.

Peluang bisnis blockchain
Peluang bisnis blockchain (Image: cbn insights)

Tips Peluang bisnis Blockchain bagi startup Indonesia dalam 5 tahun mendatang seperti:

  1. Penyimpanan data, platform penyimpanan cloud terdistribusi
  2. Pembayaran transaksi
  3. catatan medis elektronik;
  4. Enkripsi digital;
  5. Manajemen energi;
  6. keamanan obat-obatan;
  7. Voting

Blockchain mungkin adalah teknologi yang agak langka. Agak mirip AI atau kecerdasan buatan. Bahkan mungkin merupakan teknologi yang lebih baik daripada kecerdasan buatan.  

Mungkin ada banyak orang yang menguasai teknologi ini. Jadi, sangat diharapkan banyak startup kita atau perusahaan dapat menemukan peluang dan ruang mereka sendiri. Meskipun teknologinya universal dan dapat digunakan dalam bidang yang relatif unik.  Bahkan dapat menggunakan keunggulan uniknya untuk membangun hambatan dalam industri tertentu dari persaingan.

Just like grandma says, Melalui kombinasi Blockchain dan industri yang berbeda sehingga membentuk suatu bisnis model dengan keunggulan tersendiri merupakan favorit para pengusaha atau startup.

https://www.youtube.com/watch?v=Pl8OlkkwRpc

Advertisements

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: